Settingan/ Setelan Dan Cara Merawat Burung Cendet Sebelum Lomba

Kicau-Burung.com - Burung cendet atau burung apapun sebelum dilombakan/ kompetisi tentu dibutuhkan perawatan khusus disamping perawatan harian. Setelan/ Settingan cendet sebelum lomba ini tentunya dimaksudkan agar burung cendet anda bisa menjadi jawara dalam lomba dan berhasil menggondol banyak sertifikat, piagam, dan tentunya hadiah yang nilainya mulai dari puluhan ribu sampai puluhan juta rupiah. Dari situlah saya mencoba untuk memberikan tips cara merawat burung cendet sebelum lomba yang saya rangkum dari berbagai macam artikel, yang kemudian saya tulis ulang dengan gaya bahasa yang tentunya agar lebih mudah untuk anda pahami.

Burung cendet yang sudah sering mengikuti lomba tentu adalah burung cendet pilihan yang memiliki mental dan kualitas suara serta isian yang bagus, terlebih lagi jika burung tersebut sudah sering menjadi juara dan sudah banyak mendapatkan sertifikat dan piagam, tentu harga jualnya akan melonjak tinggi, bahkan hingga mencapai puluhan atau ratusan juta rupiah. Maka dari itu para kicau mania sejati tidak sembarangan dalam memilih burung cendet, juga tidak sembarangan pula dalam melakukan perawatan harian maupun perawatan cendet sebelum lomba.

cara merawat cendet sebelum lomba
Baca juga: Perawatan harian cendet jawara
Untuk memperoleh hasil yang maksimal dalam lomba. tentu dibutuhkan peraatan khusus yang maksimal pula, tidak boleh setengah-setengah atau bahkan sekedarnya saja. Harus benar-benar dilakukan dengan sepenuh hati.

Cara merawat burung cendet jelang lomba

Untuk hasil yang lebih maksimal, perawatan menjelang lomba ini dibagi menjadi 2 bagian, yaitu perawatan 1 minggu sebelum lomba dan perawatan 1 jam sebelum lomba.

1. Perawatan 1 minggu sebelum lomba

  • Karantina atau asingkan burung cendet anda agar tidak melihat atau mendengar suara burung cendet lain. ini bertujuan agar burung cendet benar-benar istirahat, sehingga burung bisa full power ketika lomba.
  • Pada saat karantina, burung harus selalu dalam keadaan full kerodong. Tujuannyasama seperti diatas, yakni agar cendet full istirahat dan tidak banyak mengeluarkan tenaga/ kicauan harian. Jadi ketika hendak turun lomba, burung cendet tidak perlu mengeluarkan kicauan harian seperti biasanya.
  • Tingkatkan setelan EF dari setelan harian biasanya. Jika setelan harian cendet adalah 5 ekor jangkrik, maka 1 minggu sebelum lomba, porsinya bisa dinaikkan menjadi 8 ekor atau sepuluh ekor. Begitu juga dengan pemberian EF kroto dan ulat hongkong, berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh setiap hari, selama 1 minggu sebelum lomba.
  • Porsi mandi dikurangi atau bahkan dihentikan, jika biasanya burung cendet dimandikan setiap hari, maka sebelum lomba satu minggu cukup dimandikan 1 atau 2 kali saja.
  • Kurangi waktu penjemuran, jika biasanya burung cendet dijemur 2 sampai 3 jam setiap hari, maka 1 minggu sebelum lomba cukup dijemur 30 menit saja setiap pagi, setelah itu burung kembali full kerodong dan karantina.

2. Perawatan 1 jam sebelum lomba

  • Mandikan burung cendet sebelum lomba sampai basah kuyup, ini bertujuan untuk menyegarkan burung dan meredam birahi burung.
  • Jemur sebentar dan berikan ekstra fooding berupa jangkrik sebanyak 5 ekor dan ulat hongkong 5 ekor, atau sesuaikan dengan cuaca dan karakter burung.
  • Tidak perlu lagi diberi kroto, karena jangkrik dan ulat hongkong sudah cukup membuat burung menjadi panas dan siap untuk bertempur.
Itulah cara merawat burung cendet sebelum lomba agar burung cendet anda bisa menjadi jawara atau bintang saat digantang. Tips diatas tidak sepenuhnya bekerja dengan baik terhadap burung cendet anda, karena masing-masing cendet memiliki karakter yang berbeda-beda. Untuk anda yang baru pertama naik lomba bisa menerapkan cara diatas, namun jika anda sudah malang melintang didunia gantangan, tentu sudah lebih faham dengan setelan dan karakter burung cendet anda sendiri. Semoga bermanfaat.