Perawatan Harian Lovebird Agar Ngekek Panjang

Kicau-burung.com -Dalam memelihara lovebird yang perlu diperhatikan adalah perawatan harian lovebird dan perawatan sebelum lomba agar bisa ngekek panjang. Pasalnya penilaian utama dari lovebird adalah berdasarkan kemampuan ngekeknya. Jika seekor lovebird sudah bisa ngekek panjang, maka trntu akan menaikkan nilai jual burung tersebut, karena jika sudah bisa ngekek panjang, tinggal dipoles sedikit lagi, maka lovebird tersebut bisa menjadi jawara dan memiliki nilai jual yang sangat tinggi.
perawatan harian lovebird
Lovebird jawara
Beberapa faktor yang mempengaruhi lovebird ngekek panjang selain perawatan harian lovebird dan perawatan lovebird sebelum lomba, juga ditentukan oleh faktor trah/ keturunan/ katuranggan. Sebab kebanyakan lovebird yang bisa ngekek panjang adalah berasal dari indukan lovebird yang memiliki kemampuan ngekek panjang pula. Maka kebanyakan para peternak/ breeding lovebird menggunakan indukan yang berkualitas ngekek panjang agar keturunannya kelak juga bisa ngekek panjang.

Banyak dari para lovebird mania menanyakan bagaimana sebenarnya perawatan harian lovebird agar bisa ngekek panjang. Pasalnya sudah banyak tips dan cara yang mereka dapatkan dari artikel-artikel di internet yang membahas cara perawatan harian lovebird, tapi setelah dipraktekkan tetap saja lovebird kesayangan mereka hanya bisa ngekek pendek-pendek atau bahkan ngetik saja.
perawatan harian lovebird ngekek
Lovebird jawara

Cara perawatan harian lovebird agar ngekek panjang


1. Rajin memandikan lovebird setiap hari

Mandikan lovebird kesayangan anda setiap hari pada jam 7 pagi. Proses pemandian bisa dengan cara disemprot dengan sprayer atau dengan cara mandi karamba dan mandi cepuk, semua tergantung kebiasaan dan karakter dari lovebird tersebut. Yang penting lovebird rutin dimandikan setiap hari sampai puas (basah kuyup). Untuk lebih lengkapnya silahkan baca artikel berikut ini:
Cara memandikan lovebird yang benar

2. Proses penjemuran lovebird usai mandi

Setelah dimandikan selanjutnya lovebird dijemur atau dikeringkan dibawah sinar matahari pagi selama kurang lebih 1 jam saja. Yang penting bulu lovebird sudah benar-benar kering dan tidak mengandung air lagi, sehingga bulu-bulu lovebird akan selalu tampak sehat, bersih, dan mengkilat.

3. Proses pemberian ekstra fooding

Setelah dijemur kemudian lovebird diangin-anginkan dan diberi EF (Ekstra Fooding) berupa jagung muda, kangkung, gabah beras merah, dan EF lainnya. Yang penting anda selalu memperhatikan dalam pemberian EF, jangan sampai kurang dan jangan terlalu berlebihan. Sehingga asupan nutrisi lovebird selalu seimbang, tidak over birahi dan tidak kekurangan birahi. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca ulasan pada topik berikut ini:
Pakan lovebird agar bisa ngekek panjang

4. Pemasteran dan pengerodongan lovebird

Pemasteran yang rutin merupakan kunci utama dari lovebird ngekek panjang, karena dengan lovebird dimaster secara rutin dengan suara ngekek lovebird bahkan sejak masih kecil (sedini mungkin) maka lovebird akan dengan mudah merekam suara masteran tersebut kedalam memori otaknya, sehingga akan semakin mudah dalam menirukannya.

Pemasteran lovebird agar bisa ngekek panjang dilakukan pada saat lovebird beistirahat setelah diberi EF pada point ke 3. Pemasteran akan lebih optimal jika dilakukan pada tempat yang tenang dan dalam keadaan dikerodong. Atur volume suara masteran agar jangan terlalu kencang, cukup pelan-pelan saja asal lovebird bisa mendengar suara masteran tersebut dengan jelas. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca:
Cara memaster lovebird agar bisa ngekek panjang.
Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara perawatan harian lovebird agar ngekek panjang. Cara diatas sudah banyak dilakukan oleh para lovebird mania, tapi tidak semua lovebird yang menerapkancara diatas kemudian langsung bisa ngekek panjang. Sebab seperti yang sudah saya jelaskan diatas, bahwa kualitas ngekek lovebird berasal dari trah/ keturunan induknya. Sedangkan pola perawatan harian adalah merupakan faktor pendukung lainnya. Semoga bermanfaat.