Cara Mengatasi Burung Cendet Over Birahi

Kicau-Burung.com | Burung cendet over birahi memang cukup mengganggu dan tidak enak dilihat/ dipandang mata, karena cendet akan mengalami perubahan karakter yang biasanya nagen dan rajin berkicau akan berubah menjadi giras, monting, salto, dan malas berkicau. Burung cendet yang over birahi akan cenderung sibuk bergerak kesana-kemari dan jarang berkicau. Hal ini juga pernah saya alami sendiri, sebagai seorang cendet mania pemula, awalnya saya cukup kebingungan dengan perubahan karakter tersebut, kemudian saya mencari bagaimana cara mengatasi burung cendet over birahi.

Dari pengalaman tersebut sekarang saya menjadi sedikit lebih faham mengenai tips dan cara mengatasi burung cendet over birahi, yang pada posting kali ini akan saya bagikan kepada shobat cendet mania. Dengan tips ini diharapkan anda bisa menurunkan birahi cendet yang mungkin membuat anda cukup frustasi.
mengatasi cendet over birahi

Burung cendet over birahi bisa disebabkan oleh pemberian setelan Ekstra fooding (EF) yang tidak tepat (berlebihan), atau bisa juga karena kesalahan dalam memberikan pakan, misalnya diberi cicak atau binatang lain yang dapat menyebabkan over birahi. Selain itu, cendet jantan yang terlalu sering melihat cendet betina juga cenderung dapat meningkatkan birahi, karena burung cendet didalam sangkar tidak kawin, sehingga wajar jika melihat burung cendet lain jenis birahinya akan naik.

Cara mengatasi burung cendet over birahi dan cara menurunkan birahinya


Jika anda memiliki burung cendet yang sudah terlanjur over birahi, solusi terbaik adalah dengan cara menurunkan birahi cendet tersebut. Adapun cara menurunkannya adalah sbagai berikut:

1. Pangkas atau kurangi pemberian ekstra fooding
Jika biasanya anda memberikan 5 jangkrik pagi dan sore, maka kurangi menjadi 2 atau 3 ekor. Jika kondisi over birahi sudah cukup parah, maka sebaiknya anda hentikan dulu pemberian EF nya.

2. Kurangi durasi penjemuran
Jika biasanya anda menjemur burung cendet selama 2 jam setiap harinya, maka untuk burung cendet over birahi cukup dijemur 15 menit saja dipagi hari. Atau jika perlu hentikan dulu penjemuran, cukup diangin-anginkan saja, karena sinar matahari dapat meningkatkan hormon-hormon sehingga dapat menyebabkan cendet over birahi.

3. Tambah volume mandi
Jika biasanya anda memandikan burung cendet satu kali sehari setiap pagi, atau bahkan mungkin hanya memandikannya 2 kali dalam seminggu. Khusus untuk cendet over birahi, anda bisa memandikannya 2 atau 3 kali sehari. Bisa juga ditambah dengan terapi mandi malam, karena terapi mandi malam terbukti dapat menurunkan dan menstabilkan birahi cendet.
Cara memandikan burung cendet 
Cara terapi mandi sauna
Manfaat terapi mandi sauna untuk cendet 
4. Latihan fisik
Latihlah atau olah ragakan burung cendet anda dikandang umbaran agar terbang kesana-kemari, ini bertujuan untuk membuang kelebihan energi pada burung cendet anda. Selain itu latihan fisik juga dapat meningkatkan stamina burung sehingga akan memiliki nafas yang lebih panjang.  

5. Mengawinkan burung cendet
Ini adalah senjata paling pamungkas jika birahi cendet tidak bisa turun, karena dengan cara ini birahi cendet akan turun, selain itu juga bisa sambil belajar beternak/ menangkar burung cendet anda agar berkembang biak menjadi banyak. hehehe...

Selain cara diatas tentu masih banyak lagi tips dan cara mengatasi cendet over birahi yang dapat anda tanyakan kepada para master cendet mania, karena jujur sebenarnya saya juga masih pemula di kancah dunia cendet mania. Tapi tips yang saya berikan sudah terbukti banyak dilakukan oleh para cendet mania. Semoga bermanfaat.