Cara Memilih Anakan/ Trotolan Cendet Jantan

Jika anda penghobi burung cendet, maka anda wajib mengetahui bagaimana cara memilih anakan cendet jantan yang baik, karena secara sepintas anakan atau trotolan cendet yang jantan dan betina akan tampak sama. Sehingga diperlukan kejelian dalam hal memilih, agar jangan sampai salah memilih anakan cendet betina untuk dipelihara sebagai burung lomba, karena anakan cendet betina kurang prospek untuk hal kicauan dan lomba.

Sudah menjadi rahasia umum jika cendet jantan memiliki prospek yang lebih bagus untuk kicauan dan lomba, karena cendet jantan lebih akan gacor, memiliki mental tempur yang baik, dan suara yang lebih ngeplong. Hal itulah yang menjadi alasan para kicau manialebih memilih cendet jantan daripada cendet betina.
cara memilih anakan cendet jantan

Berbeda jika anda mencoba untuk menangkar atau beternak burung cendet, selain harus memiliki cendet jantan berkualitas tentu juga dibutuhkan cendet betina yang berkualitas pula. Karena burung cendet termasuk burung trah, yang mana biasanya cendet yang berasal dari induk berkualitas akan menurunkan anakan cendet yang berkualitas pula. Sehingga tips atau cara memilih trotolan cendet sangat dibutuhkan sekali.

Kenapa para kicau mania cenderung lebih memilih memelihara cendet trotolan daripada memelihara cendet muda hasil tangkapan hutan?


Alasannya tidak lain dan tidak bukan adalah karena memelihara burung cendet sejak anakan akan lebih mudah untuk dicetak menjadi cendet yang berkualitas, lebih jinak, mudah dimaster, dan memiliki mental yang baik sesuai dengan perawatan sehari-hari dari sang pemilik. Berbeda dengan cendet tangkapan hutan yang cenderung giras dan sulit untuk dijinakkan.
Baca juga: Cara memilih anakan cendet yang berkualitas

Cara memilih trotolan cendet jantan

Kembali lagi ke pokok pembahasan tentang cara memilih anakan cendet jantan, dimana membedakan anakan cendet jantan dan betina jauh lebih sulit jika dibandingkan dengan cara membedakan jendet jantan dan betina yang sudah dewasa.

Anakan cendet jantan
  1. Pilih anakan cendet yang memiliki slip berwarna putih terang pada kedua sayapnya. Jika kedua sayap memiliki slip berwarna putih terang, secara teori kemungkinan besar anakan cendet tersebut berkelamin jantan. Namun jika slip putih pada kedua sayap berwarna kusam, kemungkinan anakan cendet tersebut berjenis kelamin betina. Untuk melihatnya slip tersebut anda harus memegang burung tersebut kemudian membentangkan sayapnya hingga lebar, kemudian perhatikan slip dikedua sayap dengan seksama.
  2. Pilih anakan cendet yang memiliki alis disekeliling mata yang tebal dan berwarna hitam pekat, karena biasanya trotolan cendet betina memiliki alis yang tipis dan berwarna hitam agak pudar.
  3. Pilih trotolan cendet yang memiliki warna yang cukup kontras dan mencolok, karena secara teori itulah anakan cendet jantan. Jangan pilih anakan cendet yang berwarna kusam.
  4. Pilih trotolan cendet yang memiliki kepala besar dan cepak, paruhnya besar dan tebal, serta memiliki ekor yang hitam pekat.
Itulah cara memilih anakan cendet jantan yang dapat saya bagikan kepada para kicau mania dan cendet mania yang sempat mampir ke blog ini dan membaca ulasan blog ini dengan seksama. Salam kicau mania.

Pencarian:

  • Cara memilih anakan cendet jantan
  • Cara memilih trotolan cendet jantan
  • Ciri-ciri trotolan cendet jantan
  • Ciri-ciri anakan cendet jantan
  • Anakan cendet jantan prospek