Alat Untuk Melatih Lovebird Ngekek Panjang

Kicau-burung.com -Untuk membuat agar lovebird ngekek panjang selain dibutuhkan perawatan harian dan perawatan lomba yang tepat, pakan serta vitamin yang cukup, juga dibutuhkan media lain atau alat untuk melatih lovebird ngekek panjang. Alat untuk melatij lovebird ngekek panjang tersebut beraneka ragam, mulai dari yang sangat sederhana dan dengan mudah dapat anda temukan disekitar rumah, ataupun alat elektronik yang dapat anda beli ditoko.

Alat sederhana untuk melatih lovebird ngekek panjang tersebut diantaranya adalah kaleng bekas minuman dan busa styrofoam bekas yang biasa ditemukan didalam kardus peralatan elektronik seperti tv, kulkas, vcd player, dan lain sebagainya. Pertanyaannya adalah, bagaimana cara menggunakan barang bekas tersebut bisa dijadikan alat untuk melatih lovebird ngekek panjang?
alat melatih lovebird ngekek panjang
>


Cara membuat alat untuk melatih lovebird ngekek panjang


Burung lovebird adalah jenis burung yang memiliki karakter dan sifat alamiah kicauan ngekek, tapi meskipun demikian, tidak lantas semua burung lovebird dapat mengeluarkan suara ngekek, apalagi ngekek panjang. Maka dari itu sebagai lovebird mania anda harus melatih dan mengajarkan lovebird tersebut agar memiliki kemampuan ngekek yang panjang sedini mungkin.

Melatih lovebird ngekek panjang memang perlu dilakukan sejak burung masih muda atau bahkan balita, karena lovebird muda akan dengan mudah menangkap dan merekam suara yang ia dengar, kemudian setelah ia mulai belajar berkicau akan mencoba menirukan suara-suara tersebut.
BACA JUGA: Pakan lovebird agar ngekek panjang

Alat untuk melatih lovebird ngekek panjang


1. Menggunakan kaleng bekas minuman


alat untuk melatih lovebird
Kaleng bekas minuman
Kaleng bekas minuman bersoda atau minuman penyegar seperti kaleng sprite, coca-cola, fanta, bintang, angker, larutan penyegar, dan lain sebagainya yang biasa anda temui di jalanan atau di tong sampah ternyata dapat dimanfaatkan menjadi untuk melatih lovebird agar bisa ngekek panjang.

Caranya adalah silahkan anda cari kaleng bekas tersebut disekitar rumah anda. Jika tidak ada, silahkan anda modal sedikit untuk membeli minuman kaleng tersebut, masa pengen punya lovebird bisa ngekek panjang anda gak mau modal sedikit saja? hehehe.. Silahkan anda minum sampai habis isinya, tapi kalengnya jangan dibuang.

Isi kaleng bekas tersebut dengan beberapa butir batu kerikil, kemudian goyang-goyangkan kaleng tersebut dengan cepat sampai mengeluarkan suara yang unik. Nah cara tersebut dipercaya mampu memancing atau membuat lovebird bisa ngekek panjang.

2. Menggunakan busa Styrofoam


melatih lovebird ngekek
Busa styrofoam bekas
Busa styrofoam yang bisa digunakan untuk melatih lovebird ngekek panjang ini bukanlah styrofoam bekas bungkus makanan, melainkan styrofoam bekas bungkus alat elektronik yang biasanya agak tebal. Daripada anda buang atau bakar busa styrofoam tersebut, lebih baik anda gunakan untuk melatih burung lovebird kesayangan anda.
BACA JUGA: Vitamin agar lovebird ngekek panjang
Caranya adalah dengan menggesek-gesekkan busa styrofoam tersebut ke kaca sampai menimbulkan suara yang unik menyerupai suara lovebird. Sebenarnya cara ini sudah cukup familier dan banyak digunakan para cendet mania sebagai masteran. Busa yang digesek-gesek ke kaca tersebut sering disebut dengan masteran gabusan.

3. Menggunakan mainan pet-petan


melatih lovebird ngekek panjang

Mainan pet-petan ini dahulu hanya dapat anda temukan pada penjual mainan anak-anak, tapi sekarang dapat dengan mudah anda dapatkan ditoko atau kios burung. Karena apa? karena sekarang ini banyak sekali lovebird mania yang menggunakan mainan tersebut sebagai alat untuk melatih agar lovebird ngekek panjang.

4. Menggunakan musik mp3 dan handphone

Alat ini memang menjadi favorit sekaligus alat paling efektif dan praktis dalam melatih lovebird ngekek, karena dengan menggunakan alat ini anda dapat memutar banyak suara masteran sesuai dengan keinginan anda. Caranya adalah silahkan anda download masteran suara lovebird kemudian anda simpan di handphone atau musik mp3, lalu silahkan play suara masteran tersebut kemudian letakkan didekat burung lovebird anda.
BACA: Cara agar lovebird ngekek panjang
Itulah beberapa alat untuk melatih lovebird ngekek panjang. Itu hanyalah alat atau media saja, jadi tidak jaminan jika anda menggunakan alat-alat tersebut kemudian lovebird bisa ngekek panjang. Semua butuh proses dan pengorbanan, karakter burung, pola rawatan, pemasteran, dan pakan adalah hal yang paling menentukan baik buruknya burung lovebird anda. Sekian