Cara Mengatasi Burung Cendet Macet Mabung/ Nyulam

Mengatasi burung cendet macet mabung - Sahabat Kicau-Burung.com, sebagai pecinta burung cendet, mungkin anda pernah mengalami dimana burung peliharaan anda macet mabung, atau bahkan mabung yang tak berkesudahan. Mabung atau moulting adalah siklus tahunan yang normal terjadi pada setiap burung, tidak hanya burung cendet saja, melainkan semua jenis burung berkicau, dimana burung yang sehat dan normal pasti akan mengalami masa mabung/ nyulam setahun sekali. Namun ada juga kasus dimana burung cendet mengalami mabung sebanyak 3 kali dalam setahun, atau saya istilahkan dengan mabung yang tak berkesudahan.

Ada pula kasus burung cendet yang macet mabung, artinya ketika mabung tidak semua bulu bisa rontok secara sempurna, masih banyak bulu tua yang belum rontok namun tiba-tiba burung sudah tidak menjatuhkan bulu lagi, padahal seharusnya proses mabung yang benar adalah semua bulu tua akan rontok kemudian akan berganti dengan bulu-bulu muda yang baru dan segar. Macet mabung inilah yang biasanya membawa dampak buruk bagi performa burung. Burung cendet yang macet mabung biasanya memiliki perilaku yang tidak wajar, misalnya suka munting-munting, salto dan nglabak tidak karuan, macet bunyi, dan masih banyak lagi.

cara mengatasi cendet macet mabung

Jadi ketika burung cendet anda sedang mengalami masa mabung, sebaiknya anda perilakukan burung tersebut secara khusus, agar proses mabung/ ngurak bisa berjalan secara cepat dan sempurna. Silahkan baca: Cara merawat burung cendet pada masa mabung. Pada artikel tersebut sudah saya tuliskan secara panjang lebar bagaimana merawat burung cendet yang sedang mabung.
Jika anda mengalami permasalahan burung cendet macet mabung, maka anda bisa menerapkan beberapa tips yang akan saya ulas berikut ini. Menurut pengalaman yang sudah-sudah, tips dibawah ini cukup manjur jika dilakukan dengan benar.

Cara mengatasi burung cendet macet mabung

1. Full kerodong selama masa mabung
Berikan kerodong secara full setiap hari selama burung masih dalam kondisi mabung, sampai proses mabung selesai. Kerodong hanya boleh dibuka ketika pagi hari saat pemberian pakan dan pembersihan kandang. Ini bertujuan agar burung cendet anda merasa tenang, sehingga proses mabung akan kembali berlanjut.
2. Tingkatkan pemberian Ekstra Fooding
Pada saat burung cendet sedang macet mabung, sebaiknya anda tidak usah memikirkan setelan harian lagi. Lupakan setelan harian burung dan berikan ekstra fooding sebanyak-banyaknya tanpa batas sampai burung merasa cukup dan tidak memakan EF lagi. Nah setelah cendet selesai mabung barulah anda membuat setelan EF baru lagi. Ekstra fooding yang cocok untuk cendet macet mabung adalah jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. 
3. Karantina burung
Jauhkan burung cendet anda dari keramaian dan dari burung sejenis (cendet lainnya), usahakan agar cendet anda jangan sampai mendengar suara burung cendet lain. Ini bertujuan untuk menekan birahi burung cendet anda, karena biasanya burung cendet akan timbul birahi untuk bertarung jika bertemu atau mendengar kicauan burung cendet lain, sekalipun burung cendet anda sedang dalam kondisi mabung. Sebab ada beberapa cendet yang masih memiliki birahi dan ngotot untuk bertarung sekalipun dalam kondisi mabung. Pengkarantinaan burung pada masa mabung ini juga bertujuan untuk memaksimalkan proses pemasteran burung, karena pada kondisi mabung tersebut adalah waktu yang tepat untuk melakukan pemasteran.
4. Terapi mandi sauna
Bukan hanya manusia saja yang bisa mandi sauna, burung pun ternyata juga bisa mandi sauna, terlebih untuk burung cendet yang sedang mabung atau macet mabung. Mandi sauna ini dipercaya sangat membantu dalam merontokkan bulu-bulu tua burung cendet, karena dengan mandi sauna pori-pori burung akan terbuka sehingga bulu akan lebih cepat rontok. 
Baca: Cara terapi mandi sauna cendet 
5. Pemberian susu bubuk
Ternyata bukan hanya kita saja yang suka minum susu, burung yang sedang macet mabung juga perlu diberi susu, tetapi bukan disedu dengan air panas, melainkan dicampurkan dengan voer (pakan burung). Caranya adalah campurkan sedikit susu bubuk kedalam voer cendet. Pemberian susu bubuk ini dihentikan ketika semua bulu tua sudah rontok/ proses mabung sudah selesai.
Itulah beberapa tips cara mengatasi burung cendet macet mabung yang dapat saya bagikan kepada para kicau mania dan pembaca blog ini. Semoga tips diatas dapat membantu mengatasi permasalahan macet mabung pada burung cendet jawara kesayangan anda.