Menjinakkan Burung Cendet Bakalan Muda Hutan

Kicau-Burung.com | Cara menjinakkan cendet bakalan muda hutan sebenarnya cukup mudah jika kita berpengalaman dalam memelihara burung cendet, dan tentunya sudah mengetahui tips dan caranya. Tapi akan terasa sulit dan membutuhkan waktu yang cukup lama jika kita baru pertama kali memelihara burung cendet bakalan muda hutan hasil tangkapan yang biasanya banyak dijual di kios dan pasar burung.

Cara merawat bakalan cendet muda hutan berbeda dengan cara merawat cendet trotolan, jika cendet trotolan tentu saja mudah jinak karena sudah anda pelihara dan disuapi sejak kecil, namun untuk bakalan cendet muda hutan adalah burung cendet dewasa hasil tangkapan hutan yang biasa hidup dihutan liar dan tentunya belum terbiasa dengan manusia. Maka dari itu diperlukan perawatan khusus dalam menjinakkan cendet bakalan tersebut, karena cendet bakalan muda hutan lebih rentan stress dan mudah mati, jika anda salah dalam perawatannya.

cara menjinakkan burung cendet bakalan muda hutan

Bakalan cendet muda hutan biasanya akan sangat giras dan takut manusia, karena mereka terbiasa hidup dihutan dan mencari makan sendiri, maka tak heran jika cendet muda hutan sering ngelabak dan menabrak jeruji kandang sehingga bulu-bulunya sering rusak dan terdapat luka diatas paruh. Hal ini dapat terjadi jika anda tidak mengetahui secara detail cara merawatnya, tapi jika anda mengetahui cara menjinakkan bakalan cendet muda hutan tersebut, tidak mustahil burung cendet akan tetap mulus, gacor, dan tidak takut manusia lagi.

Cara menjinakkan bakalan cendet muda hutan


1. Karena burung cendet ini masih liar maka yang paling utama adalah anda harus membuat burung cendet terbiasa dengan hidup dikandang dan tidak takut dengan manusia dan lingkungan sekitar. Berikan full kerodong tebal atau kerodong berlapis dan letakkan burung didalam rumah atau diruangan yang tenang selama kurang lebih 1 minggu, agar burung mulai beradaptasi dengan kandang, wadah pakan, dan lingkungan.

2. Berikan EF ulat kandang dicampur dengan voer untuk melatih agar burung nantinya bisa terbiasa makan voer, karena ketika dialam bebas tentunya burung tidak pernah makan voer, berikan pula air minum yang cukup.

3. Berikan EF jangkrik dengan menggunakan tusuk sapu lidi agar burung mulai mengenali anda sebagai pemiliknya. Jumlahnya tidak perlu banyak-banyak, cukup 2 ekor setiap pagi, sore, dan menjelang tidur (malam hari).

4. Jangan memandikan burung terlebih dahulu, biarkan cendet muda hutan anda beradaptasi dengan lingkungan terlebih dahulu.

5. Selalu cek kondisi pakan, baik itu ulat kandang, voer, maupun air minum, jika sudah mulai habis tambahkan kembali jangan sampai kehabisan.

6. Lakukan hal diatas setidaknya selama 10 hari kebelakang, karena biasanya dalam waktu 10 hari burung sudah mulai terbiasa dengan lingkungan dan pakan. Setelah itu mulailah untuk memandikan burung 2x dalam seminggu agar burung lebih fresh. Cukup mandikan secara ringan saja dengan spray yang di stell embun. Jangan memandikan burung cendet bakalan muda hutan sampai terlalu lepek dulu.

7. Mulailah untuk menggantung burung cendet anda diluar rumah, dimana disitu terdapat aktifitas manusia, orang lewat, atau kendaraan lewat.

8. Tetap beri makan ulat kandang, voer, jangkrik sehabis mandi, dan air minum yang cukup.

9. Kerodong sudah boleh mulai dibuka sedikit, tapi jangan dibuka full terlebih dahulu agar burung cendet tidak stress.

10. Lakukan cara diatas selama kurang lebih 1 bulan, jika burung masih bertahan hidup lanjutkan untuk memandikan burung setiap hari secara wajar, kemudian dijemur sampai kering. Saat penjemuran, ambil semua wadah pakan agar burung merasa sedikit lapar, barulah anda berikan jangkrik dengan menggunakan tangan agar burung cendet merasa dekat dengan anda.

11. Lakukan terapi lapar, yaitu dengan membuat burung merasa lapar terlebih dahulu, baru anda berikan makan, dengan demikian burung akan merasa ketergantungan dengan anda.

12. Kerodong sudahh mulai dibuka saat penjemuran, pemberian pakan, dan memandikan.

13. Berikan tambahan EF berupa kroto sebanyak 1 sendok 2x seminggu, agar burung lebih sehat dan cepat berkicau.

14. Selalu jaga kebersihan kandang, ketersediaan pakan dan air minum setiap hari. Bersihkan kandang dari kotoran setiap pagi, tambahkan/ ganti pakan dan air minum setiap pagi juga.

15. Kombinasikan cara diatas dengan terapi mandi malam dan terapi mandi sauna. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel dibawah ini:
Cara terapi mandi malam cendet
Cara terapi mandi sauna cendet 

16. Jika anda melakukan cara diatas secara rutin, sabar, dan penuh kasih sayang, maka dalam waktu 2 bulan biasanya bakalan cendet muda hutan sudah jinak dan tidak takut manusia lagi, burung juga sudah mulai rajin berkicau meskipun masih asal-asalan dan belum memiliki lagu yang benar.

Itulah tips dan cara menjinakkan burung cendet bakalan hutan agar tidak takut manusia dan rajin berkicau. Dalam memelihara cendet bakalan muda hutan anda harus lebih sabar dalam perawatannya, jika anda berhasil menjinakkannya maka akan ada sensasi dan kepuasan tersendiri yang akan anda rasakan.

Pencarian:

  • Cara menjinakkan cendet bakalan
  • Menjinakkan cendet muda hutan
  • Agar cendet bakalan tidak giras