Cara Agar Burung Lovebird Ngekek Panjang

Kicau-burung.com | Cara agar lovebird ngekek panjang -Setiap kicau mania khususnya pemelihara burung lovebird pasti menginginkan lovebird kesayangannya bisa ngekek panjang. Pasalnya lovebird ngekek panjang tentu memiliki penilaian yang lebih dalam lomba dan sekaligus meningkatkan nilai jual, karena burung spesies genus agaponis ini selain memiliki warna dan bentuk yang menawan juga memiliki andalan lain, yakni suara kicau yang bisa ngekek panjang, bahkan durasinya bisa beberapa menitan. Hal itulah yang mendasari kenapa sampai saat ini burung lovebird masih banyak diminati oleh para kicau mania, terbukti dalam setiap event lomba, gantangan lovebird selalu penuh.

Untuk membuat agar burung lovebird ngekek panjang diperlukan perawatan harian khusus dan kesabaran dalam memberikan latihan, karena perawatan seperti memandikan burung dan pemberian pakan serta EF saja tidak cukup untuk membuat burung lovebird bisa tampil maksimal dan memiliki nafas yang panjang saat berkicau alias ngekek, perlu didukung dengan latihan khusus untuk meningkatkan performa burung saat lomba.

agar lovebird ngekek panjang

Selain perawatan dan pola latihan yang baik secara rutin, seperti kita ketahui bersama bahwa burung lovebird juga menganut adanya faktor garis keturunan atau trah, jadi ketika burung lovebird ngekek panjang hasil dari indukan yang berkualitas dan memiliki suara ngekek yang panjang, kemungkinan besar keturunan yang dihasilkan juga akan lebih mudah dilatih agar memiliki suara ngekek yang panjang. Meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa burung lovebird yang berasal dari indukan biasa ternyata ada juga yang memiliki kualitas ngekek yang cukup panjang.


Disini saya tidak akan membahas panjang lebar tentang faktor gen atau faktor keturunan dari burung lovebird, melainkan membahas bagaimana agar burung lovebird yang anda miliki bisa ngekek panjang, tidak memandang apakah itu berasal keturunan lovebird super ataupun hanya dari lovebird biasa. Jika anda menerapkan pola rawatan dan latihan berikut ini, kemungkinan burung lovebird anda akan bisa ngekek lebih panjang dari biasanya.

Tips dan Cara agar lovebird ngekek panjang

1. Pola rawatan harian

Pola rawatan harian burung lovebird dikategorikan menjadi 2 bagian, yaitu pemberian pakan dan EF (ekstra Fooding) serta cara memandikan dan penjemuran burung. Untuk pemberian pakan tentu anda harus memberikan pakan yang mengandung vitamin dan nutrisi yang cukup agar kesehatan dan performa burung selalu terjaga.

Pemberian akan harian yang baik adalah dilakukan secara bervariasi, misalnya hari pertama diberikan pakan A, maka hari kedua diberikan pakan B, dan hari ketiga diberikan pakan C, begitu seterusnya. Intinya adalah memberikan EFsecara cukup tidak kurang dan tidak lebih secara bervariasi. Karena jika pakan  yang diberikan setiap hari hanya itu-itu saja, burung lovebird bisa mengalami kelebihan berat badan, dan efeknya justru burung akan malas berkicau.

Selain itu pemberian setelan EF juga harus selalu diperhatikan, jangan kurang dan jangan berlebihan. Jika burung kurang mengkonsumsi EF akan cenderung malas berkicau karena kekurang nutrisi, begitu pula ketika berlebihan, burung juga akan malas berkicau karena over birahi. Jadi anda harus memahami karakter dari burung lovebird kesayangan anda.

Ekstra fooding lovebird yang baik adalah berupa sayuran seperti tauge (kecambah), kangkung, dan jagung muda. EF ini dipercaya mampu meningkatkan birahi dan performa ngekek lovebird. Jadi ketika dirasa burung mulai terlihat over birahi sebaiknya pemberian EF dikurangi atau bahkan dihentikan sampai birahi burung normal kembali.

Sedangkan untuk pola mandi burung lovebird sebaiknya dimandikan sampai basah kuyup sebanyak 2 kali sehari, yakni pagi dan sore hari. Mandi pagi idealnya dilakukan pada jam 7 kemudian dijemur dibawah sinar matahari sampai jam 10 pagi (durasi penjemuran 3 jam) setelah itu burung diangin-anginkan (digantang) selama kurang lebih 15 menit ditempat yang teduh seperti dibawah pohon atau teras rumah.

Siang harinya sekitar jam 12 siang, burung kembali dimandikan sampai basah kuyup, lalu diangin-anginkan kembali diteras atau dibawah pohon yang teduh, setelah itu burung dimaster sampai sore hari atau bahkan samai malam hari. Lakukan perawatan mandi tersebut secara rutin setiap hari. Alasan kenapa burung lovebird harus dimandikan sampai basah kuyup adalah berdasarkan pengalaman para kicau mania bahwa lovebird yang biasa dimandikan sampai basah kuyup akan memilik performa dan suara ngekek yang lebih panjang.

2. Pola latihan

Burung lovebird untuk lomba tentu memerlukan pola latihan khusus yaitu dengan menggunakan kandang umbaran, ini bertujuan untuk melatih otot-otot burung serta membuat nafas burung menjadi lebih panjang, sehingga ketika dilombakan tentu akan bisa ngekek panjang. Namun tidak semua orang sependapat dengan pola latihan ini, karena banyak yang bilang bahwa lovebird yang tidak menerapkan pola latihan kandang umbaran ternyata juga mampu mengeluarkan suara ngekek yang panjang. Tapi menurut saya lovebird yang menerapkan pola latihan kandang umbaran tentu akan memiliki nilai lebih jika dibandingkan dengan yang tidak menerapkan latihan.

3. Pola Pemasteran

Setiap burung lomba tentu butuh dimaster, karena dengan suara masteran burung akan lebih cepat merekam, mencerna, dan menirukan suara-suara masteran yang didengar, oleh sebab itu pola pemasteran burung lovebird sangatlah penting. Cara memaster lovebird masing-masing orang berbeda-beda, semua tergantung dari karakter burung dan kebiasaan dari si pemelihara. Ada yang memaster burung pada saat dinihari sekitar habis shalat subuh sampai jam 7 pagi, ada yang memaster dari jam 10 setelah dijemur sampai jam 3 sore, ada yang memaster dari usai shalat maghrib sampai malam hari sekitar jam 10 malam, adapula yang memaster mulai jam 9 malam sampai pagi keesokan harinya. Kembali lagi semua disesuaikan dengan karakter burung, kebiasaan, dan keyakinan dari sang pemiliknya.

Untuk masalah pengerodongan, ada yang tidak dikerodong sama sekali, dan ada pula yang full kerodong ketika malam hari dan ketika proses pemasteran, menurut saya pribadi memilih untuk memberikan kerodong saat malam hari dan saat melakukan pemasteran. Ada yang memaster burung dengan suara yang keras, dan adapula yang memaster dengan suara yang pelan (sayup-sayup).

4. Pemberian vitamin dan pembersihan kandang

Burung lovebird agar bisa ngekek panjang dan selalu dalam keadaan sehat harus senantiasa diberikan vitamin tambahan untuk memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisi, selain itu juga harus rajin dalam membersihkan kandang, baik itu dari kotoran burung maupun dari sisa-sisa makanan, karena jika kebersihan selalu terjaga, kemungkinan burung sakit atau terkena penyakit semakin kecil. Berbeda jika kotoran burung didiamkan saja sampai menggunung, tentu akan menimbulkan penyakit dan mengganggu kesehatan, baik itu kesehatan burung atau kesehatan pemiliknya.

Demikianlah sekilas uraian tentang cara agar burung lovebird ngekek panjang yang dapat saya tuliskan, semoga berguna bagi anda pecinta lovebird dan kicau mania indonesia. Salam kicau mania.