Manfaat Mandi Sauna Untuk Burung Cendet

Kicau-Burung.com | Masih membahas tentang terapi mandi sauna burung, dimana pada posting sebelumnya saya sudah menjanjikan akan membahas manfaat terapi mandi sauna untuk burung cendet, karena banyak orang hanya sekedar ikut-ikutan melakukan terapi mandi sauna, padahal belum mengetahui manfaat yang sesungguhnya.

manfaat terapi mandi sauna cendet

Jika anda belum pernah malakukan perawatan mandi sauna dan ingin mencobanya silahkan anda baca posting saya sebelumnya baca disini: Cara terapi mandi sauna, dimana pada posting tersebut saya sudah menuliskan secara gamblang tentang pengertian mandi sauna serta cara melakukannya.

Manfaat terapi mandi sauna untuk burung cendet


Secara khusus terapi mandi sauna bermanfaat untuk memperlebar pori-pori bulu burung untuk mendorong bulu burung agar lebih cepat rontok pada saat mabung. Namun disisi lain ternyata mandi sauna juga memiliki manfaat yang cukup besar dalam perawatan burung cendet, manfaat tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Membuat burung lebih gacor (rajin berkicau)
Sebagian kicau mania meyakini bahwa terapi mandi sauna dapat membuat burung cendet yang tadinya jarang bunyi menjadi gacor alias rajin berkicau. Sehingga banyak yang melakukan terapi mandi sauna pada saat perawatan burung menjelang lomba, tujuannya tidak lain dan tidak bukan adalah agar burung menjadi lebih gacor door.

2. Meningkatkan durasi berkicau menjadi lebih lama
Burung cendet yang rutin mendapatkan perawatan mandi sauna akan memiliki kondisi tubuh yang fit dan prima, sehingga tidak heran jika durasi atau waktu berkicau akan menjadi lebih lama, karena burung sudah terbiasa dilatih pada saat terapi mandi sauna.

3. Mempercepat proses mabung
Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa mandi sauna pada awalnya adalah perawatan untuk burung cendet yang sedang mabung agar proses mabung menjadi lebih cepat selesai dan bulu-bulu bisa rontok dengan sempurna.

4. Mengatasi burung cendet macet mabung
Masih berkaitan dengan mabung, mandi terapi mandi sauna juga dilakukan jika burung mengalami macet mabung. Pasalnya ketika burung pada saat mengalami masa mabung, tidak mendapatkan perawatan yang baik oleh pemiliknya, biasanya burung akan cenderung macet mabung dan bulu tidak bisa rontok semua. Untuk mengatasi hal tersebut perlu dilakukan terapi mandi sauna, agar pori-pori yang sudah tertutup bisa kembali terbuka sehingga proses rontok bulu bisa berlanjut kembali.

5. Membuat burung cendet menjadi langsing
Burung cendet akan tampak lebih nancep ketika memiliki postur yang langsing, nagen, dan membentuk angka satu. Nah terapi mandi sauna tersebut bisa menjadi salah satu alternatif untuk merampingkan postur burung yang gemuk dan banyak gerak. Karena terapi mandi sauna terbukti mampu membantu membakar kalori seperti halnya penjemuran biasa.

6. Melonggarkan tenggorokan sehingga suara lebih ngeplong
Volume suara sangat menentukan penilaian dalam lomba, karena percuma burung yang gacor dan memiliki variasi isian yang banyak tapi tidak memiliki volume suara yang keras, sehinga juri tidak mendengar dan meliriknya. Untuk mengatasi masalah tersebut, anda bisa mencoba melonggarkan volume suara burung dengan menerapkan perawatan mandi sauna tersebut.

Itulah beberapa manfaat mandi sauna bagi burung cendet yang kebanyakan orang khususnya pecinta burung berkicau belum mengetahuinya. Semoga dengan adanya artikel ini, anda bisa menjadi lebih faham dan tidak bingung lagi ketika hendak melakukan perawatan mandi sauna.