Cara Memandikan Lovebird Yang Baik Dan Benar

Kicau-Burung.com -Setiap pecinta lovebird harus mengetahui cara memandikan lovebird yang benar, karena burung yang satu ini termasuk burung yang memerlukan perawatan yang baik, termasuk salah satunya dalam hal mandi. Karena jika lovebird jarang dimandikan, selain bulu-bulunya rusak juga tidak bisa tampil maksimal baik itu saat lomba ataupun saat kicauan harian.

Perawatan harian lovebird yang baik akan menentukan kualitas lovebird, dimana jika lovebird dirawat dengan baik setiap hari maka karakter asli burung berkicau tersebut akan muncul dan berpeluang bisa ngekek panjang saat lomba. Begitu juga dengan hal mandi, cara memandikan lovebird dilakukan berdasarkan kebiasaan dan karakter dari lovebird itu sendiri. Jika sejak kecil lovebird sudah terbiasa dengan mandi semprot, maka sampai dewasa pun cara memandikan lovebird tersebut juga harus disemprot. Begitu pula jika sejak kecil lovebird terbiasa dengan mandi karamba, maka sampai dewasa lovebird juga harus dimandikan dengan mandi karamba.

cara memandikan lovebird

Itulah sebabnya jika anda membeli lovebird dewasa, anda harus menanyakan kepada pemilik sebelumnya mengenai cara memandikan lovebird, setelan harian, pakan harian, dan perawatan yang lainnya. Sehingga burung lovebird anda tidak akan stress akibat pergantian pemilik dan perubahan pola perawatan harian.

Cara memandikan lovebird yang benar


Secara umum cara memandikan lovebird antara satu lovebird dengan lovebird yang lainnya adalah hampir sama, yaitu kalau tidak disemprot ya dimandikan dengan karamba. Jangan memandikan lovebird dengan cara burung dan kandangnya dicelupkan kedalam tong besar yang berisi air penuh, karena jika salah dapat menyebabkan kematian.

1. Seperti halnya burung yang lain, lovebird juga harus dimandikan setiap pagi antara jam 07 sampai jam 09, atau tergantung cuaca. Sebelum dimandikan sebaiknya lovebird diangin-anginkan terlebih dahulu sekitar 30 menitan, agar burung tidak kaget bila setelah lepas kerodong langsung dimandikan.

2. Mandikan lovebird dengan menggunakan spay atau karamba, sesuai dengan karakter dan kebiasaan dari lovebird itu sendiri. Umumnya para pecinta lovebird lebih memilih memandikan burung dengan cara spayer, karena karakter lovebird jarang yang suka dengan cara mandi karamba. Semprotlah lovebird dengan menggunakan sprayer dari sisi atas atau samping, sesuai dengan kebiasaan mandinya. Karena jika lovebird biasa disemprot dari samping, akan kaget jika tiba-tiba mandi dengan cara disemprot dari atas, begitu pula sebaliknya.

3. Biasakan memandikan lovebird sampai basah kuyup, ini bertujuan agar lovebird bisa mengeluarkan karakter aslinya serta meningkatkan performa dan stamina. Lakukan mandi basah kuyup tersebut sejak lovebird masih muda alias paud.

4. Biarkan lovebird didis/ mengepak-ngepakkan sayap dan membersihkan bulu-bulunya dengan paruh, baru setelah bulu tidak terlalu basah bisa anda jemur dibawah sinar matahari. Penjemuran lovebird yang baik adalah dipagi hari saat sinar matahari masih segar, batas maksimal penjemuran adalah sebelum jam 10, karena jika diatas jam 10 biasanya matahari sudah cukup terik.

5. Setelah dijemur, lovebird digantung/ digantang ditempat yang teduh dan sejuk seperti teras rumah atau dibawah pohon yang rindang sambil diperdengarkan suara masteran, karena ditempat yang teduh dan tenang tersebut lovebird bisa beristirahat sambil merekam suara-suara masteran yang anda berikan untuk kemudian ditirukan.

Selain mandi pagi, anda juga dapat mengkombinasikan mandi malam untuk menstabilkan birahi lovebird kesayangan anda, karena terapi mandi malam dipercaya mampu menurunkan birahi dan menstabilkan birahi khususnya saat menjelang lomba.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara memandikan lovebird yang baik dan benar menurut pemahaman saya pribadi. Jika cara memandikan lovebird tersebut menurut anda kurang benar, mohon untuk koreksi dan masukannya demi kemajuan blog ini dalam memberikan informasi mengenai tips burung berkicau.

Pencarian:

  • Cara memandikan lovebird yang benar
  • Cara memandikan lovebird yang baik
  • Memandikan lovebird dengan semprot
  • Memandikan lovebird dengan karamba
  • Memandikan lovebird sampai basah kuyup