Cara Melatih Mental Lovebird Agar Ngotot Saat Lomba

Kicau-Burung.com -Banyak cara dilakukan oleh para lovebird mania untuk melatih mental lovebird agar bisa selalu juara saat lomba, karena lovebird yang jarang dilatih mentalnya sulit untuk menjadi lovebird fighter yang bermental jawara. Lovebird yang sudah dilatih mental secara rutin tidak akan malu atau takut berkicau dalam situasi apapun, bahkan ketika didekatkankan dengan lovebird lain, ia akan mengeluarkan dan memamerkan kemampuan berkicaunya secara maksimal.
cara melatih mental lovebird
Mental fighter sejati
Dalam melatih mental lovebird tidaklah mudah, meskipun pada dasarnya burung ini adalah termasuk burung yang jinak dan tidak mudah takut dengan manusia atau suasana bising. Akan tetapi ketika diajak lomba dan didekatkan dengan lovebird lain yang bermental baik, lovebird dengan mental lemah akan melempem dan bahkan tidak berani mengeluarkan kicauan ngekeknya.
BACA JUGA: Tips agar lovebird ngekek panjang

Ciri-ciri lovebird yang bermental lemah 


Lovebird yang masih memiliki mental lemah biasanya ditanai dengan bulu-bulu disekitar leher yang tampak mengempis atau tidak mengembang seperti lovebird pada umumnya, jarang bunyi atau bahkan tidak mau berkicau sama sekali, selain itu lovebird juga akan tampak takut dan gelisah saat melihat keramaian atau saat melihat burung sejenis yang memiliki mental yang baik.
melatih mental lovebird
Lovebird fighter


Cara melatih mental lovebird 


Cara yang paling umum dilakukan oleh para lovebird mania untuk melatih mental lovebird agar ngotot saat lomba adalah dengan cara melatihnya sejak masih usia dini. Biasakan untuk mengajak jalan-jalan lovebird anda sejak masih muda, Ajak sparing partner dengan lovebird lain yang memiliki mental yang baik, memberikan vitamin yang baik, perawatan harian yang baik, serta pemberian pakan dan ekstra fooding yang baik.

Jika cara diatas anda terapkan secara rutin terhadap lovebird kesayangan anda, maka lambat laun mental lovebird anda akan terbentuk dengan sendirinya, sehingga tidak akan malu dan takut lagi saat diajak lomba. Untuk lebih lengkapnya saya akan uraikan secara detail tentang cara melatih mental lovebird agar ngotot saat lomba.

1. Melatih mental lovebird dengan cara diajak jalan-jalan

Lovebird yang sering diajak jalan-jalan, sering melihat keramaian, kendaraan yang lalu lalang, serta sering melihat burung sejenis tentu lama-kelamaan mentalnya akan lebih terlatih dan terasah, sehingga akan menjadi lovebird yang pemberani.

Jika anda berkunjung kerumah teman atau saudara, dan kebetulan anda tidak sedang repot, cobalah untuk mengajak lovebird anda jalan-jalan kerumah teman atau saudara anda tersebut. Jika ia memiliki lovebird, maka bisa digantang dengan lovebird milik teman/saudara anda, tapi jika ia tidak memiliki lovebird juga tidak masalah, anda bisa menggantangnya diteras sambil ngobrol dan ngopi tentunya.

Saat ada acara latber atau latpres, ajaklah lovebird anda ke event tersebut. Anda tidak harus mengikutsertakan lovebird anda dalam lomba, tapi cukup digantang saja dan dipertemukan dengan lovebird lainnya. Mengajak lovebird ke acara lomba juga akan melatih burung agar tidak takut dengan keramaian.

2. Melatih mental lovebird dengan lovebird lain

Coba gantang lovebird anda dengan lovebird lain yang bermental jawara, caranya anda bisa mengikutsertakan dalam latber kecil-kecilan. Atau anda bisa mengajak lovebird teman anda untuk sparing partner, karena biasanya sebagai seorang lovebird mania tentu anda memiliki teman atau komunitas sesama lovebird mania.

Jika lovebird anda masih ketakutan saat melihat keramaian atau melihat lovebird lain, triknya adalah anda cukup membuka separuh kerodong saja, jangan dibuka secara full, agar lovebird anda tidak ngedrop dan stress.

3. Pahami karakter lovebird anda, temukan setelan harian dan setelan lomba

Memahami karakter burung peliharaan sendiri sangatlah penting, karena jika bukan anda yang memahaminya, siapa lagi yang akan memahami lovebird milik anda sendiri. Setiap hari anda merawat lovebird anda, mulai dari memandikan, memberi pakan, membersihkan kandang, menjemur, memaster, dan lain sebagainya. Pastinya anda akan tahu bagaimana karakter burung anda, bagaimana setelan EF harian yang tepat, bagaimana settingan sebelum lomba, serta bagaimana mood burung anda hari ini, apakah mampu untuk diajak lomba atau tidak.

Jika anda dapat memahami karakter lovebird anda dengan baik, maka tentunya anda akan dapat melatih mental burung anda sesuai dengan karakternya.

Itulah tips cara melatih mental lovebird agar ngotot saat lomba yang paling sering dilakukan oleh para lovebird mania, baik itu lovebird mania breeding ataupun pribadi. Semoga bermanfaat.