Ulat Bambu Bermanfaat Untuk Menurunkan Birahi Cendet

Kicau-burung.com -Ulat bambu memang sudah terbukti bermanfaat untuk menurunkan birahi cendet, dan bahkan mungkin ulat bambu ini menjadi senjata pamungkas bagi para cendet mania dalam hal menurunkan birahi cendet. Karakter cendet yang merupakan burung predator inilah yang menyebabkan burung tersebut mudah mengalami over birahi, oleh sebab itu anda harus benar-benar menjaga agar birahi cendet tetap stabil.

Terapi mandi malam, terapi mandi hujan, sesering mungkin memandikan cendet, dan pemangkasan ekstra fooding memang merupakan beberapa cara untuk menurunkan birahi cendet dan sekaligus menstabilkan birahi cendet. Akan tetapi cara tersebut terkadang kurang efektif karena membutuhkan waktu yang cukup lama serta membutuhkan kesabaran yang ekstra bagi pemelihara. Hal itulah yang mendasari para kicau mania memilih menggunakan ulat bambu untuk menurunkan birahi cendet. Sebab dengan menggunakan ulat bambu, birahi cendet akan lebih cepat dan lebih mudah ditekan.

ulat bambu untuk menurunkan birahi cendet
Gambar ulat bambu

Alasan kenapa ulat bambu dapat menurunkan birahi cendet


Ulat bambu atau yang sering dikenal dengan nama cilung adalah ulat yang biasa digunakan sebagai pakan hidup bagi ikan. Namun belakangan ini para cendet mania juga memanfaatkan ulat bambu tersebut sebagai alternatif untuk menurunkan birahi cendet.
menurunkan birahi cendet
Cendet over birahi
Ulat bambu adalah jenis ulat yang memiliki kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga penggunaannya untuk pakan cendet tidak boleh diberikan secara berlebihan atau diberikan setiap hari sebagai pakan/ EF harian, karena dapat membuat kegemukan pada burung cendet.

Ulat bambu tersebut hanya diberikan khusus pada burung cendet yang sedang over birahi saja, selebihnya jika birahi cendet sudah stabil tidak perlu diberi ulat bambu lagi. Karena jika terus diberikan ulat bambu, kandungan lemak dalam ulat bambu akan dengan cepat membuat cendet anda tampak gemuk dan mengembung, selain itu juga akan membuat cendet menjadi kurang birahi, sehingga tidak bisa ngotot dalam lomba.

Kandungan nutrisi ulat bambu


  1. Kandungan protein      : 15,70 persen
  2. Kandungan lemak        : 22,19 persen
  3. Kandungan serat kasar : 7,69 persen
  4. Kandungan air              : 61,73 persen
Dari data diatas dapat kita lihat bahwa didalam ulat bambu terdapat kandungan lemak yang cukup tinggi, sehingga pemberian ulat bambu untuk cendet harus benar-benar diperhatikan.

Selain bermanfaat untuk mengatasi cendet over birahi, ulat bambu juga bermanfaat untuk tambahan nutrisi bagi burung yang sedang mangalami masa mabung (moulting), selain itu juga bermanfaat untuk menambah berat badan burung yang terlalu kurus akibat kurang nutrisi. 
BACA: Cara mengatasi cendet over birahi
Demikianlah sedikit ulasan tentang manfaat ulat bambu untuk menurunkan birahi cendet yang dapat saya tuliskan, semoga artikel ini menambah wawasan kita sebagai kicau mania agar burung kesayangan kita bisa tampil lebih maksimal. Semoga bermanfaat.