Cara Mengatasi Ekor Cendet Rusak Dan Tidak Tumbuh

Kicau-burung.com - Burung cendet merupakan salah satu burung predator yang agresif dan aktif, sehingga ketika memelihara burung cendet usahakan menggunakan sangkar yang cukup besar dan sesuai dengan ukuran burung tersebut, karena jika sangkar terlalu kecil maka ekor cendet akan rusak, sehingga akan mengurangi keindahan dari burung cendet tersebut. Jika ekor burung cendet anda sudah terlanjur rusak, disini saya akan membagikan tips cara mengatasi ekor cendet yang rusak dan tidak tumbuh akibat sering ngelabak atau terlalu agresif.

Ekor cendet rusak biasa terjadi jika burung sedang mengalami over birahi, karena burung cendet yang over birahi akan cenderung monting, salto, dan ngelabak atau hendak menerkam apapun yang melintas didekatnya. Atau burung cendet hasil tangkapan liar yang belum jinak biasanya juga akan mengalami rusak ekor. Selain itu, burung cendet yang stress akibat sangkar jatuh, kalah bertarung, atau akibat perjalanan jauh biasanya juga dapat menyebabkan ekor cendet menjadi rusak.

ekor cendet rusak

Tips cara mengatasi ekor cendet rusak dan tidak tumbuh


Untuk mengatasi ekor cendet rusak dan tidak tumbuh, cara yang paling cepat adalah dengan mencabur ekor rusak tersebut, karena menurut pengalaman saya ekor cendet yang patah dan rusak kalau tidak dicabut dan menunggu rontok dengan sendirinya akan cenderung lama tidak tumbuh, tapi setelah dicabut semua dengan benar maka dalam hitungan beberapa hari saja akan mulai tumbuh tunas ekor yang baru.

Namun perlu diketahui bahwa mencabut bulu ekor cendet tidak bisa dilakukan sembarangan, karena jika salah dalam teknik pencabutan, burung justru akan menjadi stress dan tidak mau berkicau. Demikian pula ketika bulu ekor tidak tercabut secara sempurna, sehingga batang ekor masih belum tercabut, maka bulu ekor tidak akan kunjung tumbuh. Atau pencabutan secara paksa sehingga menyebabkan pendarahan atau penggumpalan darah pada pori-pori ekor juga akan mengakibatkan bulu ekor tidak tumbuh dengan sempurna. Untuk mengantisipasi agar hal tersebut tidak terjadi pada ekor cendet anda, sebelum melakukan pencabutan ekor sebaiknya anda baca terlebih dahulu ulasan berikut ini: Cara mencabut bulu ekor cendet

Setelah semua ekor cendet yang rusak tercabut dengan sempurna, kemudian berikan perawatan khusus pada burung cendet kesayangan anda, terutama berikan EF berupa jangkrik dan kroto sedikit agak banyak dari setelan harian biasanya. Tujuannya adalah agar nutrisi dan gizi burung cendet dapat terpenuhi dengan baik, sehingga pertumbuhan ekor akan lebih cepat dan hasilnyapun akan bagus.

Tambahkankan pula vitamin untuk menjaga kesehatan bulu cendet yang bisa anda beli di kios burung atau bisa juga anda dapatkankan melalui toko online yang menjual berbagai mavam produk vitamin burung yang banyak sekali beredar di internet,

Berikan pula voer/ pelet pakan ikan yang berukuran kecil karena pelet ikan terbukti banyak mengandung protein yang baik untuk pertumbuhan bulu ekor cendet, terutama untuk cendet yang pasca mabung. Selain itu kurangi waktu penjemuran, terutama pada saat matahari terik, karena panas matahari terik akan merusak tunas-tunas ekor cendet yang baru tumbuh. Cukup jemur cendet anda 1-2 jam dipagi hari, kemudian diangin-anginkan ditempat yang teduh/ teras rumah.

Mandikan burung cendet dengan spray halus, karena sempburan spray yang kasar dapat merusak tunas ekor cendet yang baru tumbuh. Jadi proses pemandian untuk burung cendet yang sedang tumbuh bulu harus dilakukan dengan hati-hati.

Selain cara diatas, lakukan perawatan pada burung cendet anda dengan baik dan selalu menjaga kebersihan kandang, agar burung selalu sehat dan bulu-bulu selalu terawat, karena kotoran burung yang jarang dibersihkan juga dapat menyebabkan rusaknya bulu ekor cendet.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai tips cara mengatasi ekor cendet yang rusak dan tidak tumbuh yang dapat saya bagikan kepada sahabat kicau mania semua. Mohon koreksinya jika ada yang salah atau kurang tepat. Semoga bermanfaat.