Cara Mengatasi Burung Cendet Salto

Cara mengatasi cendet salto -Sahabat Kicau-Burung.com, cendet memang salah satu jenis burung predator yang kerap melakukan aksi salto ketika berada dialam liar, karena memang itu adalah salah satu kelebihan sekaligus kekurangan burung cendet salto. Mungkin menjadi salah satu kelebihan ketika cendet melakukan aksi salto dialam liar saat bercanda atau merayu cendet betina, tetapi ketika cendet yang anda pelihara sering salto didalam sangkar, pastinya hal tersebut akan mengurani keindahan dari burung cendet kesayangan anda, terutama saat cendet ikut dilombakan.

Burung cendet salto bisa disebabkan oleh beberapa hal, yang pertama mungkin karena burung cendet tersebut belum jinak. Burung cendet hasil tangkapan alam liar biasanya susah untuk dijinakkan. Tingkahnya sangat aktif, takut pada manusia dan benda-benda sekitar, sering menabrak kandang, dan salah satunya adalah sering salto. Nah jika anda memelihara burung cendet yang berasal dari tangkapan liar, tentu dibutuhkan kesabaran untuk menjinakkannya, sekaligus pengetahuan mengenai cara mengatasi  burung cendet salto dan giras tersebut.

cara mengatasi cendet salto

Penyebab kedua dari cendet salto adalah karena cendet dalam keadaan over birahi. Cendet yang mendapatkan perawatan yang tidak benar cenderung akan stress atau mungkin over birahi. Pemberian ekstra fooding yang berlebihan dan tidak memiliki aturan akan menyebabkan burung cendet over birahi, yang efeknya tentu saja cendet tersebut menjadi lebih giras dan sering salto. Oleh sebab itu pemberian ekstra fooding harus menerapkan sistem setelan, artinya pemberian dilakukan secara rutin dengan jumlah yang sama, sesuai dengan kebutuhan dan kebiasaan burung.

Lalu bagaimana cara mengatasi burung cendet yang sering salto? Silahkan sahabat KicauBurung simak tips berikut ini:

Cara Mengatasi Cendet Salto saat lomba


1. Mandikan burung cendet kesayangan anda 
Khusus untuk burung cendet yang sering salto, bisa dimandikan sebanyak dua kali sehari, yaitu dipagi hari ketika matahari mulai terbit dan di sore hari ketika matahari belum tenggelam. Cara memandikannya bisa menggunakan karamba atau disemprot, sesuai dengan kebiasaan mandi burung cendet anda. Usahakan ketika mandi harus sampai basah kuyup, sebab mandi basah kuyup adalah trik utama mengatasi cendet salto.

2. Kurangi waktu penjemuran
Cendet salto karena over birahi tidak perlu dijemur terlalu lama, cukup 1-2 jam saja, karena sinar matahari justru dapat meningkatkan birahi burung, dan kalau birahinya sudah naik, maka akan memperparah dan membuat cendet menjadi sangat giras dan galak. Jadi penjemuran ini dilakukan hanya untuk mengeringkan bulu dan meningkatkan stamina burung saja.

3. Full Kerodong
Setelah dimandikan dan dijemur sebentar, kemudian burung dikerodong sepanjang hari. Cara ini dimaksudkan untuk mengurangi agresifitas burung cendet agar tidak salto dan terlalu banyak gerak saat melihat orang lalu lalang. Selain itu pengerodongan juga  membuat burung menjadi lebih nyaman dan tenang.

4. Kurangi porsi ekstra fooding
Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa ekstra fooding seperi jangkrik, kroto, dan ulat hongkong yang berlebihan dapat menyebabkan cendet over birahi. Jadi kurangi pemberian ekstra fooding seperti jangrik tersebut, jika biasanya anda memberikan jangkrik 6 ekor per hari (3 ekor pagi hari dan 3 oker sore hari) maka sekarang anda bisa mencoba menguranginya, misalnya cukup 3 ekor perhari (2 ekor pagi hari, dan 1 ekor sore hari).

5. Rubah posisi tangkringan
Jika biasanya anda meletakkan 2 tangkringan secara sejajar, maka cobalah untuk merubah posisi tangkringan tersebut menjadi menyilang. Atau sebaliknya jika semula posisi tangkringan menyilang, maka rubahlah menjadi sejajar, karena mungkin salah satu penyebab burung cendet salto adalah karena posisi tangkringan yang tidak nyaman.

6. Tambah jumlah tangkringan 
Jika biasanya anda hanya menggunakan satu tangkringan dalam sangkar, maka tambahkanlah jumlah tangkringan tersebut menjadi 2 atau 3, karena idealnya jumlah tangkringan burung cendet adalah 2. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi ruang gerak burung.

7. Terapi mandi malam
Cobalah untuk memandikan burung cendet kesayangan anda dimalam hari, hal ini mungkin agak aneh, tapi percayalah bahwa terapi mandi malam sangat bermanfaat untuk menurunkan birahi burung cendet, dan bisa membuat cendet menjadi lebih nagen, untuk lebih lengkapnya silahkan baca: Cara terapi mandi malam burung

Baca juga: Cara merawat anakan cendet agar cepat gacor

Itulah tips cara mengatasi burung cendet salto yang dapat saya bagikan kepada sahabat KicauBurung semua. Semoga tips ini dapat bermanfaat mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan salto burung cendet kesayangan anda.

Pencarian:

  • Cara mengatasi cendet salto
  • Mengatasi cendet giras
  • Mengatasi cendet ngelabak
  • Cara agar cendet nagen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel