Keistimewaan Dan Kelebihan Cendet Madura Kepala Hitam Blangkon

Kicau-Burung.com - Cendet madura kepala hitam blangkon memang memiliki banyak kelebihan dan keistimewaan, baik dari segi fisik, suara, maupun mental. Tak heran jika burung cendet kepala hitam blangkon banyak diburu oleh para cendet mania, khususnya cendet kepala hitam madura. Meskipun banyak pula burung cendet local peles dan semi kepala hitam yang istimewa.

Salah satu keistimewaan burung cendet kepala hitam adalah memiliki mental yang kuat, sehingga tidak mudah stress dan bisa tampil ngotot saat lomba. Hal inilah yang mungkin tidak dimiliki oleh burung cendet peles dan local (selain cendet madura). Selain itu kelebihan cendet madura kepala hitam yang lainnya adalah sangat cerdas sehingga lebih cepat merekam suara burung lain saat dimaster dan lebih fasih dalam menirukan suara burung lain dengan lagu dan irama yang baik.

kelebihan cendet kepala hitam

Terlebih lagi jika burung cendet madura kepala hitam full tersebut jatuh ketangan orang yang memiliki tangan dingin dalam memelihara dan merawat burung cendet, tentu burung cendet kepala hitam full bisa menjadi burung cendet jawara yang memiliki mental yang baik.

Kelebihan cendet madura blangkon secara fisik adalah tampak lebih gagah dan garang dengan warna bulu yang cukup kontras antara warna hitam, putih, dan sedikit cokelat. Selain itu bodynya yang ramping dan proporsional dengan ekor yang panjang, sehingga tampak lebih indah dan menyenangkan setiap orang yang memandang.
BACA: Ciri-ciri burung cendet kepala hitam

Keistimewaan dan kelebihan madura cendet kepala hitam full blangkon


Berikut saya rangkum beberapa kelebihan dan keistimewaan burung cendet madura kepala hitam yang membuat harga burung cendet ini lebih mahal dari burung cendet local lainnya.

1. Memiliki mental yang kuat (fighter)
2. Tidak mudah stress
3. Memiliki gaya bertarung berdiri tegak seperti angka satu
4. Lebih cerdas sehingga lebih dimastera dan pandai menirukan suara burung lain
5. Memiliki suara yang lebih keras dan lantang
6. Lebih gagah dan garang
7. Warna lebih menarik enak dipandang mata

Itulah beberapa keistimewaan burung cendet kepala hitam yang menjadi alasan jadi buruan para cendet mania seluruh indonesia, meskipun pada dasarnya semua jenis cendet memiliki keistimewaan masing-masing, tapi kebanyakan orang lebih memilih cendet kepala hitam full.