Lovebird Jalal: Pesaing Lovebird Kusumo

Lovebird jalal -Berbicara tentang lovebird kusumo memang tidak ada habisnya, mulai dari prestasi, kualitas ngekek, gaya bertarung, serta perawatan hariannya. Tapi jangan salah, ternyata lovebird kusumo memiliki rival alias pesaing. Siapa pesaing lovebird kusumo tersebut? Lovebird jalal, ya.. lovebird jalal adalah pesaing lovebird kusumo. Bahkan dalam beberapa event nasional, lovebird jalal mampu mengalahkan sang juara bertahan lovebird kusumo.
lovebird jalal
Lovebird Jalal

Dalam event tingkat nasional yang bertajuk Asia Afrika Cup yang berlokasi dibandung, lovebird jalal mengalahkan lovebird kusumo. Selain itu, dalam event tingkat nasional pula yaitu dalam rangka BnR Award 2015, lovebird jalal juga mampu menjadi lawan tangguh lovebird kusumo, bahkan mampu mengalahkan lovebird kusumo.

Sekilas tentang lovebird jalal pesaing lovebird kusumo

Lovebird jalal merupakan lovebird berjenis kelamin jantan milik Om Ade Sulistyo (KKLB Bandung). Lovebird jalal merupakan salah satu jawara blok barat (Jawa barat) yang telah cukup sering menjadi jawara dalam event tingkat nasional, meskipun secara keseluruhan prestasinya masih dibawah lovebird kusumo.

Lovebird jalal berjenis kelamin jantan

Siapa bilang jika hanya lovebird betina saja yang bisa ngekek panjang dan mampu menjadi primadona dalam lomba. Buktinya lovebird jalal yang berjenis kelamin jantan juga mampu menjadi jawara dalam lomba, bahkan tak tanggung-tanggung, ia mampu memenangkan event tingkat nasional dan menjadi salah satu pesaing lovebird kusumo.

Menurut penuturan Om Ade sulityo selaku pemilik, lovebird jalal adalah lovebird impor yang awalnya akan dijadikan sebagai indukan (pejantan), namun karena memiliki kemampuan ngekek panjang dan memiliki materi isian yang mewah, maka Om Ade mencoba mengikutsertakan lovebird jalal dalam lomba, ternyata malah menjadi jawara.
Ade Sulistyo pemilik lovebird jalal
Om Ade Sulistyo pemilik lovebird jalal

Hal itulah yang membuat lovebird jalal terbilang lovebird unik, selain berjenis kelamin jantan ternyata perawatan lovebird jalal juga cukup sederhana sekali, untuk lebih lengkapnya silahkan ikuti terus ulasan berikut ini.

Perawatan lovebird jalal

Tidak ada yang istimewa dari perawatan lovebird jalal, karena lovebird jalal tidak dimandikan seperti burung lovebird pada umumnya. Selain tidak mandi, lovebird jalal juga tidak dijemur dan tidak dikerodong. Kenapa demikian? Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa lovebird jalal merupakan lovebird import yang awalnya ingin dijadikan sebagai pejantan indukan, jadi tidak terbiasa dengan mandi, jemur, dan kerodong seperti lovebird lomba pada umumnya.

 Pakan lovebird jalal

Seperti halnya perawatan, dalam hal pakan pun lovebird jalal tidak menggunakan pakan yang istimewa. Pakan utamanya hanyalah milet putih, sedangkan untuk urusan EF (Ekstr fooding), Om Ade hanya memberikan jagung muda saja. Namun untuk perawatan lomba atau sehari sebelum dilombakan, lovebird jalal diberikan pakan racikan khusus.

Hal lain tentang lovebird jalal

Satu hal yang sedikit unik dari lovebird jalal adalah cara menurunkan birahi sebelum turun ke event nasional. Jika hari minggu lovebird jalal akan diikutserakan dalam event besar, maka birahinya harus diturunkan dahulu. Caranya yaitu pada hari jum'at atau sabtu biasanya lovebird jalal diikutkan pada kelas latberan. Tujuannya bukan untuk mengejar prestasi latber tersebut, melainkan hanya untuk membuang birahi serta pemanasan agar kondisinya bisa mencapai puncak (prima) saat diikutkan dalam event besar tersebut.

Sahabat kicau-burung.com, itulah sedikit ulasan tentang lovebird jalal pesaing lovebird kusumo yang sudah banyak merebut juara dalam berbagai event besar. Bahkan dalam event BnR Award 2015, lovebird jalal mampu memborong delapan trophy sekaligus. Hal itu merupakan moment paling berkesan bagi lovebird jalal, ungkap Om Ade.