Tips Cara Mengatasi Lovebird Ngeruji Sangkar

Kicau-burung.com | Mengatasi burung lovebird ngeruji -Banyak lovebird mania yang bertanya bagaimana solusi agar burung lovebird tidak ngeruji, karena salah satu nilai minus dari burung lovebird adalah cenderung suka ngeruji dan tidak mau bertengger pada tangkringan. Lovebird ngeruji adalah istilah untuk lovebird yang lebih suka bertengger dan merambat dijeruji sangkar baik dengan menggunakan kaki maupun menggunakan paruhnya yang tajam dan kuat.

Perilaku burung lovebird ngeruji tersebut biasanya disebabkan oleh birahi burung yang tidak stabil alias kelebihan birahi (over birahi). Pemberian EF yang berlebihan dan pola perawatan yang salah adalah penyebab utama dari meningkatnya birahi sang burung, selain itu juga bisa dikarenakan burung lovebird sedang memasuki masa kawin (berkembang biak), karena burung lovebird pada umumnya ketika hidup dihabitat aslinya tentu mereka dapat melampiaskan birahinya dengan lawan jenis, sedangkan didalam sangkar burung lovebird anda terpenjara dan tidak bisa bergaul bebas dengan pasangan hidupnya.

cara mengatasi lovebird ngeruji

Burung lovebird juara yang memiliki suara ngekek panjang pun akan menjadi kurang sedap dipandang mata dan mengurangi penilaian juri jika mengalami over birahi dan berperilaku ngeruji, oleh sebab itu perilaku ngeruji tersebut jangan dibiarkan berlarut-larut. Segera lakukan tindakan dan perawatan untuk mengatasi burung lovebird ngeruji seperti yang akan sedikit saya ulas pada posting dibawah ini.

Cara mengatasi lovebird ngeruji sangkar

Hal yang paling pertama untuk anda lakukan adalah dengan cara menstabilkan birahi burung, karena itulah penyebab utama burung lovebird ngeruji, selain itu juga dengan menerapkan pola rawatan yang benar secara berkesinambungan.

1. Menghentikan pemberian EF

Pemberian EF (Ekstra Foofing) yang berlebihan akan memicu meningkatnya birahi burung, karena jenis EF lovebird yang berupa kangkung, kecambah, jagung muda, dan kwaci memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, sehingga perlahan akan mendongkrak birahi burung yang kemudian mengakibatkan lovebird anda suka ngeruji.

pemberian EF lovebird

Untuk sementara waktu anda bisa menghentikan pemberian EF yang banyak mengandung protein tersebut sampai birahi lovebird normal atau stabil kembali, cukup berikan makanan utama burung berupa milet dan persediaan minum yang cukup, karena pakan milet tidak terlalu mengandung protein yang tinggi.

Setelah birahi burung kembali normal dan mau untuk bertengger di tangkringan (tidak ngeruji), anda bisa memberikan pakan EF kembali secara perlahan sampai menemukan kembali settingan EF yang tepat untuk burung lovebird anda.

2. Mengubah posisi tangkringan untuk mengatasi lovebird ngeruji sangkar

Posisi tangkringan yang tidak sesuai dengan karakter burung terkadang juga menyebabkan ngeruji, karena burung merasa tidak nyaman dengan posisi tangkringan yang anda pasang didalam sangkar. Selain itu anda juga bisa menambahkan jumlah tangkringan yang ada, jika biasanya hanya menggunakan satu tangkringan saja, cobalah untuk menambahkan dan memodifikasi jumlah tangkringan menjadi dua atau tiga buah. Ini bertujuan agar ruang gerak ngeruji burung lovebird menjadi lebih sedikit.

Selain itu upayakan juga posisi tangkringan agar sedekat mungkin dengan jeruji, maka ketika burung anda ngeruji mulai merasakan tidak nyaman karena terhalang tangkringan, dengan demikian lama kelamaan burung anda akan terbiasa dengan tangkringan tersebut.

3. Mengawinkan burung lovebird yang ngeruji sangkar

Jika kedua cara diatas belum dapat mengatasi lovebird anda yang suka ngeruji, maka cara pamungkasnya adalah dengan mengawinkan burung tersebut dengan pasangannya yang sudah memiliki usia yang cukup untuk membuahi atau dibuahi. Untuk burung lovebird jantan yang sudah siap kawin idealnya sudah berusia 8 bulan, sedangkan untuk lovebird betina yang sudah siap berproduksi idealnya adalah satu tahun.

mengawinkan lovebird

Cara ini selain terbukti ampuh dapat menurunkan birahi juga dapat menghasilkan keturunan burung lovebird hasil tangkaran anda, dan bahkan jika anda jeli dan telaten dalam mengawinkan burung lovebird anda bisa menjadi seorang breeder dan berbisnis ternak burung lovebird yang saat ini memiliki prospek yang lebih menjanjikan, daripada anda hanya sekedar menjadi penghobby dan pemelihara burung harian saja.


Itulah sedikit ulasan tentang cara mengatasi burung lovebird ngeruji yang sudah menjadi permasalahan umum bagi para penggemar burung lovebird. Silahkan bagikan artikel ini jika anda merasa artikel ini bermanfaat, agar lebih banyak lagi orang yang bisa merasakan manfaatnya. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • Cara mengatasi lovebird ngeruji sangkar
  • Cara agar lovebird tidak ngeruji sangkar
  • Penyebab lovebird ngeruji sangkar
  • Menyembuhkan lovebird ngeruji sangkar