Penyebab Umum Lovebird Macet Bunyi

Kicau-burung.com -Ada banyak sekali penyebab lovebird macet bunyi, penyebab tersebut bisa dikarenakan oleh faktor pemilik, faktor lingkungan, dan faktor dari lovebird itu sendiri. Dengan mengetahui penyebab lovebird macet bunyi secara specifik, diharapkan anda dapat menentukan langkah untuk mengatasinya.
penyebab lovebird macet bunyi
Lovebird macet bunyi
Lovebird  macet bunyi memang cukup menjengkelkan bahkan membuat frustasi pemiliknya, karena sudah capek-capek merawat burung setiap hari, hasilnya malah tidak mau berkicau atau bahkan tidak mau bunyi sama sekali. Alhasil bukan burungnya saja yang stress, pemiliknya pun juga ikut-ikutan stress. hehehe...


Penyebab lovebird macet bunyi


Sebelum anda mengatasi lovebird macet bunyi, sebaiknya anda menganalisa terlebih dahulu kenapa dan apa penyebabnya sehingga lovebird anda bisa tiba-tiba macet bunyi.

1. Lovebird macet bunyi karena faktor pemilik


Seperti yang telah saya singgung diatas bahwa lovebird bisa macet bunyi dikarenakan oleh faktor pemilik yang kurang faham atau kurang serius dalam memelihara lovebird tersebut. Adapun penyebab lovebird macet bunyi karena faktor pemilik adalah sebagai berikut:
lovebird macet bunyi
Pemalas

A. Lovebird macet bunyi karena kurang perawatan

Burung lovebird sama seperti manusia, butuh kasih sayang dan perawatan dengan baik. Jika anda melalaikannya dan tidak merawatnya dengan baik. Lovebird yang tidak dirawat dengan sepenuh hati/ dirawat dengan setengah-setengah akan sangat sulit bisa rajin berkicau dan ngekek panjang, karena lovebird yang bisa ngekek panjang seprti yang sering anda lihat di video atau dilomba-lomba bukanlah semata-mata bisa ngekek dengan sendirinya. Perlu adanya perawatan khusus dan pelatihan yang rutin. Sehingga jika anda menginginkan lovebird yang juara tentu anda harus memberikan perawatan dan pelatihan yang benar.

Lovebird yang kurang perawatan juga akan mudah sakit dan stress, sehingga menyebabkan malas atau macet bunyi. Jadi jangan kemudian anda menyalahkan burung lovebird tersebut jika tiba-tiba macet bunyi, cobalah untuk mengkoreksi diri anda sendiri, apakah anda sudah memperlakukan lovebird anda dengan baik atau belum.

Ini sering terjadi ketika si pemilik burung terlalu sibuk dengan pekerjaan atau kegiatan tertentu, sehingga melupakan kewajibannya sebagai pemelihara burung (binatang peliharaan) yang wajib dirawat dengan baik.

B. Lovebord macet bunyi karena pakan tidak berkualitas

Pemilik lovebird yang hannya setengah hati memelihara burung biasanya juga hanya asal-asalan dalam memberikan pakan, yang penting burung diberi pakan dan tidak kelaparan. Ini salah besar jika anda menginginkan lovebird rajin berkicau, karena lovebird yang bisa ngekek panjang perlu diperhatikan kualitas pakan dan pemberian ekstra fooding (EF) nya.
BACA JUGA: Pakan lovebird agar bisa ngekek panjang
Setelan pakan dan EF harian dan setelan menjelang lomba sangat mempengaruhi terhadap performa burung. Selain itu anda juga harus memahami dan mengerti apa manfaat dan kegunaan dari pakan tersebut, karena setiap pakan tentu memiliki kandungan nutrisi berbeda-beda dan memiliki fungsi yang berbeda pula. Misalnya seperti kangkung dan biji kuaci yang berguna untuk meningkatkan birahi, atau daun kemangi yang berguna untuk menurunkan birahi. Sehingga ketika lovebird anda mengalami over birahi, sebaiknya pemberian daun kangkung dan biji kuaci dikurangi atau dihentikan terlebih dahulu.

2. Lovebird macet bunyi karena faktor lingkungan


Faktor lingkungan juga sangat mempengaruhi kualitas lovebird, karena lovebird menyukai lingkungan yang teduh dan tenang untuk beistirahat saat siang dan malam hari, atau juga ketika lovebird sedang mengalami masa mabung.
lovebird macet
Keramaian

A. Lovebird macet bunyi karena takut sesuatu

Ada kalanya burung lovebird anda terkadang takut terhadap sesuatu, misalnya takut terhadap binatang, suara-suara mesin, atau bahkan takut terhadap kendaraan. Jika itu terjadi pada lovebird anda, maka sebaiknya lovebird diletakkan ditempat yang aman dan nyaman, sehingga lambat laun mental lovebird akan pulih kembali dan bisa rajin berkicau seperti sedia kala.

B. Lovebird macet bunyi karena kalah bertarung

Lovebird yang kalah bertarung saat lomba juga bisa berdampak pada macet bunyi, ini dikarenakan lovebird mental lovebird ngedrop dan bisa berakibat pada stress. Cara yang paling tepat untuk mengatasinya adalah dengan menumbuhkan kembali mental burung tersebut, misalnya dengan megkarantina burung dan melakukan terapi khusus untuk beberapa saat. Agar mental lovebird tidah mudah drop, sebaiknya anda baca artikel berikut ini:
Cara melatih mental lovebird agar ngotot saat lomba

3. Lovebird macet bunyi karena faktor burung tersebut


Adapun faktor penyebab yang ketiga adalah faktor yang berasal dari burung itu sendiri, tapi meskipun demikian tetap saja penyebab utama dari faktor ini adalah beraal dari faktor luar lainnya.

1. Lovebird macet bunyi karena sedang mabung

Ini merupakan faktor alamiah, dimana setiap burung pasti akan mengalami yang namanya mabung alias rontok bulu. Pada saat sedang mabung, lovebird akan lebih banyak diam dan macet bunyi. Ini adalah hal yang wajar, dan anda tidak perlu memaksa lovebird untuk berbunyi. Anda harus sabar menunggu lovebird sampai selesai mabung dengan tetap memberikan perawatan khusus pada lovebird mabung.
BACA JUGA: Cara perawatan lovebird mabung

2. Lovebird macet bunyi karena stress

Ada banyak penyebab burung stress, bisa karena kalah bertarung, takut sesuatu, atau karena pakan dan perawatan yang buruk. Sebenarnya ini merupakan penyebab utama lovebird macet bunyi, sehingga jika anda ingin menyembuhkannya maka anda harus mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Burung yang macet bunyi karena stress biasanya agak sulit atau membutuhkan waktu yang cukup lama untuk disembuhkan. Selain itu juga membutuhkan terapi dan perawatan khusus untuk menyembuhkannya, sehingga anda harus mempelajari karakter lovebird tersebut dengan baik.

3. Lovebird macet bunyi karena sakit

Lovebird yang sedang sakit jangan dipaksa untuk berkicau, karena ujung-ujungnya bisa berakhir pada kematian. Berikanlah perawatan yang baik, vitamin, dan pakan yang baik agar lovebird segera sembuh dari sakitnya. Ketika burung sudah sembuh maka bisa anda ajak untuk berkicau lagi.

4. Lovebird macet bunyi karena birahi

Birahi lovebird juga menentukan terhadap performa dan kicauan burung. Burung yang sedang ovebr birahi atau kurang birahi tentu tidak akan bisa bekerja secara maksimal. Berikanlah pakan yang tepat sesuai dengan birahi lovebird anda. Jika lovebird sedang over birahi, maka berikanlah pakan yang dapat menurunkan birahi. Dan jika lovebird sedang kurang birahi, maka berikanlah pakan yang mengandung nutrisi yang berguna untuk meningkatkan birahi.

Itulah penyebab lovebird macet bunyi yang biasa terjadi pada burung kesayangan anda. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel