Cara Agar Bulu Ekor Cendet Tidak Rusak

Cara agar bulu ekor cendet tidak rusak -Sahabat kicau-burung.com, burung cendet atau burung apapun jika memiliki ekor yang rusak pasti akan kurang enak dipandang mata, dan bahkan tampak jelek dan seolah-olah burung tersebut tidak mendapatkan perawatan dengan baik. Selain itu burung cendet yang bulu ekornya rusak juga akan mengurangi harga jual dan mengurangi penilaian ketika dilombakan, atau bahkan bisa jika ekor cendet rusak sudah sangat parah bisa didiskualifikasi oleh juri.

Burung cendet memang termasuk burung bertipe petarung dengan warna bulu yang indah dan ekor yang cukup panjang, sehingga menambah kecantikan dan keindahan burug tersebut. Selain itu burung cendet juga terkenal sebagai burung yang memiliki suara yang keras dan serak, serta sangat cerdas karena memiliki kemampuan yang bagus dalam hal menirukan suara-suara burung lainnya. Tak heran jika sekarang ini banyak para kicau mania berlomba-lomba untuk memelihara burung cendet, karena memang burung tersebut sedang ramai diperlombakan.

cara agar bulu ekor cendet tidak rusak

Ada beberapa penyebab kenapa bulu ekor cendet rusak, diantaranya adalah karena burung tersebut terlalu aktif dan agresif, suka menabrak-nabrak sangkar, dan sering turun ke dasar sangkar, sehingga biasanya bulu ekor akan rusak dan patah. Perlu sahabat kicau ketahui bahwa bulu ekor cendet tidak seperti bulu ekor murai batu yang cukup lentur, bulu ekor cendet memiliki karakter yang kaku dan jumlahnya hanya beberapa helai saja, sehingga jika burung tidak diperlakukan dengan baik, maka bulu ekor cendet akan mudah rusak.
Baca juga: Cara mencabut bulu ekor cendet
Nah pada posting kali ini saya akan memberikan tips bagaimana cara merawat bulu ekor cendet agar tidak rusak dan patah, karena tips ini tentu sangat penting sekali khususnya bagi kicau mania yang memelihara burung cendet yang tentunya pasti pernah mengalami masalah tersebut.

Cara agar bulu ekor cendet tidak rusak


1. Tempatkan burung cendet kesayangan anda pada sangkar yang berukuran besar, sangkar burung cendet idealnya adalah 40 cm x 40 cm. Kebiasaan para kicau mania yang baru belajar memelihara burung cendet adalah meletakkan burung pada sangkar yang ala kadarnya (sangkar kecil) yang tidak memenuhi standar ideal. Sehingga burung tidak memiliki ruang gerak yang bebas, terlebih pada burung cendet yang masih bakalan yang belum jinak, atau burung yang sedang mengalami over birahi. 
2. Bersihkan sangkar cendet dari kotoran setiap hari agar kesehatan burung selalu terjaga, karena biasanya sangkar yang kotor akan mengundang penyakit seperti tungau dan kutu. Tungau dan kutu tersebut akan menyerang bulu-bulu burung dan menyebabkan gatal, sehingga burung cenderung akan mencabuti bulu ekornya sendiri. Hal itulah yang menyebabkan bulu ekor cendet menjadi rusak dan patah. 
3. Mandikan burung cendet secara teratur baik itu pagi atau sore hari sesuai dengan kebiasaan anda dalam memandikan burung. Boleh dengan cara mandi semprot atau mandi karamba sesuai dengan kebiasaan burung pula. 
4. Jemur burung cendet kesayangan anda dipagi hari, karena sinar matahari pagi mengandung vitamin D yang sangat bagus untuk kesehatan tulang dan bulu. Jangan menjemur burung cendet disiang hari ketika matahari terik, karena hal tersebut dapat membuat bulu ekor cendet kering dan rusak. 
5. Berikan 2 buah tangkringan pada sangkar cendet anda, bisa diletakkan atas bawah secara sejajar atau menyilang. Lakukan percobaan dan perhatikan burung cendet anda lebih cocok dengan model tangkringan yang mana. 
6. Berikan ekstra fooding secara rutin sesuai dengan kebiasaan dan kebutuhan si burung, lakukan eksperimen untuk memperoleh setelan jangkrik yang tepat pada burung cendet anda.
Baca juga: Cara mengatasi burung cendet salto
Sahabat Kicau-Burung.com, itulah tips dan cara agar bulu ekor cendet tidak rusak, patah, dann tercabut yang dapat saya bagikan kepada anda. Semoga artikel ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan bulu ekor rusak pada burung cendet anda.