Cara Menjodohkan Burung Lovebird Muda Dan Menjodohkan Lovebird Dewasa

Kicau-burung.com -Cara menjodohkan burung lovebird pada dasarnya hampir sama dengan menjodohkan jenis burung lainnya. Seperti halnya burung merpati yang baru mau kawin dan berproduksi, jika sudah merasa cocok dan berjodoh dengan pasangannya maka akan segera kawin dan bertelur. Sepasang lovebird jantan dan betina belum tentu akan berjodoh ketika disatukan didalam sebuah sangkar, sebab jika tidak berjodoh justru akan berkelahi dan saling menyakiti.

Dalam menjodohkan lovebird juga dibutuhkan teknik tertentu, karena burung lovebird juga memiliki feelling seperti layaknya manusia. Jika lovebird merasa tidak cocok dengan pasangan yang dijodohkan, maka meskipun disatukan didalam sebuah sangkar, tetap saja mereka tidak berjodoh dan tidak mau berproduksi.
cara menjodohkan lovebird
Lovebird berjodoh

Cara menjodohkan lovebird muda


Untuk membuat dua ekor burung lovebird yang berlainan jenis bisa berjodoh sebaiknya kedua ekor lovebird tersebut sudah mulai disatukan sejak masih muda, karena akan lebih sulit menjodohkan lovebird jika keduanya sudah dewasa dan siap untuk berproduksi. Adapun cara menjodohkan lovebird secara lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Pilih dua ekor burung lovebird jantan dan betina yang masih muda, kemudian masukkan kedalam satu kandang agar mereka saling mengenal.

2. Biarkan kedua ekor lovebird tersebut saling mengenal dan tumbuh dewasa bersama menjadi sepasang kekasih yang berjodoh. Tanda-tanda jika sepasang lovebird telah berjodoh adalah saling bercumbu beradu paruh, atau saling menyisir rambut.

3. Ketika lovebird sudah menginjak usia siap produksi, minimal 8 bulan keatas, atau lebih baik lagi jika sudah berumur sekitar 1 tahun. Masukkan sepasang lovebird berjodoh tersebut kedalam kandang ram/ kandang ternak lovebird.

4. Jangan lupa untuk memberikan sarang untuk bertelur (gelodok) kedalam sangkar ternak yang didalamnya sudah disediakan rumput kering, daun kering, ranting, dan sobekan kain.

5. Dalam waktu 3 sampai 10 hari, burung lovebird yang sudah berjodoh dan siap berproduksi biasanya akan bertelur.
menjodohkan lovebird
Lovebird tidak berjodoh

BACA JUGA: Cara budidaya ternak lovebird untuk pemula

Cara menjodohkan lovebird dewasa

1. Pilih dua ekor burung lovebird jantan dan betina yang sudah dewasa dan siap produksi, dengan warna apa saja sesuai selera anda.

2. Dekatkan kedua lovebird jantan dan betina tersebut, tetap didalam kandang masing-masing, dan hanya ditempelkan saja.

3. Biarkan kedua lovebird tersebut saling pandang dan saling mengenal terlebih dahulu.

4. Jika sudah saling mengenal dan tampak akrab, masukkan kedua lovebird berjodoh tersebut kedalam satu kandang.

5. Biarkan mereka saling bercumbu, saling mengadu paruh dan saling menyisir bulu.

6. Ketika dirasa sudah benar-benar berjodoh, pindahkan sepasang kekasih lovebird tersebut kedalam sangkar ternak. Berikan gelodok tempat untuk bertelur dan daun kering, rumput kering, ranting, serta sobekan kain didalamnya.

7. Tunggu selama 3 sampai 10 hari untuk sepasang lovebird tersebut kawin dan bertelur.

 Itulah tips cara menjodohkan lovebird, baik itu lovebird muda maupun lovebird dewasa, agar proses breeding atau ternak lovebird anda berjalan lancar dan sukses. Senoga bermanfaat.

Pencarian:

  • Menjodohkan lovebird
  • Cara menjodohkan lovebird muda
  • Cara menjodohkan lovebird dewasa
  • Agar lovebird cepat berjodoh
  • Ciri lovebird berjodoh