Cara Merawat Dan Mengatasi Burung Cendet Stress

Kicau-Burung.com  | Cara mengatasi burung cendet stress -Tidak hanya manusia saja yang bisa mengalami stress, burung cendet pun juga bisa stress. Burung yang mengalami stress terkadang juga bisa membuat sang pemilik ikutan stress, pasalnya burung cendet yang stress akan mengalami perubahan karakter secara drastis. Burung yang biasanya tampil ganteng maksimal dan gacor door, tiba-tiba berubah menjadi pendiam (tidak mau berkicau) dan giras atau monting tidak karuan, sehingga bulu, ekor, dan paruhnya pun menjadi rusak.

Burung cendet stress bisa disebabkan oleh banyak hal, kebanyakan penyebabnya berasal dari lingkungan luar, bukan karena burung kebanyakan fikiran seperti stress yang biasa terjadi pada manusia. Sebelum anda mencoba untuk merawat cendet stress tersebut, sebaiknya anda amati terlebih dahulu apa penyebab sehingga burung cendet anda menjadi stress. Setelah ketemu penyebabnya, barulah anda melakukan action perawatan untuk mengatasi burung cendet stress.

cara mengatasi burung cendet stress

Penyebab dan cara mengatasi burung cendet stress

1. Burung cendet stress karena kalah bertarung
Cara mengatasinya adalah dengan mengisolasi atau mengkarantina burung cendet anda dari dunia luar, usahakan agar jangan sampai melihat atau mendengar suara burung cendet lain. Lakukan full kerodong setiap hari dan tingkatkan pemberian ekstra fooding dari setelah harian biasa. Selain itu anda juga bisa memberikan unthulan berupa burung kecil yang masih hidup dan kelabang untuk membangkitkan kembali mental burung cendet anda. 

2. Burung cendet stress karena takut sesuatu
Burung cendet juga bisa mengalami stress setelah melihat sesuatu misalnya seperti melihat kucing, tikus, mobil, atau benda-benda lainnya yang dapat mengakibatkan burung cendet anda merasa ketakutan. Cara mengatasinya adalah dengan full kerodong burung cendet anda, kemudian latihlah secara perlahan dengan cara meletakkan burung ditempat yang ramai, misalnya seperti pinggir jalan yang banyak dilalui orang dan kendaraan. 

Tapi perlu diingat, sebelum digantang ditempat ramai, sebaiknya burung cendet dimandikan sampai basah kuyup terlebih dahulu, ini bertujuan agar burung cendet anda tidak terlalu giras/ ngelabak saat melihat kendaraan. Jika burung sudah kering dan mulai giras, bisa anda semprot lagi agar burung menjadi tenang. Lakukan cara tersebut rutin setiap hari khususnya dipagi hari, tidak perlu lama-lama, cukup 30 menit saja asal anda sabar melatihnya setiap hari, dijamin burung cendet akan kembali pulih seperti semula.

3. Burung cendet stress karena pola makan yang berubah
Ketika anda membeli burung cendet yang sudah jadi, kemudian tiba-tiba menjadi stress karena pola perawatan dan pola makan yang anda berikan tidak sama seperti pola makan yang diberikan oleh pemilik sebelumnya. Cara mengatasinya adalah dengan menanyakan kepada pemilik sebelumnya bagaimana pola makan dan pola perawatan yang biasa dilakukan. 
Jika burung stress akibat perubahan pola perawatan dan pola makan karena perubahan yang anda lakukan sendiri, sebaiknya hentikan perubahan tersebut dan kembalikan ke perawatan dan pola makan sebelumnya.

4. Burung cendet stress karena lingkungan yang baru
Burung cendet juga bisa menglami stress setelah perjalanan atau karena lingkungan yang baru. Misalnya ketika anda membeli burung cendet yang sudah jadi, ketika sampai dirumah anda tiba-tiba burung cendet menjadi stress, tidak mau berkicau, dan ngelabak, padahal ketika masih berada dirumah pemilik sebelumnya burung cendet tersebut rajin berkicau dan nagen. Caranya mengatasinya adalah dengan cara full kerodong, sambil perlahan-lahan anda perkenalkan burung cendet dengan lingkungan yang baru.

5. Burung cendet stress karena voer yang diganti
Jika biasanya burung cendet anda beri voer merk Leopard dan merasa sudah pas dengan voer tersebut, jangan sekali-kali anda merubah voer yang anda berikan, misalnya dengan memberikan voer merk SKM atau yang lainnya, karena perubahan voer tersebut bisa mengakibatkan cendet  menjadi stress. Hal tersebut biasanya terjadi karena voer yang biasa diberikan kebetulan habis, dan ketika membeli di kios juga kehabisan. Jadi untuk berjaga-jaga, sebaiknya anda memiliki stock/ cadangan voer sebelum habis.

6. Burung cendet menjadi stress karena sangkarnya jatuh
Ini merupakan salah satu penyebab burung cendet stress yang paling sulit untuk diatasi, karena burung yang sangkarnya terjatuh dari gantangan, biasanya mengalami stress yang cukup parah. Cara mengatasinya adalah dengan mengkombinasikan beberapa cara diatas, ditambah dengan beberapa penanganan seperti terapi mandi malam, terapi mandi sauna, dan pengembunan.
Baca : Cara terapi mandi malam burung cendet
Itulah cara mengatasi burung cendet stress agar kembali rajin bunyi atau bahkan kembali lagi ke performa sebelumnya dimana burung cendet anda biasa menjadi juara dalam lomba. Tapi perlu anda ketahui juga, bahwa tidak semua burung cendet yang mengalami stress bisa disembuhkan dan kembali ke performa semula. Biasanya burung cendet yang sudah pernah mengalami sttress, ketika sembuh juga akan mengalami penurunan performa.