Cara Memilih Anakan/ Trotolan Burung Cendet Yang Baik

Memilih anakan burung cendet sebenarnya cukup mudah, burung cendet yang sering kita sebut dengan istilah burung pentet atau burung toet adalah jenis burung predator yang memiki jiwa petarung serta memiliki kecerdasan dalam menirukan berbagai macam suara burung dan suara hewan atau benda-benda disekelilingnya, dan burung cendet yang baik untuk lomba adalah cendet yang dipelihara sejak dari anakan/ trotolan cendet. Sehingga tak heran jika burung cendet kini banyak diburu oleh para penghobi burung untuk dipelihara sebagai kicauan (klangenan) atau bahkan dipelihara untuk keperluan lomba.

Ada beberapa jenis burung cendet yang sering kita temui baik dialam liar ataupun didalam sangkar, namun kebanyakan burung cendet yang paling terkenal dan paling dicari oleh para kicau mania adalah burung cendet madura atau sering disebut dengan burung cendet kepala hitam/ burung cendet blangkon. Meskipun pada kenyataannya banyak pula burung cendet dari luar madura yang berkepala hitam dan mblangkon.
cara memilih anakan cendet

Dalam memilih anakan atau trotolan burung cendet yang berkualitas dan memiliki prosepek yang bagus diperlukan kejelian, ketelitian, dan pengetahuan mengenai burung cendet itu sendiri. Karena jika anda salah dalam memilih, bisa-bisa anakan burung cendet yang anda pelihara sekian lama suaranya tidak bisa ngeplong, tidak bisa gacor, atau bahkan hanya sekedar menghabiskan makanan saja. Anda pasti tidak mau memiliki burung cendet yang tidak mau bunyi dan hanya menghabiskan makanan, waktu, serta tenaga anda.

Setiap penghobi burung pasti menginginkan burung yang dipelihara tumbuh sehat, gacor, dan memiliki prospek yaang bagus untuk dilombakan. Jadi pengetahuan tentang pemilihan burung sangat diperlukan khususnya ketika anda hendak membeli burung, baik itu yang masih trotolan ataupun yang sudah dewasa. Nah disini saya akan sedikit memberikan tips dan cara memilih anakan/ trotolan burung cendet yang berkualitas baik, sehingga setelah membaca tips ini anda tidak akan salah memilih anakan cendet lagi.

cara memilih trotolan cendet

Cara memilih trotolan cendet yang baik

  1. Yang paling utama adalah pilihlan anakan burung cendet yang berjenis kelamin jantan, karena kebanyakan burung cendet jantan suaranya jauh lebih ngeplong, lebih gacor, dan memiliki karakter petarung yang lebih baik.
  2. Pilih anakan cendet yang memiliki kepala yang besar dan cepak.
  3. Pilih anakan cendet yang memiliki mata yang melotot dan cenderung menonjol keluar.
  4. Pilih anakan cendet yang memiliki pangkal paruh yang lebar dan besar, paruh bawah cenderung lurus, dan paruh atas pipih membengkok kebawah.
  5. Pilih anakan cendet yang memiliki jarak antara mata dan hidung sedekat mungkin, jika ada banyak pilihan anakan cendet, maka anda dapat membedakan mana yang baik dan mana yang tidak.
  6. Pilih anakan cendet yang memiliki postur badan yang panjang dan proporsional.
  7. Pilih trotolan cendet yang lincah dan bernafsu makan tinggi, karena ini menandakan burung cendet anda sehat dan memiliki mental yang baik.
  8. Pilih trotolan cendet yang memiliki sayap yang mengapit dan kaki mencengkeram kuat.
  9. Pilih anakan cendet yang memiliki warna bulu yang cukup kontras antara warna coklat, hitam, dan putihnya.
Baca juga: Ciri dan cara memilih anakan cendet jantan dan betina
Nah setelah anda mengetahui cara memilih anakan burung cendet yang baik dan ternyata anda menemukan  jenis anakan cendet seperti diatas, serta anda rawat dengan baik dan benar, maka kemungkinan besar burung cendet anda kelak akan lebih gacor, bersuara ngeblog, dan memiliki mental petarung yang baik.

Pencarian:

  • Cara memilih anakan cendet yang baik
  • Cara memilih trotolan cendet yang baik
  • Ciri-ciri trotolan cendet prospek
  • Cara membedakan anakan cendet prospek