Cara Dan Manfaat Terapi Mandi Hujan Cendet

Kicau-burung.com - Berbicara tentang manfaat terapi mandi hujan cendet, sampai saat ini mungkin masih menjadi bahan perbedebatan bagi sebagian cendet mania indonesia. Sebab ada sebagian cendet mania yang rutin menerapkan terapi mandi hujan pada burung cendet kesayangannya, tapi ada pula yang anti dengan terapi mandi hujan.

Pasalnya ada burung cendet yang memang akan menjadi lebih gacor dan maksimal ketika dirawat dengan terapi mandi hujan, tetapi ada juga cendet yang justru macet bunyi, stress, atau bahkan mati ketika dilakukan cara terapi mandi hujan cendet. Hal tersebut dikarenakan dari karakter dan kebiasaan pola perawatan harian burung cendet tersebut sejak masih trotol.

terapi mandi hujan cendet
BACA JUGA: Melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan
Kedua pendapat tentang terapi mandi hujan diatas semuanya benar, karena jika burung cendet sejak masih trotol sudah dirawat dengan baik layaknya manusia dan tidak pernah sama sekali merasakan guyuran air hujan, ketika tiba-tiba dimandikan dengan air hujan justru bisa mengalami stress bahkan berujung pada kematian, jika memang ternyata burung tidak sedang dalam kondisi sehat.

Akan tetapi jika burung cendet sejak masih trotol sudah dibiasakan dengan terapi mandi hujan, maka burung akan aman-aman saja dan bahkan lebih gacor dan rajin berkicau ketika diguyur dengan air hujan saat melakukan perawatan terapi mandi hujan.
BACA JUGA: Manfaat terapi mandi sauna cendet
Secara umum cara terapi mandi hujan tidak akan berdampak serius pada kesehatan burung selama itu dilakukan dengan cara yang benar dan burung dalam kondisi yang sehat. Sebab kebanyakan burung yang mati akibat terapi mandi hujan karena si pemilik burung hanya sekedar coba-coba dan asal-asalan saja, tanpa mengetahui teknik terapi mandi hujan yang benar.
terapi mandi hujan
Cendet jawara


Cara terapi mandi hujan cendet


1. Ketika hujan sudah mulai turun, ambil pakan an tempat minum dari dalam sangkar, ambil juga tebok/ alas tempat tatakan kotoran burung dari dalam sangkar.

2. Gantang burung cendet anda dibawah guyuran air hujan, jadi kandang burung sebaiknya jangan diletakkan ditanah.

3. Biarkan burung dibawah guyuran air hujan sambil melakukan didis/ mengibas-ngibaskan bulunya selama sekitar 30 menitan.

4. Usahakan burung jangan terlalu basah kuyup, jika curah hujan yang turun terlalu lebat, sebaiknya segera angkat burung dari gantangan dan tidak perlu menunggu sampai 30 menit.

5. Biarkan burung didis yang teduh dan berikan EF berupa jangkrik, kroto, atau ulat hongkong setelah mandi air hujan agar burung tidak terlalu kedinginan.
BACA JUGA: Cara terapi mandi sauna cendet

Manfaat terapi mandi hujan cendet


Adapun manfaat dari terapi mandi hujan tersebut ternyata cukup banyak sekali, maka tak heran jika para cendet mania nekat hujan-hujanan demi mendapatkan manfaat bagi cendet kesayangannya.

  • Menstabilkan birahi cendet
  • Membuat burung cendet lebih fresh
  • Mencegah dan mengobati stress burung
  • Burung menjadi lebih gacor dan rajin berkicau
  • Menjinakkan cendet yang giras
  • Terapi bagi cendet hasil tangkapan hutan agar cepat jinak
  • Dan masih banyak lagi manfaat terapi mandi hujan yang dapat anda gali dan ketahui setelah anda mempraktekkannya sendiri 
Demikianlah ulasan tentang cara dan manfaat terapi mandi hujan cendet yang dapat saya tuliskan, semoga dengan menerapkan perawatan terapi mandi hujan ini burung cendet anda akan menjadi lebih mantap dan menjadi cendet jawara.