Cara Mengobati Kutu Lovebird Dengan Daun Sirih

Mengobati kutu lovebird -Salah satu penyakit lovebird yang cukup mengganggu baik dari segi performa maupun keindahan bulu lovebird adalah penyakit kutu. Lovebird yang terserang kutu sama halnya seperti manusia, pasti akan merasa sangat tersiksa karena kutu dapat menyebabkan rasa gatal disekujur badan. Sehingga mau tidak mau kita harus mencari solusi dan cara mengobati kutu lovebird tersebut.
cara mengobati kutu lovebird
cara mengobati kutu lovebird

Lovebird yang kutuan akan mengurangi performa baik dalam lomba ataupun dalam kicauan harian, karena lovebird akan lebih sering menggaruk-garuk badan menggunakan paruh atau kaki, sehingga akan lebih jarang berkicau. Jika hanya untuk kicauan harian mungkin tidak terlalu masalah, tapi jika dalam event atau lomba, tentu akan sangat mempengaruhi kinerja lovebird dan penilaian lomba.

Selain itu penyakit kutu yang sudah terlalu parah juga dapat mengakibatkan kerontokan bulu, karena lovebird akan mencabuti bulu-bulu yang terasa gatal. Parahnya lagi, lovebird bisa kekurangan darah dan menjadi kurus atau nyilet, karena banyak darah yang dihisap kutu.

Untuk mengatasi hal tersebut disini saya akan membagikan tips cara mengobati kutu lovebird dengan menggunakan daun sirih. Cara ini adalah cara mengatasi kutu lovebird yang paling alami dan tanpa modal. Jadi selain aman dan tidak membahayakan burung, juga murah atau bahkan tanpa modal, sebab anda dapat memetik daun sirih dikebun atau minta ke tetangga yang memiliki tanaman sirih.

Sebenarnya banyak sekali produk vitamin dan obat untuk mengobati kutu lovebird yang dapat anda beli di kios burung atau anda beli secara online. Tapi untuk membeli obat kutu tentu anda perlu modal, sedangkan mengobati kutu lovebird dengan daun sirih bisa dibilang tanpa modal.

Cara mengobati kutu burung lovebird


Cara ini sudah saya praktekkan sendiri saat salah satu lovebird saya kutuan. Lovebird tersebut bukan burung rawatan saya sejak kecil, jadi lovebird yang saya beli beberapa waktu yang lalu. Jika lovebird rawatan saya dari kecil kemungkinan aman dari kutu, karena rajin saya mandikan setiap pagi,  saya bersihkan kandang dari kotoran, dan mengganti pakan serta air minum setiap hari.

Awalnya saya biarkan saya lovebird yang kutuan tersebut, hanya rutin saya mandikan setiap pagi. api setelah beberapa waktu lama-kelamaan lovebird tersebut menjadi lebih sering garuk-garuk, jarang berkicau, mencabuti bulu, serta bertambah kurus. Karena kasihan dan takut menular ke lovebird saya yang lain, akhirnya sayapun mencari cara mengatasi kutu lovebird tersebut. Dari artikel yang saya baca, ternyata daun sirih dapat digunakan untuk mengobati kutu burung, salah satunya adalah burung lovebird.
cara mengatasi kutu lovebird
Gambar daun sirih


Cara mengatasi kutu lovebird dengan daun sirih

  1. Ambil daun sirih yang masih segar, cuci dengan menggunakan air bersih
  2. Rebus daun sirih tersebut dengan air, biarkan sampai mendidih dan air rebusan tinggal setengahnya saja.
  3. Biarkan air daun sirih dingin, kemudian masukkan kedalam sprayer
  4. Semprotkan air rebusan daun sirih tersebut dengan sprayer untuk memandikan burung lovebird
  5. Lakukan cara tersebut setiap hari sampai lovebird terbebas dari kutu burung
CATATAN:

Untuk menjaga agar lovebird tidak terserang kutu, lakukan perawatan burung seperti dibawah ini:
  1. Mandikan burung secara rutin setiap hari, atau minimal 3 hari sekali
  2. Bersihkan kandang dari kotoran setiap hari, atau minimal 2 hari sekali
  3. Ganti atau tambahkan pakan setiap hari
  4. Ganti air minum setiap hari
  5. Jemur burung dipagi hari, yaitu sebelum jam 10 pagi
  6. Berikan pakan dan ekstra fooding yang cukup
  7. Berikan vitamin burung bila perlu, untuk menambah nutrisi burung dan menjaga kesehatan burung.
Itulah cara mengobati kutu lovebird dengan daun sirih yang direbus dan digunakan untuk memandikan burung lovebird kesayangan anda. Jika anda menerapkan cara diatas dengan benar, maka penyakit kutu pada burung lovebird anda akan hilang.