Ciri-Ciri Anakan/ Trotol Cendet Madura Kepala Hitam

Kicau-burung.com -Ada banyak sekali jenis burung cendet di nusantara, mulai dari cendet lokal peles, cendet semi, cendet jawa timur, cendet jawa barat, bahkan sampai cendet luar jawa, tapi yang paling fenomenal dan paling banyak dicari adalah jenis cendet madura. Alasannya adalah karena cendet madura memiliki banyak kelebihan dibanding jenis cendet lainnya. Hal itulah yang membuat para kicau mania banyak memburu trotol cendet madura, baik itu yang masih anakan/ trotol loloh dan lepas loloh, atau yang sudah dewasa sekalipun. Sehingga mau tidak mau para cendet mania harus mengetahui atau paling tidak memiliki referensi mengenai ciri-ciri anakan cendet madura, serta ciri-ciri cendet madura dewasa.

Bagi sebagian orang yang memiliki cukup uang akan memilih membeli cendet madura dewasa yang sudah jadi dan siap lomba, tapi bagi orang-orang dengan dana pas-pasan seperti saya, tentu lebih memilih membeli anakan cendet madura yang harganya jauh lebih murah. Selain harganya yang murah, memelihara anakan cendet sejak masih trotol bahkan masih lolohan akan memiliki sensasi dan kepuasan tersendiri saat cendet sudah tumbuh dewasa dan menjadi seekor cendet jawara.
ciri anakan cendet madura
Anakan cendet madura

Ciri-ciri trotolan cendet madura secara sepintas mungkin tidak jauh berbeda dengan jenis cendet lainnya, berbeda dengan ciri-ciri cendet madura dewasa yang sudah jelas tampak dari warna bulu yang dominan hitam, dimana warna hitam dikepala tampak full hitam kelam sampai ke tengkuk (cendet gondrong). Selain itu ciri-ciri cendet madura dewasa juga tampak dari bentuk tubuhnya yang ramping, panjang dan proporsional. Ditambah lagi dengan karakter suara yang keras dan serak memekakkan telinga, serta memiliki mental figter dan petarung sejati.

Para cendet mania meyakini bahwa cendet madura kepala hitam memiliki banyak kelebihan dibandingkan jenis cendet lainnya, meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa cendet semi dan cendet jawa terkadang justru malah bisa tampil menjadi juara saat lomba. Akan tetapi tetap saja tidak merubah pandangan para cendet mania bahwa cendet madura adalah jenis burung cendet terbaik di nusantara.

Ciri-ciri anakan/ trotolan cendet madura


Kebanyakan cendet mania yang tidak dapat membedakan ciri-ciri anakan cendet madura adalah mereka yang belum pernah secara langsung melihat dan memelihara anakan cendet madura tersebut. Jadi ketika akan membeli trotolan cendet madura, mereka hanya mencari referensi di internet ataupun bertanya kepada sesama cendet mania mengenai ciri-ciri trotolan cendet madura tersebut. Hal itulah yang terkadang membuat cendet mania tersebut tertipu ataupun salah dalam memilih anakan cendet madura.
ciri trotol cendet madura
Trotol cendet madura
Padahal jika anda sudah pernah sekali atau dua kali memelihara anakan cendet madura sejak masih lolohan sampai dewasa, ketika anda disuruh memilih dari beberapa anakan cendet, maka dengan sangat mudah anda dapat membedakan mana anakan cendet madura asli dan mana anakan cendet semi atau cendet peles. Oleh sebab itu dalam memilih anakan cendet madura dibutuhkan praktek dan terjun kelapangan secara langsung. Tidak masalah anda sekali tertipu atau salah saat memilih trotol cendet madura, tapi cukup sekali saja ya, karena selanjutnya anda akan dapat mengenali ciri-cirinya.

Secara sepintas, semua jenis anakan cendet hampir sama, karena memiliki warna, bentuk tubuh, dan ukuran yang hampir sama juga. Baru setelah beberapa bulan, anakan cendet tersebut akan melepaskan bulu-bulunya dan berganti dengan bulu dewasa. Nah ketika sudah berganti bulu dewasa inilah akan tampak dengan jelas mana cendet madura dan mana cendet non madura.
BACA JUGA: Ciri-ciri cendet madura kepala hitam dewasa
Meskipun demikian anda jangan berkecil hati, karena pada posting kali ini saya akan memberikan tips secara gamblang mengenai ciri-ciri trotol cendet madura tersebut. Jadi anda tidak perlu khawatir.

1. Anakan cendet madura memiliki postur badan yang langsing
Meskipun tidak semua cendet madura memiliki postur badan yang langsing, akan tetapi salah satu ciri anakan cendet madura yang tampak adalah memiliki postur badan yang lebih langsing dari jenis cendet lainnya. Jadi ketika anda dihadapkan pada beberapa ekor anakan cendet madura, maka pilihlah yang memiliki postur badan yang langsing.

2. Trotol cendet madura memiliki postur badan yang panjang
Anakan cendet madura memiliki bentuk badan yang indah, yaitu selain postur badan ramping juga panjang, sehingga akan tampak proporsional. Sehingga ketika disatukan dengan beberapa ekor anakan cendet, maka trotol cendet madura akan tampak lebih ramping dan lebih panjang.

3. Anakan cendet madura memiliki kepala pipih dan cepak memanjang
Cendet madura yang masih trotol sekalipun sudah tampak bahwa bentuk kepalanya sedikit berbeda dengan cendet lokal lainnya, yaitu memiliki bentuk kepala yang pipih dan cepak serta sedikit memanjang. Hal itu akan sangat kelihatan ketika anakan cendet madura disatukan dengan anakan cendet lokal lainnya.

4. Anakan cendet madura memiliki tatapan mata yang tajam
Tatapan mata cendet madura sudah terlihat sangar dan tajam sejak masih anakan, jadi tidak seperti anakan cendet lainnya yang terkadang memiliki tatapan mata yang kosong. Hal inilah yang cukup jelas menjadi salah satu ciri anakan cendet madura.

5. Trotol cendet madura memiliki warna hitam disekeliling mata lebih dominan
Setiap trotol cendet pasti memiliki warna hitam disekitar mata, akan tetapi warna hitam tersebut berbeda-beda, ada yang tipis, ada yang kusam, ada yang tebal, dan ada yang tebal dan tampak hitam legam. Nah yang terakhir itulah yang kemungkinan besar adalah ciri trotol cendet madura. Karena biasanya trotol cendet yang sudah memiliki warna hitam disekitar mata yang hitam legam dan tampak menyatu sampai keatas paruh, saat dewasa nanti akan menjadi cendet gondrong atau cendet full kepala hitam.

6. Dan masih banyak lagi ciri-ciri anakan cendet madura kepala hitam yang dapat anda gali dan anda teliti sendiri ketika anda sudah terjun langsung kelapangan untuk memilih dan memelihara anakan cendet kepala madura kepala hitam tersebut. Sekian dan semoga bermanfaat.