Manfaat Krokot Untuk Lovebird: Mendongkrak Power Dan Stamina

Kicau-burung.com -Manfaat krokot, atau tumbuhan yang sering kita temui disekitar pekarangan rumah ternyata banyak sekali. Selain bermanfaat untuk manusia, ternyata daun krokot juga bermanfaat untuk burung lovebird dan kenari. Salah satu manfaat krokot untuk lovebird adalah untuk mendongkrak power dan stamina saat lomba.
Manfaat krokot untuk lovebird
Tanaman krokot
Untuk lovebird mania yang tinggal diperkotaan mungkin sudah agak sulit menemukan tanaman krokot disekitar rumah, karena diperkotaan sudah sangat jarang sekali lahan kosong untuk tumbuh tanaman krokot. Lain halnya dengan para lovebird mania yang tinggal di pedesaan, pasti sangat akrab dengan tanaman krokot tersebut, bahkan terkadang tumbuh liar dan sangat banyak sekali disekitar pekarangan rumah.

Sebelum membaca tulisan ini mungkin anda hanya menganggap bahwa tanaman krokot hanyalah rumput liar yang tidak ada manfaatnya, hanya membuat kotor pekarangan rumah saja. Tapi setelah membaca tulisan ini, sekarang anda menjadi tahu betapa besar manfaat krokot untuk burung lovebird, sehingga akhirnya anda akan mencari dan memanfaatkan rumput krokot tersebut untuk pakan lovebird kesayangan anda.

Manfaat krokot untuk lovebird


Seperi yang telah saya singgung diatas bahwa krokot bermanfaat untuk mendongkrak power dan stamina lovebird, selain itu juga dipercaya mampu membuat suara lovebird menjadi keras, lebih jernih dan bahkan menambah durasi kekekan. Jadi lovebird yang rutin diberi daun krokot setiap hari akan lebih ngedur dan ngotot saat lomba maupun saat kicauan harian.
krokot untuk lovebird
Lovebird violet

Kandungan dalam tanaman krokot


Didalam daun krokot terdapat kandungan omega 3 yang cukup besar, selain itu juga mengandung asam linolat, kalsium, kalium, vitamin E, asam amino, serta bermacam mineral yang baik untuk kesehatan manusia dan burung.

Selain itu kandungan daun krokot yang lainnya adalah banyak mengandung vitamin A,B,C, dan I-noadrenalin, juga mengandung senyawa kimia dopamin dan dopa. Tidak hanya itu saja, didalam krokot terdapat beberapa vitamin B kompleks seperti riboflavin, niacin, pydoxin, dan karotenoid.

Sedangkan kandungan mineral dalam tanaman krokot diantaranya adalah zat besi, magnesium, kalsium, kalium, dan mangan. Selain itu juga mengandung zat anti oksidan seperti betalain alkaloid dan beta-xanthins. Maka dari itulah tanaman krokot menjadi obat yang bermanfaat bagi manusia dan power lovebird.

Bagaimana agar krokot dapat bermanfaat mendongkrak stamina lovebird? 


Tanaman krokot dapat dijadikan sebagai pendongkrak stamina lovebird dalam hal power dan durasi kerja, yaitu dengan cara memberikan krokot tersebut pada burung lovebird setiap hari. Adapun cara pemberiannya adalah sebagai berikut ini:

Agar manfaat krokot dapat bekerja secara maksimal bagi burung lovebird, maka harus dilakukan pemberian yang benar dan sesuai aturan.

1. Krokot setelah dicabut bisa langsung diberikan kepada burung lovebird, caranya adalah bersihkan daun krokot beserta batangnya dengan menggunakan air bersih, kemudian digantungkan pada sela-sela jeruji sangkar burung.

2. Krokot bisa dibuat tepung krokot, baru kemudian diberikan kepada lovebird kesayangan anda. Cara pembuatan tepung krokot adalah: Cuci sampai bersih daun krokot dan batangnya, kemudian dikeringkan sampai kering sempurna, setelah itu anda dapat menghaluskan krokot kering dengan menggunakan blender atau gilingan. Setelah menjadi tepung krokot, maka anda dapat memberikannya secara rutin.

3. Pemberian krokot melalui media jangkrik, caranya adalah berikan tanaman krokot sebagai makanan jangkrik, baru kemudian jangkrik tersebut diberikan pada burung kesayangan anda. Jika pemberian krokot sebagai pakan jangkrik dilakukan hari ini, maka pemberian jangkrik kepada burung bisa dilakukan keesokan harinya. Tujuannya adalah agar tanaman krokot dapat meresap kedalam tubuh jangkrik sebelum diberikan kepada burung. Cara tersebut dipercaya dapat memberikan efek yang lebih optimal terhadap burung.
BACA JUGA: Pakan lovebird agar ngekek panjang
Masalahnya apakah burung lovebird makan jangkrik? Jawabannya adalah: Iya.. karena tidak sedikit lovebird mania yang memberikan pakan jangkrik kepada lovebird kesayangannya secara rutin.

Demikianlah sedikit uraian tentang manfaat krokot untuk lovebird yang dapat saya tuliskan, semoga dengan membaca tulisan ini anda para lovebird mania dapat lebih memaksimalkan kinerja burung kesayangan anda dengan memanfaatkan tanaman disekitar rumah anda.

Pencarian:

  • Manfaat krokot
  • Manfaat krokot untuk lovebird
  • Krokot untuk meningkatkan stamina lovebird
  • Fungsi krokot untuk lovebird
  • Kegunaan krokot untuk lovebird
  • Tanaman krokot