Tips Burung Cendet Nagen Saat Lomba

Kicau-Burung.com | Pasti anda sering melihat burung cendet yang tidak bisa nagen malah salto dan monting kesana-kemari sambil berkicau ketika lomba (latber dan latpres). Hal tersebut tentu membuat pemilik burung menjadi gelisah karena juri pastinya akan lebih melirik burung cendet yang berdiri nagen sambil berkicau. Karena burung cendet yang nagen saat lomba tentu akan memiliki penilaian yang lebih dari para juri dan penonton.

Penyebab kenapa burung tidak nagen saat lomba bisa karena burung sedang over birahi, burung masih terlalu muda dan belum siap untuk lomba, setelan EF harian dan setelan EF menjelang lomba yang kurang pas, atau bisa juga karena perawatan burung yang tidak tepat. Untuk itu diperlukan pengetahuan dan perawatan khusus agar burung cendet nagen saat lomba.

tips cendet nagen saat lomba

Setelan cendet nagen saat lomba sebenarnya bukanlah sebuah pakem yang ketika burung cendet disetting dengan setelan tersebut dijamin bisa nagen saat lomba. Tapi setelan cendet nagen ini bermacam-macam dan bervariasi, semua tergantung dari karakter burung masing-masing, karena burung cendet yang satu dengan yang lainnya tentu memiliki karakter yang berbeda-beda yang tentunya memiliki setelan yang berbeda pula.

Tips Burung Cendet Nagen Saat Lomba Ala Kicau-Burung.com


1. Pastikan anda memilih burung cendet jantan, kalau bisa cendet madura full kepala hitam, dada putih yang memiliki mental tempur yang baik dan suara kasar dan ngeplong.

2. Lakukan perawatan harian secara rutin, karena merawat burung cendet itu gampang-gampang susah. Dibutuhkan kesabaran dan ketelatenan dalam perawatan sehari-hari, untuk menghasilkan cendet yang nagen dan gacor. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikeldibawah ini:
Perawatan harian burung cendet jawara
3. Pastikan setelan ekstra fooding yang anda berikan pas sesuai dengan karakter burung, karena burung yang kebanyakan EF akan cenderung over birahi sehingga lebih suka salto dan monting saat lomba, sedangkan burung yang setelan EF nya terlalu sedikit akan kurang ngotot dan mudah loyo. Untuk lebih lengkapnya tentang mencari setelan EF yang tepat silahkan baca disini:
Cara mencari setelan EF harian cendet
4.  Mandikan dan bersihkan kandang dari kotoran setiap pagi secara rutin, jangan lupa pula untuk menambahkan atau mengganti voer dan air minum setiap hari. Memandikan burung cendet yang ideal adalah pada jam 07.30, kemudian dijemur kurang lebih 2 jam. Batas maksimal penjemuran adalah sekitar jam 11.00, karena jika sudah diatas jam 11 matahari sudah terlalu panas, sehingga justru tidak baik untuk kesehatan burung. Untuk artikel cara memandikan burung silahkan baca disini:
Cara memandikan burung cendet yang benar
5. Lakukan terapi mandi sauna agar cendet bisa ramping dan nagen saat lomba, karena terapi mandi sauna terbukti dapat membuat cendet menjadi ramping dan meningkatkan performa burung cendet. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini:
Cara terapi mandi sauna burung cendet
6. Setelah dijemur, lakukan pengerodongan burung cendet anda sambil diperdengarkan suara masteran sampai sore hari.

7. Pada sore harinya, kerodong dibuka dan diangin-anginkan sebentar sambil diberikan EF berupa jangkrik sebanyak 3 ekor. Lalu burung kembali dikerodong dan dimasukkan kedalam rumah.

8. Malam hari sekitar pukul 08.00 lakukan terapi mandi sauna pada burung cendet anda, agar burung cendet menjadi nagen saat lomba, karena terapi mandi sauna sangat bagus untuk menstabilkan birahi burung dan membuat burung tidak lagi monting dan salto. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini:
Cara terapi mandi sauna burung cendet
10. Setelah itu burung kembali dikerodong dan diperdengarkan suara masteran sampai pagi hari.

11. Sebelum dilombakan, pastikan anda melakukan perawatan dan jelang lomba dengan tepat agar performa cendet bisa maksimal saat lomba. Setelan jelang lomba terasebut biasanya dilakukan 3 sampai 7 hari sebelum lomba (H-3 sampai H-7). Info lebih lengkapnya silahkan baca:
Setelan burung cendet sebelum lomba
Itulah tips burung cendet nagen saat lomba yang dapat saya tulis di blog ini. Lakukan perawatan seperti diatas secara rutin setiap hari, dengan demikian kemungkinan besar burung cendet agan bisa nagen saat lomba. Semoga bermanfaat.