Ciri-Ciri Cendet Madura Kepala Hitam Blangkon Gondrong

Kicau-Burung.com | Cendet madura kepala hitam sampai saat ini memang masih menjadi primadona dan paling banyak dicari oleh para kicau mania khususnya cendet mania, karena cendet madura terbukti memiliki kualitas yang baik, mental tempur yang baik, suara yang keras, gacor, dan cerdas dalam menirukan suara-suara burung lainnya, hal tersebut merupakan salah satu ciri cendet madura kepala hitam.

Banyak yang beranggapan bahwa cendet blangkon kepala hitam asal madura adalah cendet terbaik, tapi menurut saya itu tidak sepenuhnya benar, karena banyak pula cendet kepala hitam alias blangkon berkualitas yang bukan berasal dari madura. Banyak sekali cendet kepala hitam produk luar madura, misalnya seperti cendet jatim (jember, bondowoso, situbondo, lumajang, tuban, pacitan) dan cendet jogja gunung kidul, serta beberapa wilayah lainnya di indonesia yang juga menghasilkan cendet blangkon kepala hitam.
ciri cendet blangkon kepala hitam madura

Namun tidak dipungkiri bahwa cendet madura kepala hitam tetap menjadi incaran para pemain cendet, bahkan ada yang khusus datang ke Bangkalan madura hanya untuk hunting cendet kepala hitam asli madura. Karena cendet kepala hitam yang mengatas namakan KTP madura, padahal cendet tersebut bukan berasal dari madura. Hal tersebutlah yang mendasari para pemain cendet memilih hunting langsung ke madura.

Secara sepintas ciri cendet kepala hitam madura dengan cendet kepala hitam jawa memang sama, tapi jika anda jeli, sebenarnya terdapat beberapa perbedaan antara cendet kepala hitam madura tersebut dengan cendet kepala hitam jawa, adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

Ciri-ciri cendet kepala hitam madura


1. Cendet madura memiliki ukuran badan yang lebih ramping dan panjang alias tinggi, meskipun ada jenis cendet madura yang bongsor, tetapi kesannya tetap proporsional.

2. Cendet madura memiliki ekor yang lebih panjang dan hitam legam, sangat berbeda jika dibandingkan dengan cendet kepala hitam jatim atau kota lainnya.

3. Kepala hitam full sampai tengkuk alias gondrong, sering disebut dengan istilah cendet blangkon kepala hitam, sehingga membuat cendet madura terkesan lebih sangar dan garang.

4. Bulu dada berwarna putih bersih seperti kapas.

5. Sayap berwarna hitam pekat, sedangkan punggung berwarna abu-abu.

6. Warna cokelat dibagian bawah sayap terkesan pudar.

7. Paruh berwarna hitam mengkilap dan sorot mata lebih tajam.

8. Warna bulu-bulu tampak kontras dan dominan warna hitam dan putih.

Itulah beberapa ciri cendet madura kepala hitam yang membedakan dengan cendet kepala hitam asal daerah lain. Jika anda ingin mencari cendet kepala hitam madura yang prospek baik untuk lomba atau untuk kicauan, silahkan anda pilih cendet madura yang memiliki ciri seperti dibawah ini:

1. Kepala besar dan berbentuk cepak
2. Paruh tebal
3. Mata bulat, melotot tajam dan sedikit agak menonjol keluar.
4. Lubang hidung tembus dan sedekat mungkin dengan mata dan pangkal paruh.
5. Memiliki fisik yang normal tanpa cacat
6. Bulu-bulu tersusun rapi, dan kedua sayap saling mengapit.
Baca: Cara memilih trotolan cendet yang baik
Bagaimana, sekarang anda sudah tahu kan ciri-ciri cendet madura kepala hitam yang asli? Jika anda memiliki cendet madura seperti ciri diatas, sayangi dan rawatlah dengan sepenuh hati, sebab jika menjadi jawara tentu harganya akan lebih tinggi jika dijual.

Pencarian:

  • Ciri-ciri cendet madura
  • Ciri cendet blangkon
  • Ciri cendet kepala hitam
  • Ciri cendet gondrong
  • Cendet dada putih