Cara Perawatan Lovebird Mabung Agar Cepat Tuntas Sempurna

Kicau-burung.com -Setiap burung jika sudah tiba waktunya pasti akan mengalami yang namanya masa mabung, begitu pula dengan burung lovebird. Lovebird mabung inilah yang terkadang membuat kicau mania, khususnya yang masih baru belajar memelihara lovebird menjadi galau, karena mereka belum terbiasa atau bahkan baru sekali melihat lovebird kesayangannya tiba-tiba gundul karena satu persatu bulu-bulu indahnya mbrodol. Sedangkan mereka belum tahu bagaimana cara perawatan lovebird mabung, karena memang hal tersebut adalah pengalaman pertama kalinya.

Lovebird mabung harus mendapatkan perlakuan khusus dari si empunya, karena jika salah dalam memperlakukan burung lovebird mabung akan berdampak gagal mabung atau macet mabung. Lovebird macet mabung sebisa mungkin harus dihindari karena hal ini bisa menjadi momok yang menakutkan bagi para pecinta lovebird, sebab lovebird yang tidak tuntas mabung bulu-bulunya tidak bisa tumbuh dengan sempurna, begitu juga dengan performa saat lomba, tentu sulit untuk bisa tampil secara maksimal.
perawatan lovebird mabung

Cara perawatan lovebird mabung

Proses mabung adalah sifat alamiah burung, dimana bulu-bulu yang sudah tua akan rontok kemudian diganti dengan tunas bulu muda yang lebih baik. Pada saat sedang mabung, lovebird tidak bisa diperlakukan seperti perawatan harian biasanya, baik itu dalam pemberian pakan, ekstra fooding, maupun perawatan dalam hal mandi dan penjemuran.

Perawatan lovebird mabung ini dilakukan dengan tujuan agar proses mabung berjalan dengan cepat dan sempurna, sehingga burung bisa kembali pada performa sebelumnya atau bahkan lebih baik dari sebelumnya. Untuk lebih jelasnya silahkan baca cara perawatan lovebird mabung berikut ini:

1. Full kerodong setiap hari


kerodong lovebird mabung
Lovebird mabung harus selalu dalam keadaan full kerodong sepanjang hari, ini bertujuan agar burung bisa beristirahat lebih tenang dalam rangka memulihkan tenaga dan kemampuan berkicau, karena pada saat mabung biasa burung akan kurang bergairah dan jarang berkicau.

2. Letakkan ditempat yang tenang dan sepi, jauh dari keramaian


lovebird mabung ditempat sepi
Setelah dikerodong kemudian usahakan agar lovebird diletakkan ditempat yang tenang dan sepi, jauh dari keramaian atau orang yang lalu lalang, jauhkan pula lovebird mabung dari burung sejenis (lovebird lainnya).

3. Jangan dijemur


jangan jemur lovebird mabung
Lovebird yang sedang mabung sebisa mungkin agar dihindarkan dari sinar matahari, jadi tidak perlu dijemur seperti perawatan harian biasanya. Burung yang sedang mabung tidak membutuhkan sinar matahari, karena sinar matahari justru akan membuat bulu-bulu menjadi kuat sehingga memperlambat proses rontok bulu.

4. Mandikan lovebird 7 hari sekali


memandikan lovebird mabung
Meskipun menjaga kebersihan burung adalah hal yang wajib, dimana salah satunya adalah dengan cara memandikan burung, tapi pada saat sedang mabung sebaiknya dikurangi. Bila dalam perawatan harian memerlukan mandi 1 atau 2 kali sehari, pada saat mabung cukup dimandikan satu kali dalam seminggu, karena jika sering dimandikan seperti biasa justru akan menghambat pertumbuhan tunas bulu yang baru.

5. Berikan ekstra fooding yang cukup
Untuk memenuhi asupan nutrisi dan merangsang proses pertumbuhan bulu, berikan ekstra fooding berupa biji kwaji dan multivitamin yang dapat anda beli dikios/ toko pakan burung, atau bisa juga anda dapatkan dari toko online yang banyak bertebaran di internet.
BACA: Vitamin lovebird agar ngekek panjang

6. Berikan rebusan telor ayam kampung


vitamin lovebird mabung

Rebusan telor ayam kampung inidipercaya bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh, karena mengandung biotin dan energy booster yang baik dan berguna bagi metabolisme tubuh lovebird yang sedang mabung.

7. Biarkan lovebird berpuasa bunyi
Pada saat mabung, lovebird memerlukan ketenangan jadi biarkan ia beristirahat dengan total, jangan pernah dipaksa untuk berkicau layaknya lovebird normal. Setelah proses mabung selesai dan burung sudah kembali fit, anda bisa melatih kembali dengan masteran-masteran lovebird melalui mp3 atau suara burung lovebird yang asli.

Demikian ulasan mengenai cara perawatan lovebird mabung yang harus anda lakukan, agar proses mabung bisa berjalan lancar dan sempurna. Jangan lupa untuk membaca juga artikel-artikel mengenai perawatan lovebird pada blog ini. Semoga bermanfaat