Cara Memaster Lovebird Agar Bisa Ngekek Panjang

Kicau-burung.com -Memaster lovebird adalah bagian penting dalam memelihara burung paruh bengkok tersebut, karena lovebird yang jarang dimaster tentu tidak akan sulit menjadi lovebird yang berkualitas dan kemungkinan besar tidak akan bisa ngekek panjang. Memaster lovebird adalah cara untuk mengajari lovebird agar bisa ngekek panjang menirukan suara masteran tersebut. Burung lovebird akan mendengar dan merekam suara masteran yang kemudian akan ditirukan sesuai dengan masteran yang diberikan.
cara memaster lovebird
Memaster lovebird
Suara masteran yang cocok untk lovebird adalah dengan menggunakan burung lovebird lain yang memiliki kualitas baik dan bisa ngekek panjang dengan membawakan irama lagu yang baik. Jika tidak memiliki masteran burung lovebird, anda bisa memaster lovebird dengan menggunakan musik mp3 yang berisi kicauan lovebird juara ngekek panjang.

Cara memaster lovebird yang paling baik adalah dilakukan sejak lovebird masih anakan, bisa sejak lahir atau ketika sudah berumur 1-3 bulan. Semakin cering dan semakin cepat anakan lovebird diperdengarkan suara masteran, maka akan semakin baik pula daya ingat lovebird untuk menirukan suara masteran tersebut.

Cara memaster lovebird agar ngekek panjang


1. Memaster lovebird sejak masih muda

memaster anakan lovebird
Anakan lovebird
Seperti yang sudah saya singgung diatas, bahwa memaster lovebird bisa dilakukan sedini mungkin. Cara ini banyak dilakukan oleh para breeding dan para pencetak lovebird jawara, dimana mereka sudah mulai memperdengarkan suara masteran sejak dini. Daya ingat lovebird anakan masih sangat fresh karena belum terkontaminasi dengan suara-suara lain, sehingga anakan lovebird akan lebih mudah mengingat suara masteran yang pertama kali didengarkan.

2. Memaster lovebird saat mabung

Saat lovebird sudah dewasa dan mulai mabung pertama, saat itulah anda harus memberikan masteran secara intensif. Pasalnya lovebird yang sedang mabung akan lebih banyak beristirahat dan diam, sehingga akan lebih mudah dalam menerima suara masteran. Lovebird yang sedang dalam kondisi mabung perlu dilakukan perawatan khusus, selain itu juga harus diletakkan ditempat yang tenang dan sunyi, agar lovebird bisa full istirahat dengan baik, sehingga akan lebih mudah pula dalam pemasteran.
Baca: Cara perawatan lovebird mabung
3. Memaster lovebird harian

Dalam perawatan harian lovebird, anda tidak boleh melupakan yang namanya pemasteran, karena ini sangat penting dan erat kaitannya dengan kualitas lovebird yang dihasilkan. Anda dapat memaster lovebird setiap hari secara rutin pada jam-jam berikut ini.

Pada pagi hari setelah shalat subuh atau pada saat lovebird sengan terbangun dari tidur, itu merupakan saat yang tepat untuk memaster semua jenis burung, karena pada saat pagi burung masih dalam keadaan fresh, memiliki daya ingat dan daya resap yang segar, sehingga akan lebih mudah dalam pemasteran.

Saat siang hari setelah burung dimandikan dan dijemur, anda bisa tetap membrikan suara masteran lovebird ngekek panjang sambil burung dalam keadaan dikerodong atau diangin-anginkan ditempat yang tenang dan sejuk.

Saat sore hari sekitar jam 4 sampai jam 6 burung juga bisa diberi suara masteran, kemudian dilanjutkan pemasteran pada malam hari saat burung beristirahat. Namun ada juga lovebird mania yang tidak memberikan masteran pada malam hari, dan membiarkan lovebird kesayangannya beristirahat total. Adapula lovebird mania yang hanya memberikan masteran khusus pada malam hari, sedangkan untuk siang hari dibiarkan berkicau dan beraktifitas seperti biasa. Semua tergantung keyakinan dan kebiasaan dari si pemilik burung tersebut, juga tergantung dari karakter dari lovebird itu sendiri.


Cara memaster lovebird yang tepat

1. Memaster lovebird dengan burung lovebird masteran

Para pencetak lovebird juara biasanya memiliki lovebird jawara yang khusus digunakan untuk masteran, sehingga ketika lovebird masih anakan sudah mulai didekatkan dengan lovebird masteran tersebut. Syaratnya lovebird masteran jangan sampai melihat lovebird indukan, agar tidak terjadi pertarungan dari kedua lovebird tersebut.

Jika anakan lovebird yang dimaster sudah lepas loloh dan sudah dipisahkan dari induknya, maka anda dengan mudah bisa meletakkan anakan lovebird yang akan dimaster tersebut didekat burung lovebird masteran yang akan mengajarkan pada anakan tersebut bagaimana cara ngekek panjang dan bagaimana cara membawakan lagu ngekek yang baik.

 2. Memaster lovebird dengan musik mp3

Ini adalah cara memaster lovebird yang lazim dilakukan oleh para lovebird mania yang tidak memiliki burung masteran. Anda bisa mendownload suara masteran lovebird ngekek panjang yang banyak tersedia di internet. Pilihlah suara masteran lovebird ngekek panjang yang memiliki irama yang baik serta dilengkapi dengan jeda beberapa detik untuk lovebird tersebut beristirahat mendengarkan, sehingga lovebird tidak akan merasa bingung dan bosan.

Letakkan masteran lovebird mp3 tersebut didekat kandang, setel dengan volume suara sedang saja, jangan terlalu keras dan jangan terlalu pelan. Letakkan burung yang dimaster pada tempat yang tenang, lebih baik jika menggunakan kamar khusus untuk memaster burung. Sehingga burung tidak akan terganggu dengan suara bising dari luar atau terganggu oleh orang yang lalu lalang lewat didekat burung.

Itulah sedikit ulasan mengenai cara memaster lovebird yang tepat agar bisa ngekek panjang. Anda dapat mencoba beberapa cara diatas, kemudian anda amati kira-kira cara pemasteran mana yang lebih cocok dengan karakter lovebird kesayangan anda.