Tips Cara Mengatasi Burung Cendet Galak

Kicau-Burung.com | Cara mengatasi burung cendet galak -Seperti kita ketahui bersama bahwa pada dasarnya burung cendet adalah time burung predator (pemangsa), sehingga sudah menjadi dasarnya bahwa burung cendet memiliki sifat galak, suka memangsa burung yang lebih kecil, dan suka menyerang jika merasa terancam. Tapi meskipun demikian, burung cendet galak yang dipelihara sejak kecil dan dirawat dengan benar dan penuh kasih sayang akan bisa menjadi burung cendet yang sangat jinak (sama sekali tidak galak).

Memelihara burung cendet galak memang cukup merepotkan, terlebih ketika kita hendak mengganti air minum dan menambahkan makanan voer yang sudah habis. Belum lagi ketika kita hendak memberi makan EF jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan lain sebagainya. Akan sangat menyakitkan jika tiba-tiba burung mematuk jari tangan kita, karena bisa lecet dan bahkan mengelupas.
mengatasi burung cendet galak

Pengalaman ini pernah saya alami sendiri, saat tiba-tiba perilaku burung cendet kesayangan saya menjadi #galak dan lebih agresif. Bahkan anak saya yang baru berusia 16 bulan tiba-tiba menangis karena dipatuk, padahal biasanya burung cendet saya terbilang jinak dan tidak mau mematuk pemiliknya. Tapi akhir-akhir ini menjadi lebih agresif dan mengejar seperti hendak menerkam orang yang melintas didekatnya.

Dari pengalaman tersebut akhirnya saya mencari solusi di internet tentang cara mengatasi burung cendet galak, dan coba saya terapkan langsung pada burung cendet kesayangan saya. Mudah-mudahan posting ini dapat membantu anda para cendet mania yang mengalami masalah serupa seperti yang saya alami waktu itu.

Cara mengatasi burung cendet galak

Sebelum anda mencari solusinya, anda harus menganalisa dan mengatahui terlebih dahulu penyebabnya, kenapa tiba-tiba burung cendet anda menjadi galak dan agresif. Karena penanganan burung cendet agresif berbeda-beda, tergantung dari penyebabnya.

Penyebab burung cendet galak

1. Burung cendet menjadi galak karena over birahi

Jika burung cendet galak akibat over birahi, maka solusi yang tepat untuk mengatasinya adalah dengan cara menurunkan birahi burung tersebut. Caranya adalah dengan mengurangi pemberian EF(Ekstra Fooding), mengurangi durasi penjemuran, dan meningkatkan volume mandi. Untuk lebih jelasnya silahkan baca disini: Cara mengatasi burung cendet over birahi.

2. Burung cendet galak karena birahi alami (memasuki masa breeding/ musim kawin)

Setiap makhluk hidup yang tumbuh dewasa pasti akan mengalami masa breeding, begitu pula dengan burung cendet, karena ketika hidup dialam liar burung cendet juga akan hidup dan berkembang biak dengan lawan jenisnya, dan begitulah siklus kehidupan makhluk hidup didunia.

Ketika burung cendet dipelihara oleh manusia sejak kecil sampai tumbuh dewasa, burung tidak memiliki pasangan dan tidak berkembang biak seperti ketika hidup dialam liar. Namun seiring bertambahnya usia dan burung cendet sudah tumbuh dewasa tentu memiliki naluri atau insting untuk kawin dan berkembang biak, nah hal inilah yang sering disebut dengan istilah musim breeding.

Jika burung cendet galak karena memasuki masa breeding, maka yang dapat anda lakukan adalah dengan cara mengawinkan burung cendet jantan dengan burung cendet betina agar birahi cendet jantan segera turun kembali. Atau anda hanya perlu bersabar menunggu birahi cendet kembali normal dengan tetap melakukan perawatan dengan baik dan pemberian pakan dan nutrisi yang cukup, ditambah dengan terapi pengembunan dan memperbanyak volume mandi, kalau perlu 3x sehari.

3. Burung cendet galak karena karakter alamiah

Seperti yang sudah saya singgung diawal posting, bahwa burung cendet memang memiliki sifat dan karakter galak secara alami, karena burung tersebut merupakan burung predator. Jadi jangan heran jika kebanyakan burung cendet memiliki sifat galak dan suka mematuk, maka dari itu jika anda ingin memiliki burung cendet yang jinak, anda harus merawatnya sejak trotol dan memperlakukannya dengan baik serta penuh kasih sayang. Tipsnya adalah ketika burung masih trotol sering-seringlah memegang/ meletakkan burung diatas tangan saat anda beri makan. Elus-elus dan perlakukan burung cendet layaknya keluarga anda.

Perawatan burung cendet galak

Secara umum burung cendet tiba-tiba menjadi galak adalah karena faktor birahi, yaitu over birahi atau birahi yang berlebihan akibat kesalahan dalam perawatan dan pemberian settingan EF, jadi untuk perawatannya adalah sebagai berikut:

1. Lakukan terapi mandi malam

Mandi malam pada burung cendet atau burung apapun dipercaya mampu menstabilkan birahi/ menurunkan birahi burung, jadi perlu anda coba dan terapkan perawatan mandi malam tersebut sampai birahi burung normal kembali. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut ini:

2. Perbanyak volume mandi

Jika biasanya anda memandikan burung cendet hanya 2 kali dalam seminggu, maka anda bisa mencoba untuk memandikan burung cendet galak setiap hari. Dan jika biasanya anda memandikan burung cendet setiap pagi, naka anda bisa mencoba memandikan burung cendet galak 2 sampai 3 kali sehari, misalnya dimandikan setiap pagi, siang, dan malam hari. Lakukan hal tersebut sampai birahi burung normal kembali.

3. Kurangi/ pangkas pemberian EF (Ekstra fooding)

cendet galak

Sebelumnya pasti anda sudah mengerti settingan EF harian burung cendet anda, namun jika dengan settingan harian tersebut burung cendet menjadi galak, maka anda bisa mengurangi jumlah EF khususnya jangkrik dan ulat hongkong yang biasa anda berikan. Dan jika burung cendet menjadi galak karena settingan EF pernah anda tingkatkan, maka sebaiknya anda kembalikan lagi ke settingan awal, agar birahi cendet embali normal.

4. Kurangi durasi penjemuran

Penjemuran dibawah sinar matahi pagi memang sangat baik untuk burung cendet, namun jika burung sedang mengalami over birahi, sebaiknya anda kurangi durasi penjemurannya, karena sinar matahari dapat meningkatkan birahi burung. Cukup jemur burung selama 1 jam saja dipagi hari, selebihnya angin-anginkan siteras atau kerodong burung sampai sore hari.

5. Lakukan terapi pengembunan

Pengembunan burung dipagi hari atau sehabis shalat subuh terbukti mampu menstabilkan birahi burung, sehingga lambat launburung cendet anda tidak galak lagi. Selain itu terapi pengembunan ternyata juga mampu meningkatkan performa burung menjadi rajin erkicau, baik itu untuk kicauan harian ataupun untuk lomba.

Demikianlah beberapa cara mengatasi burung cendet galak yang dapat saya bagikan kepada anda para cendet mania, semoga artikel ini dapat menambah wawasan kita dan dapat membantu anda dalam menstabilkan kembali birahi burung sehingga burung cendet anda tidak lagi galak dan suka mematuk.