Cara Agar Lovebird Nagen Saat Lomba

Kicau-burung.com -Memiliki burung lovebird nagen saat lomba serta bisa ngekek panjang ngedur tanpa ngetem merupakan impian bagi para lovebird mania. tapi hal tersebut tidak dapat diperoleh begitu saja, perlu kerja keras serta kesabaran dalam perawatan dan penyettingan. Sebab lovebird meskipun bisa ngekek panjang tapi sering turun tangkringan atau naik ke jeruji sangkar tetap tidak bisa disebut jawara dan akan sangat mengurangi penilaian lomba. Begitu pula jika lovebird bisa nagen ditangkringan tapi tidak bisa ngekek panjang, itu sama saja bohong, karena lovebird tersebut tentu tidak akan dilirik oleh juri.
lovebird nagen saat lomba
lovebird nagen saat lomba

BACA JUGA: Rahasia agar lovebird ngekek panjang
Ada banyak cara agar lovebird nagen saat lomba, tapi menurut penuturan dan pengalaman para pemain lovebird, hal yang paling menentukan agar lovebird bisa nagen saat lomba adalah dengan menjaga tingkat birahi burung. Sebab burung yang sering turun tangkringan dan ngeruji sangkar biasanya adalah lovebird yang memiki birahi tidak stabil alias over birahi. Jadi trik yang paling utama adalah dengan menstabilkan birahi lovebird sebelum lomba.

Cara agar lovebird nagen saat lomba


Untuk menstabilkan birahi lovebird anda harus menyettingnya lovebird paling tidak dilakukan 4 hari sebelum lomba. Caranya adalah dengan mengurangi pemberian ekstra fooding yang dapat mendongkrak birahi seperti kangkung dan jagung muda. Jadi jika lovebird anda sedang over birahi, sebaiknya sejak 4 hari sebelum lomba cukup diberikan millet putih dan canary seed saja.

Selain itu anda juga bisa memberikan ekstra fooding mentimun dan daun kemangi untuk menurunkan birahi lovebird, ditambah lagi dengan pola mandi secara rutin dua kali sehari yaitu pagi dan sore hari. Kurangi durasi penjemuran dan lakukan pengerodongan agar lovebird bisa beristirahat untuk mengumpulkan energi agar bisa mengeluarkan performa maksimal saat lomba.

SILAHKAN BACA:
Manfaat mentimun untuk menurunkan birahi lovebird
Manfaat daun kemangi untuk menurunkan birahi lovebird
Selain menstabilkan birahi lovebird, anda juga dapat mensiasati agar lovebird nagen saat lomba dengan cara menyemprot tangkringan 15 menit sebelum lomba, atau kira-kira satu sesi sebelum naik gantangan. Cara tersebut dimaksudkan untuk memberikan efek dingin dan nyaman bagi lovebird saat berada ditangkringan.

Trik yang lainnya adalah dengan memberikan plafon pada atap sangkar dan memberikan lapisan karpet berwarna merah atau hijau yang telah dilapisi dengan isolasi bening pada alas kandang. Hal tersebut dimaksudkan agar lovebird tidak naik ke jeruji sangkar dan tidak turun dari tangkringan menuju kealas sangkar.

Ada pula yang mengatakan jika memberikan pangkringan unik yang berbentuk T pada sangkar juga dapat membuat lovebird nagen saat lomba. Caranya adalah dengan meletakkan tangkringan pendek berbentuk T tersebut diatas tangkringan utamanya.

Dengan menerapkan cara diatas dapat meminimalisir dan membuat lovebird nagen saat lomba, sehingga jika lovebird anda bisa ngekek panjang ngedur tanpa jeda dan bisa nagen ditangkringan, kemungkinan besar lovebird anda akan menjadi juaranya.

Demikianlah cara agar lovebird nagen saat lomba yang dapat saya ulas, semoga dengan trik diatas, burung lovebird anda tidak ngeruji sangkar atau turun tangkringan saat lomba. Semoga bermanfaat.