Tips Perawatan Lovebird Sebelum Lomba Agar Ngekek Panjang Dan Menjadi Juara

Kicau-burung.com - Lomba burung lovebird sejak beberapa tahun yang lalu sampai hari ini masih tetap digemari oleh para kicau mania dan pecinta lovebird, sehingga banyak kicau mania ikutan berlomba-lomba berburu lovebird yang bisa ngekek panjang dan prospek untuk lomba. Selain burung yang prospek untuk lomba juga dibutuhkan perawatan lovebird lomba serta perlakuan khusus agar lovebird bisa menang saat lomba. Nah disini saya akan memberikan sedikit tips perawatan lovebird sebelum lomba untuk memperoleh hasil yang maksimal saat kompetisi sehingga mampu menggondol banyak piagam dan sertifikat juara.

Untuk menghasilkan burung lovebird bisa ngekek panjang dengan durasi 2-3 menit tentu tidak mudah, diperlukan tips dan cara perawatan lovebird sebelum lomba dan perawatan harian yang baik dan benar. Tidak sampai disitu saja, ternyata lovebird yang bisa ngekek panjang juga dihasilkan dari keturunan lovebird yang bisa ngekek panjang pula. Tapi meskipun demikian tidak menutup kemungkinan bahwa lovebird milik anda dari trah biasa juga bisa ngekek panjang, asal anda sabar dalam memberikan perawatan setiap harinya.

perawatan lovebird menjelang lomba

Tips cara perawatan lovebird sebelum/ menjelang lomba

Setiap kicau mania memiliki tips masing-masing dalam memberikan perawatan burung menjelang lomba. Ada yang sudah memberikan perawatan khusus selama 1 minggu sebelum lomba, ada yang 4 hari menjelang lomba, dan ada pula yang cukup hanya memberikan perawatan 2 hari sebelum lomba. Semua tergantung karakter dan kebiasaan burung serta keyakinan dan pengetahuan dari si empunya burung tersebut.

Untuk tips perawatan lovebird menjelang lomba yang akan saya berikan ini dimulai sejak 6 hari sebelum lovebird dilombakan, Sebaiknya berikan pakan berupa biji-bijian berkualitas untuk mendongkrak mental lovebird anda, usahakan pula agar burung lovebird anda tidak mendengar atau melihat burung sejenis sampai hari perlombaan tiba.

Saat 3 hari menjelang lomba berikan tambahan ekstra fooding yang cukup untuk meningkatkan kualitas suara dan memperpanjang nafas saat lovebird anda ngekek. Tapi jangan terlalu berlebihan dalam pemberian ekstra fooding tersebut agar lobird tidak mengalami over birahi yang justru akan membuat burung tidak maksimal saat lomba.

Kurangi durasi penjemuran saat H-2 atau dua hari menjelang lomba, hal ini bertujuan untuk menjaga birahi burung agar tidak over birahi. Durasi penjemuran cukup dilakukan 20 menit dipagi hari, jangan menjemur burung disiang hari saat matahari terik alias mngelantang burung dibawah panas matahari.

Saat hari H tepatnya 3 jam sebelum lomba dimulai, berikan vitamin untuk mendongkrak performa lovebird saat lomba. Anda bisa memberikan vitamin lovebird extreme power atau bionic high performance, atau vitamin lovebird lainnya yang bisa anda dapatkan di kios burung atau toko online vitamin burung yang banyak beredar di internet.



Berikan kangkung atau sayuran lainnya saat 1 jam menjelang lomba, agar birahi lovebird stabil dan performa lovebird tetap terjaga saat lomba. Jangan melepas kerodong saat anda berada ditempat lomba sampai lomba dimulai. Ini bertujuan agar lovebird anda tidak terpengaruh dengan lovebird lawan dan tidak cepat lelah saat perlombaan.

Berikan vitamin tambahan, sayuran, dan biji-bijian saat usai lomba untuk mengembalikan kembali mental dan stamina burung anda sehingga dapat diikutsertakan dalam sesi lomba berikutnya atau pada kompeisi berikutnya dilain waktu.

Selain perawatan lovebird menjelang lomba, untuk menghasilkan lovebird berkualitas prima dan memiliki performa ngekek panjang saat lomba, berikan pula perawatan harian secara rutin dengan baik, karena kualitas burung lovebird ditentukan oleh gen/ keturunan dan kualitas rawatan setiap harinya, misalnya dengan pemberian masteran secara rutin, pemberian pakan dan EF yang baik, penjemuran, dan memandikan lovebird secara rutin setiap hari.

Demikianlah tips perawatan lovebird menjelang lomba yang dapat saya berikan buat anda semua, mohon koreksi dan masukannya demi kemajuan blog ini dan kemudahan bagi sahabat kicau mania dalam mencari tips dan trik seputar perawatan burung. Semoga bermanfaat.

Pencarian:

  • Perawatan lovebird sebelum lomba
  • Cara merawat lovebird menjelang lomba
  • Perawatan lovebird lomba
  • Tips lovebird menjelang lomba
  • Tips agar lovebird ngekek panjang saat lomba