Cara Terapi Mandi Sauna Burung Cendet

Kicau-Burung.com | Terapi mandi sauna bagi burung cendet akhir-akhir ini cukup ramai menjadi bahan perbincangan bagi para kicau mania indonesia, termasuk saya sendiri. Walaupun sebenarnya terapi mandi sauna burung ini sudah ada cukup lama tapi hanya dilakukan oleh segelintir kalangan saja, tapi dengan adanya media sosial akhirnya terapi mandi sauna burung kini menjadi populer dan bahkan telah sering dilakukan oleh para pecinta burung berkicau.

Cara perawatan mandi sauna bagi burung cendet sebenarnya sangat mudah sekali, intinya hanyalah menjemur burung dalam keadaan dikerodong. Tapi meskipun demikian, ada beberapa aspek yang perlu anda perhatikan sebelum melakukan perawatan mandi sauna tersebut, salah satunya adalah kondisi kesehatan burung.
Baca juga: Cara terapi mandi malam burung cendet

cara terapi mandi sauna cendet

Sebagian kicau mania ada yang melakukan terapi mandi sauna dengan metode langsung menjemur burung dalam keadaan dikerodong tanpa dimandikan terlebih dahulu, dan ada yang memandikan burung cendet terlebih dahulu sebelum dijemur dalam keadaan dikerodong. Semua itu tergantung dari karakter burung dan kebiasaan dari pecinta burung itu sendiri, kalau untuk saya pribadi lebih suka metode terapi mandi sauna dengan cara memandikan burung terlebih dahulu sebelum dijemur sambil dikerodong.

Tips Dan Cara terapi mandi sauna burung cendet


1. Mandikan burung seperti biasa dengan cara disemprot atau mandi karamba, kemudian langsung dijemur dalam keadaan dikerodong, Waktu yang tepat untuk mandi sauna ini adalah antara pukul 10-12 siang, dimana sinar matahari sudah cukup panas.

2. Lakukan penyemperotan pada kerodong dengan setelan embun secara merata sampai agak basah, dan ketika kerodong sudah mulai kering, lakukan penyemperotan kembali. Ini bertujuan agar burung yang didalam tidak terlalu merasa kepanasan akibat uap dan udara panas didalam.

3. Pastikan persediaan air minum didalam sangkar masih ada, sedangkan untuk voer sebaiknya diambil saja agar tidak terkontaminasi oleh air dan sinar matahari.

4. Lakukan terapi mandi sauna tersebut secara berkala, maksudnya adalah untuk tahap awal jangan langsung melakukan mandi sauna secara ekstrim dengan durasi waktu yang cukup lama. Untuk pertama kali cukup dengan durasi waktu 20 menit saja dengan kondisi resleting kerodong dibuka, ini bertujuan agar burung tidak merasa terlalu kepanasan, karena masih dalam tahap adaptasi awal (pertama dilakukan terapi mandi sauna)
BACA JUGA: Cara memandikan cendet takut air
Pada hari ke-tiga atau ke-empat, durasi waktu mandi sauna bisa anda tambah lagi menjadi 30 menit dengan kondisi resleting kerodong ditutup rapat. Dan pada hari-hari selanjutnya anda bisa menambah durasi waktu secara bertahap, misalnya sampai 1 jam atau lebih sedikit. Begitu seterusnya sampai burung sudah terbiasa dengan mandi sauna. Untuk durasi mandi sauna maksimal jangan lebih dari 2 jam, karena kasihan burung anda kalau mati akibat dehidrasi.

Terapi mandi sauna ini sebenarnya tidak hanya berlaku untuk burung cendet saja, melainkan bisa diterapkan pada semua jenis burung berkicau seperti murai batu, kacer poci, cucak ijo, dan lain sebagainya. Fungsi utama dari mandi sauna sebenarnya adalah untuk mempercepat perontokan bulu pada proses mabung, tapi seiring berjalannya waktu terapi ini dipercaya juga bisa membuat burung lebih gacor dan memiliki suara yang ngeplong alias keras.
Baca juga: Cara mengatasi burung cendet macet mabung
Itulah sedikit pembahasan tentang tips cara terapi mandi sauna burung cendet yang dapat saya bagikan kepada shobat kicau-burung. Semoga artikel ini dapat menjadi bahan acuan bagi anda dalam melakukan terapi mandi sauna bagi burung cendet kesayangan anda.