Cara Mengatasi Burung Cendet Mbagong Atau Miyiki Dan Mbayeki

Kicau-Burung.com | Mangatasi burung cendet mbagong menurut saya memang gampang-gampang susah, tapi lebih banyak susahnya daripada gampangnya, karena diperlukan kesabaran dan ketelitian dalam merawatnya. Meskipun susah, tapi sudah banyak terbukti para cendet mania yang berhasil mengatasi cendet mbagong atau miyiki dengan menerapkan perawatan khusus seperti yang akan saya bahas dibawah ini.

Istilah cendet mbagong atau cendet miyiki, atau cendet mbayeki ini adalah untuk menggambarkan burung cendet yang ketika melihat atau didekati orang menembangkan sayap sambil mengeluarkan suara ngiek-ngiek layaknya burung cendet balita, atau bisa juga dengan gaya mengembangkan bulu-bulu sehingga tampak nyekukruk (mengembung seperti bola) dan tidak mau berkicau saat dikudang.

cara mengatasi cendet mbagong

Kebiasaan cendet mbagong ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada burung cendet saja, melainkan untuk jenis burung lain seperti kacer, dimana jika burung kacer sudah mbagong maka harganya akan anjlok jauh, bahkan ada yang saking jengkelnya kemudian melepas burung begitu saja, atau memberikannya kepada orang lain yang masih mau menampungnya.

Harapan saya setelah anda mengetahui tips cara mengatasi cendet mbagong ini, anda bisa berubah fikiran dan tidak lantas melepas atau memberikan burung cendet mbagong kepada orang lain, karena sebenarnya si bagong masih bisa disembuhkan. hehehe..

Cara mengatasi burung cendet mbagong


1. Hentikan kebiasaan anda memberikan makan burung dengan cara diloloh/ diberikan secara langsung menggunakan tangan. Berikan pakan EF seperti jangkrik dan ulat hongkong dengan menggunakan cepuk/ wadah khusus EF.

2. Berikan pakan/ EF jangkrik secara teratur, yaitu pagi dan sore hari. Jangan sembarangan memberikan EF sewaktu-waktu, misalnya ketika anda menemukan jangkrik atau belalang kemudian anda berikan burung begitu saja. Jadwalkan pemberikan jangkrik setiap pagi dan sore dengan jumlah yang sama (tidak berubah-ubah)

3. Mandikan burung secara teratur setiap pagi, kemudian ambah durasi penjemuran, misalnya selam 3 jam setiap hari dari jam 8 sampai jam 11.
Baca: Cara memandikan burung yang benar
4. Lakukan full kerodong dengan menggunakan kerodong tebal setiap hari, kecuali pada saat  mandi, pemberian pakan, dan penjemuran.

5. Hilangkan kebiasaan ngudang/ menggoda burung dengan tangan, karena burung yang terlalu sering dikudang akan muncul sifat manja. Barkan burung berkicau dengan sendirinya tanpa harus dikudang atau digoda.

6. Berikan ekstra fooding ulat hongkong atau ulat kandang pada cepuk wadah EF, ini untuk memancing burung agar terbiasa makan sendiri tanpa harus disuapi.

7. Berikan unthulan berupa burung kecil seperti burung emprit atau kelabang untuk mengembalikan mental burung cendet yang manja agar menjadi lebih galak dan fighter. Caranya adalah dengan memberikan burung emprit atau kelabang yang masih  hidup agar dibantai oleh cendet anda, kemudian dimakan sedikit-demi sedikit.

Itulah tips mengatasi burung cendet mbagong yang dapat saya bagikan kepada anda para cendet mania yang mungkin sedang mencari solusi cendet miyiki. Semoga tips ini dapat membantu mengatasi burung cendet anda yang sedang terserang virus mbagong.