Suara Masteran Cendet Untuk Lomba

Kicau-Burung.com | Trend masteran cendet untuk lomba tahun 2017 ini semakin bervariatif yang intinya menonjolkan tembakan-tembakan kasar yang keras dengan speed rapat. Jadi anda tidak bisa sembarangan memberikan masteran burung cendet jika memang tujuan utama anda memelihara cendet adalah untuk lomba, karena meskipun suara cendet anda gacor dan memiliki suara yang keras, tapi jika tidak bisa membawakan lagu dengan baik, maka tidak akan menjadi lirikan para juri.

Contohnya jika anda memberikan masteran cendet dengan suara burung kutilang, pleci, atau suara anak ayam, bisa dibilang anda salah dalam memberikan masteran cendet. Karena meskipun burung cendet memiliki kecerdasan yang mumpuni dan mampu menirukan banyak suara, tapi jika untuk lomba, maka harus ditonjolkan masteran dengan lagu yang memiliki speed rapat dan tembakan-tembakan yang keras. Berbeda jika tujuan anda memelihara cendet adalah hanya untuk sekedar kicauan rumahan saja, maka anda bebas dalam memberikan masteran.

masteran untuk cendet lomba

Dalam memilih suara masteran juga perlu memperhatikan karakter suara dari burung yang akan dimasteri, misalnya burung cendet cocok dimaster dengan suara burung lovebird atau tengkek buto, karena memang tipe suara burung cendet sama dengan tipe suara tengkek buto atau burung lain yang memiliki suara kasar dan tembakan yang rapat. Ini bertujuan agar membawakan lagu dengan baik, tidak fals dan tidak asal-asalan.

Pemasteran cendet yang paling baik adalah dengan menggunakan guru vocal/ burung asli yang khusus dijadikan sebagai masteran cendet. Karena jika anda memaster cendet dengan hp atau audio mp3, terkadang suara yang dihasilkan musik mp3 tersebut tidak sama dengan suara burung aslinya, karena biasanya suara masteran tersebut hanyalah hasil rekaman. Jadi jika anda memaster cendet dengan musik mp3, sebaiknya pilihlah audio masteran yang baik, jernih, dan mirip dengan suara asli burung.

Seiring berjalannya waktu, trend masteran burung cendet lomba semakin bergeser, begitupun dengan masing-masing daerah memiliki trend masteran yang berbeda pula. Misalnya untuk daerah madura dan jatim, dimana trend masteran yang menjadi andalan adalah suara tembakan kuntilanak. Lambat laun suara masteran kuntilanak tersebut meluas ke hampir seluruh wilayah indonesia, bahkan sekarang bisa dikatakan menjadi lagu wajib yang dimiliki oleh burung cendet lomba.

Suara masteran cendet yang cocok untuk cendet lomba


1. Suara masteran kuntilanak
Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa suara kuntilanak sekarang ini sedang menjadi trend masteran cendet lomba. Suaranya yang nyaring dan memekik tentu akan menjadi lirikan juri jika dibawakan dengan lagu yang baik plus tembakan dan power yang keras. Jika anda ingin mendownloadnya silahkan klik: Download suara masteran kuntilanak untuk cendet

2. Suara masteran gereja tarung
Trend masteran gereja tarung sebenarnya sudah ada cukup lama, tapi sampai sekarang masih banyak diminati oleh para cendet mania. Suaranya yang rapat jika dibawakan dengan tembakan dan power keras, bisa menjadi salah satu andalan burung cendet saat lomba. Jika anda ingin mendownloadnya silahkan klik disini: Download suara masteran gereja tarung

3. Suara masteran cucak jenggot
Suara cucak jenggot yang kasar dan ngresek juga bisa menjadi masteran burung cendet, maka tidak jarang jika burung cucak jenggot ini banyak menjadi guru vocal burung cendet, baik itu cucak jenggot jantan maupun betina. Tapi cucak jenggot jantan memiliki suara nresek yang lebih bagus untuk masteran cendet. Jika anda ingin mendownloadnya silahkan klik disini: Download suara masteran cucak jenggot.

4. Suara masteran tengkek buto
Suara tengkek buto dengan ciri khas suara tembakan yang rapat sudah cukup lama dan tapi masih digemari oleh para cendet mania, saking rapatnya suaranya bahkan hampir menyerupai mesin jahit. Karenanya burung cendet yang memiliki andalan suara tembakan tengkek buto tentu akan memiliki penilaian tersendiri. Jika anda ingin mendownloadya, silahkan klik disini: Download suara masteran tengkek buto.

5. Suara masteran cililin
Suara burung cililin sebenarnya agak sulit dibawakan burung cendet dengan lagu yang bagus, namun meskipun demikian masih banyak cendet mania yang berminat dengan masteran ini. Jadi anda juga bisa memberikan masteran cililin untuk burung cendet anda, silahkan download disini:
Download masteran cililin

6. Suara masteran gabusan (gabus kaca)
Suara gabusan adalah suara hasil gesekan dari gabus dan kaca sehingga menghasilkan suatu suara yang nyaring yang bisa direkam dan dijadikan masteran burung cendet. Suara gabusan ini entah hasil kreatifitas siapa, yang jelas sekarang sudah menjadi masteran burung cendet yang cukup populer. Download suara masteran gabus kaca (gabusan)

7. Suara masteran lovebird
Burung cinta ini selain menjadi burung lomba yang digemari banyak orang, juga menjadi masteran dan guru vocal burung cendet yang baik, karena suara ngeroll dan ngekek burung lovebird sangat cocok dengan suara burung cendet yang kasar dan rapat. Download suara masteran lovebird.

Itulah beberapa contoh burung yang cocok menjadi suara masteran cendet untuk lomba dan menjadi trend akhir-akhir ini. Jika burung cendet anda bisa membawakan masteran-masteran diatas dengan suara yang keras dan lagu yang baik, dapat dipastikan burung cendet anda akan disebut sebagai cendet jawara.