Cara Memilih Bakalan Lovebird Ombyokan Yang Berkualitas Baik

Kicau-burung.com | Memilih bakalan burung lovebird yang berkualitas baik sangatlah penting bagi kicau mania yang ingin memelihara burung lovebird, baik itu sebagai peliharaan harian saja, sebagai burung lomba, atau untuk usaha ternak. Karena kualitas burung lovebird selain ditentukan dari cara perawatan yang baik juga berasal gari gen atau garis keturunan. Sehingga pengetahuan dalam memilih bakalan lovebird sangat diperlukan sekali. Sebab bakalan lovebird ombyokan harganya jauh lebih murah daripada lovebird yang sudah jadi dan bahkan sudah juara dan memiliki
banyak prestasi.

Bakalan burung lovebird yang baik adalah berasal dari indukan yang baik, karena burung cinta spesies genius agapornis ini menganut sistem gen atau garis keturunan, jadi jika anda ingin membeli burung lovebird yang baik, sedangkan anda tidak memiliki pengalaman dan pengetahuan tentang cara memilih lovebird ombyokan sebaiknya anda membeli berkualitas dari indukan yang baik, hasil dari penangkaran/ breeding dari peternak yang sudah terpercaya/ anda kenal.

memilih bakalan lovebird yang baik

Ada beberapa kriteria bakalan burung lovebird dengan kualitas yang baik, yang pada umumnya dilihat dari panjangnya kekean, warna bulu, bentuk paruh, postur tubuh, bentuk kepala, ukuran bola mata, bentuk leher, karakter burung, serta mental dari burung lovebird itu sendiri. Adapun cara pemilihan lebih jelasnya silahkan simak uraian dibawah ini.

Cara memilih bakalan burung lovebird yang berkualitas baik

1. Pilih bakalan burung lovebird yang memiliki bentuk paruh tebal, besar, kokoh, dan sedikit agak panjang, karena hal tersebut akan mempengaruhi kualitas suara serta volume suara ketika burung berkicau.

2. Pilihlah bakalan burung lovebird yang memiliki bentuh tubuh yang proporsional, artinya adalah memiliki ukuran tubuh yang sedang dan memiliki paruh, ekor, leher, serta badan yang serasi. Jangan memilih lovebird dengan ukuran leher yang pendek, tetapi pilihlah lovebird yang memiliki dada yang lebar dengan sayap yang mengapit kebelakang.

3. Pastikan bakalan lovebird pilihan anda memiliki kaki yang kokoh dan mencengkeram kuat, jangan menentukan pilihan berdasarkan warna kaki saja.

4. Pilihlah lovebird yang memiliki ukuran kepala besar, kabarnya lovebird dengan kepala besar cenderung memiliki mental tempur yang lebih baik.

5. Lihatlah apakah lovebird pilihan anda memiliki bola mata yang besar dan cerah? jika iya, maka kemungkinan besar burung tersebut memiliki prospek yang baik untuk dijadikan indukan atau bahan untuk lomba, karena biaanya lovebird dengan mata cerah dan besar akan sangat gacor.

6. Burung lovebird yang memiliki mental yang baik biasanya dapat dilihat dari nafsu makannya, bila memiliki nafsu makan yang tinggi, biasanya akan cenderung memiliki mental yang baik pula.

7. Pilihlah burung lovebird yang memiliki ukuran leher yang panjang, karena hal tersebut akan menentukan power suara serta stamina nafas ketika burung berkicau, jadi kemungkinan besar akan bisa ngekek lebih panjang.

8. Pilih bakalan lovebird dengan warna yang indah dan menawan, karena penilaian juri selain dari panjangnya kekean juga sekian persen dari warna dan keindahan burung tersebut. Selain itu jika anda berniat beternak burung lovebird dengan menonjolkan warna, maka itu akan sangat cocok ketika di breeding dengan lovebird yang lainnya.

Selain cara diatas, sebenarnya masih banyak lagi cara memilih bakalan lovebird ombyokan yang baik, jadi hal tersebut nantinya akan anda ketahui sendiri setelah anda memelihara dan merawat burung lovebird. Semoga bermanfaat.