Mencari Setelan/ Settingan EF Harian Burung Cendet

Setelan harian cendet atau setelan ekstra fooding untuk masing-masing burung cendet berbeda-beda, ada yang cukup dengan 3 ekor jangkrik setiap harinya, namun ada juga yang sampai 10 ekor bahkan lebih setiap hari. Semua tergantung karakter si burung cendet dan juga tergantung dari teknik perawatan harian si pemilik burung. Jadi settingan harian EF nya tidak bisa disamakan antara cendet yang satu dengan cendet lainnya.

Jika anda memelihara burung cendet sejak trotolan atau hasil tangkapan muda hutan, maka mau tidak mau anda harus menemukan setelan harian EF (Ekstra Fooding) yang tepat, karena jika salah dalam memberikan setelan/ settingan harian burung cendet tidak akan bisa tampil maksimal. Biasanya burung cendet yang setelan hariannya tidak pas akan cenderung over birahi (jika kebanyakan EF) atau malas bunyi (jika kurang EF). Berbeda ketika anda membeli burung cendet yang sudah jadi, maka anda cukup menanyakan kepada si pemilik sebelumnya tentang setelah harian biasanya, agar anda tidak perlu mencari settingan harian lagi.

setelan jangkrik harian cendet

Settingan harian cendet ini adalah makanan tambahan selain voer yang biasa anda berikan setiap harinya. Tujuannya adalah untuk menambah protein dan nutrisi burung agar tetap sehat sehingga bisa tampil maksimal baik itu dalam lomba atau untuk kicauan harian. Karena burung cendet yang tidak menggunakan setelan harian, suaranya tidak bisa ngeplong dan kurang gacor, atau bahkan jarang bunyi.
Baca juga: Perawatan harian burung cendet
Setelan EF harian untuk burung cendet yang paling lazim adalah berupa jangkrik, kroto, dan ulat hongkong. Namun yang paling utama adalah jangkrik, karena binatang ini merupakan makanan burung cendet ketika dialam bebas yang banyak mengandung protein, nutrisi, dan vitamin. Sedangkan untuk kroto dan ulat hongkong tidak perlu diberikan setiap hari, cukup 1-2 kali seminggu, atau ketika burung menjelang lomba (setelan menjelang lomba)

Cara mencari setelan harian cendet

Dalam menentukan setelan harian, anda harus melakukan beberapa percobaan dan pengamatan terhadap burung cendet anda. Artinya setelan harian tidak dapat diberikan begitu saja sesuai dengan artikel dan tips yang anda baca, karena masing-masing burung cendet memiliki karakter dan kebiasaan yang berbeda-beda. Setelah sudah ketemu setelan harian yang tepat, berikan setelan EF tersebut secara rutin setiap hari, dan jangan dirubah-rubah lagi.

1. Berikan jangkrik pada cepuk wadah EF dalam jumlah yang cukup banyak, misalnya 10 ekor, jangan memberikan secara langsung kepada burung dengan tangan anda. Perhatikan bagaimana burung cendet memakan jangkrik tersebut, tunggu ketika burung sudah enggan memakan jangkrik lagi dan hanya dijadikan mainan, disitulah setelan cendet yang dapat anda coba terapkan. Misalnya anda berikan 10 ekor jangkrik pada cepuk EF, ternyata burung hanya memakan 5 ekor jangkrik saja, sedangkan yang lainnya hanya dijadikan mainan, maka setelan harian jangkrik burung cendet anda adalah 5 ekor setiap hari.

2. Berikan kroto segar sebanyak 1 sendok teh 2-3 kali dalam satu minggu, ini bertujuan untuk menambah nutrisi burung, karena kroto atau telursemut rangrang ini sangat banyak mengandung vitamin yang baik untuk burung. Burung cendet yang rutin diberi kroto akan lebih gacor dan memiliki suara yang ngeplong.

3. Berikan ulat hongkong yang putih (usai lepas kulit) sebanyak 3 ekor 2 kali seminggu atau ketika dirasa perlu saja, karena ulat hongkong bisa membuat tubuh burung cepat panas, jadi tidak perlu banyak-banyak atau terlalu sering diberikan.

Itulah cara mencari setelan harian jangkrik burung cendet yang dapat anda praktekkan dirumah. Tips cara mencari setelan EF ini bukanlah sebuah pakem, jadi anda bisa memodifikasi sendiri sesuai dengan karakter burung cendet anda, agar ketemu setelan yang pas. Semoga bermanfaat.