Cara Mencabut Bulu Ekor Cendet

Cara mencabut ekor cendet - Sahabat Kicau-Burung.com, menjaga bulu ekor cendet agar tetap utuh dan rapi memang agak sulit, terutama burung  cendet hasil tangkapan hutan yang memiliki karakter suka nglabak/ giras, salto, dan sering menabrak jeruji sangkar. Bahkan burung cendet yang sudah jinak pun terkadang ekornya juga sering rusak, karena kebiasaan cendet yang suka turun tangkringan, atau cendet jinak yang tiba-tiba menjadi giras karena over birahi.

Selain itu burung cendet yang mengalami macet mabung terkadang juga memiliki ekor yang rusak dan patah-patah, karena cendet yang macet mabung biasanya bulu ekornya tidak bisa rontok dengan sempurna. Dari situlah maka anda harus memberikan penanganan dengan cara mencabut bulu ekor cendet tersebut, agar bulu ekor bisa kembali tumbuh dengan sempurna.

cara mencabut bulu ekor cendet

Bulu ekor adalah bagian dari bulu burung yang paling susah untuk tercabut, sehingga terkadang memerlukan bantuan yaitu dicabut secara paksa oleh sang pemilik burung. Banyak yang bertanya, bagaimana cara mencabut bulu ekor yang benar? Amankan mencabut bulu ekor secara paksa?

Mencabut bulu ekor cendet tidak bisa dilakukan secara asal-asalan, diperlukan teknik dan kehati-hatian agar bulu ekor dapat tercabut secara sempurna dan burung tidak merasa kesakitan, karena burung yang dicabut bulu ekornya secara sembarangan dapat membuat burung cendet menjadi stress. Selain itu jika bulu ekor cendet tidak tercabut dengan sempurna dan masih menyisakan pangkal burung yang tertinggal didalam, nantinya bulu ekor tersebut susah untuk tumbuh atau bahkan tidak akan tumbuh sampai batang yang tertinggal tersebut dapat tercabut dengan sempurna.
Baca juga: Cara agar bulu ekor cendet tidak rusak


Cara mencabut bulu ekor cendet


1. Sebelum anda mencabut bulu ekor cendet, mandikan terlebih dahulu burung cendet kesayangan anda sampai basah kuyup. Karena cara paling aman dalam mencabut bulu ekor jenis burung apapun adalah dalam kondisi basah/ sehabis mandi. 
2. Ambil bak yang berukuran agak besar kemudian isi dengan air hangat (jangan terlalu panas) cukup hangat-hangat kuku saja. Ini bertujuan untuk memudahkan dalam proses pencabutan. 
3. Pegang burung cendet dengan hati-hati, jangan terlalu kencang dalam memegang, tapi juga jangan terlalu kendor, karena nanti burung bisa terlepas dan terbang ke alam bebas. 
4. Celupkan bulu ekor sampai pantat kedalam air hangat, usahakan semua bulu ekor dan pantat burung terendam penuh. 
5. Cabut bulu-bulu ekor satu persatu secara perlahan, pada saat masih dalam kondisi ekor burung tercelup kedalam air hangat. 
6. Pastikan semua bulu ekor dapat tercabut dengan sempurna, artinya tidak ada pangkal bulu ekor yang masih tertinggal. 
7. Setelah selesai, masukkan kembali burung kedalam sangkar, kemudian mandikan kembali burung cendet anda seperti biasa.
Itulah cara mencabut bulu ekor cendet yang terbilang paling aman dan tidak mempengaruhi mental burung, karena jika anda tidak berhati-hati dan asal-asalan dalam mencabut bulu ekor bisa berdampak fatal, yaitu burung cendet menjadi stress dan bahkan macet bunyi.