Melatih Cendet Mandi Sendiri Dengan Terapi Mandi Hujan

Kicau-burung.com -Kebanyakan cendet mania memilih untuk memandikan cendet kesayangannya dengan cara mandi semprot. Alasan dan pertimbangannya bermacam-macam, ada yang karena burung tidak mau mandi sendiri, ada pula yang ingin lebih praktis dan tidak menimbulkan becek disekitar burung, karena burung cendet mandi sendiri biasanya menimbulkan banyak cipratan air didalam sangkar, bahkan dilantai sekitar sangkar. Tapi jika cendet terbiasa dengan mandi semprot, ia tidak akan mandi sendiri meskipun disediakan air yang cukup banyak diwadah tempat mandi, sehingga tidak ada salahnya jika anda mencoba melatih cendet mandi sendiri dengan menggunakan tips yang akan saya berikan berikut ini.

Ada banyak cara melatih cendet agar mau mandi sendiri, tapi khusus untuk posting kali ini saya akan mengulas tentang cara melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan. Jadi mandi karamba yang saya maksud disini bukanlah mandi dengan menggunakan kandang khusus karamba, melainkan hanya menggunakan tempat mandi burung yang diletakkan didalam sangkar. Wadah mandi tersebut ukurannya lebih besar dari tempat minum burung yang dapat dengan mudah anda beli di kios burung dengan harga yang bervariatif, mulai dari 1500-20.000 rupiah.

cara melatih cendet mandi
Cendet ganteng habis mandi

Cara melatih mandi cendet dengan terapi mandi hujan


Metode ini bukanlah saya dapatkan dari media internet atau dari saran para cendet mania indonesia, melainkan saya peroleh berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri selaku pemelihara cendet alias cendet mania juga.
melatih cendet mandi sendiri
Gadis cantik juga mandi
Awalnya saya memang cukup rajin melakukan terapi mandi hujan untuk cendet kesayangan saya, karena memang saya merasakan sendiri banyak perubahan yang positif terhadap kualitas cendet kesayangan saya.
BACA: Cara dan manfaat terapi mandi hujan untuk cendet
Pada saat saya melakukan terapi mandi hujan, sengaja saya letakkan cepuk tempat mandi didalam sangkar, kemudian saya ambil cepuk wadah pakan dan cepuk wadah minum. Pada saat itu hujan masih rintik-rintik terjadi cukup lama dan tidak kunjung deras, alhasil cendet kesayangan saya mungkin merasakan tidak puas dengan mandi air hujan yang hanya rintik-rintik saja.

Sehingga burung cendet pun menceburkan diri ke cepuk tempat mandi sambil mengepak-ngepakkan sayap agar seluruh bulu dan tumbuh menjadi basah. Setelah cukup basah kemudian didis sambil tetap mengepak-ngepakkan sayap, kebetulan saat itu tidak jadi hujan dan mendung pun perlahan menghilang.

Nah sejak saat itu saya akhirnya membiasakan untuk terapi mandi hujan cendet dengan menyediakan cepuk tempat mandi didalam sangkar, bahkan sekarang saya sudah jarang memandikan cendet dengan cara semprot. Saya lebih memilih memandikan cendet dengan karamba dengan menggunakan cepuk tempat mandi tersebut.

Caranya adalah cendet saya pancing terlebih dahulu dengan menggunakan menyemprotkan air menggunakan sprayer ukuran kabut, cukup sedikit saja dan jangan sampai basah. Maka cendet pun akan merasa kurang puas dengan semprotan tersebut, sehingga cendet akan dengan sendirinya menceburkan diri kedalam cepuk tempat mandi. Tapi pastikan bahwa sebelum menyemprot burung, anda sudah meletakkan cepuk tempat mandi berisi air penuh kedalam sangkar.

Dengan mandi karamba tersebut maka anda tidak perlu capek-capek meyemprot cendet dan menungguinya sampai cendet puas mandi, karena cendet akan mandi sesuai keinginannya sendiri sampai puas. Ini akan lebih efektif dalam hal waktu dan tenaga, terlebih jika anda adalah cendet mania yang tidak hanya memelihara satu ekor cendet saja. Karena seorang pencetak cendet jawara biasanya akan memelihara banyak cendet dirumahnya, bahkan mungkin jumlahnya diatas sepuluh ekor.

Demikianlah sedikit ulasan tentang cara melatih cendet mandi sendiri dengan terapi mandi hujan yang dapat saya bagikan kepada sahabat cendet mania semua. Semoga ulasan ini menambah wawasan kita sebagai kicau mania, karena mungkin tips ini tidak hanya untuk burung cendet saja, tetapi juga bisa digunakan untuk jenis burung lainnya. Semoga bermanfaat.