Cara Mengatasi Lovebird Nglemak, Kegemukan, dan Berlemak

Kicau-burung.com - Memiliki lovebird berlemak tentu terasa membosankan dan kurang sedap dipandang mata, mungkin tidak ubahnya dengan memiliki pacar atau bahkan istri yang berlemak, dimana seluruh tubuhnya terutama bagian perut penuh dengan lemak. Hehehe.. Oleh sebab itu sebagai lovebird mania tentu kita harus mengetahui tips cara mengatasi lovebird nglemak agar lovebird kesayangan anda bisa selalu dalam kondisi langsing dan tidak berlemak seperti pacar anda. Hahahaa..
mengatasi lovebird nglemak
Gambar lovebird nglemak

Lemak atau dalam bahasa jawanya "gajih" yang terdapat pada burung lovebird sebenarnya juga sering terjadi pada binatang unggas lainnya, misalnya seperti ayam, burung perkutut, dan burung kicauan lainnya. Lovebird yang berlemak akan berpengaruh pada kesehatan, penampilan, dan produktivitas burung, khususnya untuk peternak lovebird. Oleh sebab itu tips cara mengatasi lovebird berlemak saya rasa sangat penting untuk anda ketahui, makanya saya bagikan pada posting blog ini.

Lovebird nglemak atau lovebird mengalami kelebihan berat badan atau dalam bahasa kerennya lovebird yang mengalami obesitas biasanya akan tampak seperti pemalas yang mana menjadi malas beraktivitas dan malas berbunyi/ berkicau. Meskipun burung lovebird yang dikatakan ideal biasanya memiliki ukuran tubuh yang besar, tapi jika terlalu besar alias kegemukan tentu juga tidak baik.

Penyebab lovebird berlemak alias nglemak


Sebelum saya membahas lebih lanjut mengenai cara mengatasi lovebird nglemak, disini saya akan memberikan sedikit ulasan mengenai penyebab lovebird kegemukan. Sehingga dengan mengetahui penyebabnya, anda akan dapat mengantisipasi agar lovebird kesayangan anda tidak menjadi berlemak.

1. Penyebab utama lovebird berlemak adalah karena terlalu banyak makan/ lovebird memiliki nafsu makan yang tinggi. Jika lovebird terlalu banyak makan makanan yang banyak mengandung protein seperti jagung, biji kwaci, serta kacang-kacangan yang memiliki kandungan protein tinggi, maka akan membuat lovebird menjadi berlemak.
pakan lovebird ngelemak
Millet putih
Jadi pemberian pakan lovebird yang ideal adalah dengan memperhatikan asupan nutrisi terutama dalam hal kandungan protein dari pakan tersebut. Sebab pakan utama lovebird adalah millet putih, sehingga dalam pemberian pakan sebaiknya komposisi millet putih lebih banyak dari komposisi pakan lainnya. Ini untuk menjaga dan mengantisipasi agar lovebird tidak mengalami obesitas.

2. Penyebab lainnya lovebird kegemukan adalah karena kandang yang terlalu kecil, sehingga ruang gerak lovebird menjadi berkurang. Lovebird yang diletakkan pada sangkar yang sangat kecil tentu akan kesulitan dalam beraktivitas, mereka tidak bisa bergerak dan terbang bebas terbang kesana kemari.
sangkar lovebird berlemak
Sangkar lovebird ukuran kecil

Jadi untuk mengantisipasi agar lovebird tidak berlemak adalah dengan menyediakan kandang yang standart serta menggunakan kandang umbaran untuk melatih dan mengolahragakan lovebird agar memiliki nafas panjang, otot kuat, dan memiliki ukuran tubuh yang ideal.

BACA JUGA:
Cara mengatasi lovebird nyilet/ kurus
Cara mengatasi lovebird ngeruji sangkar 


Ciri-ciri lovebird ngelemak (berlemak)


Ada beberapa ciri lovebird berlemak yang dapat anda amati secara kasat mata, adapun ciri-ciri tersebut antara lain adalah:

  1. Lovebird memiliki nafsu makan yang tinggi alias rakus, tapi memiliki kebiasaan malas beraktivitas (bergerak dan berkicau)
  2. Pada bagian dada, perut, dan pangkal ekor tampak membengkak/ besar berwarna kekuningan dan ketika diraba akan terasa kenyal/ empuk.

Cara mengatasi lovebird ngelemak/ berlemak pada bagian perut


Setelah anda mengetahui penyebab dan ciri-ciri lovebird nglemak tentu sekarang anda sudah dapat mengantisipasi burung lovebird peliharaan anda agar tidak menjadi berlemak, tapi jika ternyata saat ini lovebird anda sudah terlanjur nglemak, maka anda dapat menerapkan tips cara mengatasi lovebird kegemukan berikut ini:

1. Pangkas atau kurangi pemberian pakan yang mengandung protein tinggi seperti jagung, kuaci, dan kacang-kacangan. Cukup berikan millet putih sebagai pakan utama lovebird nglemak sampai kondisi lovebird normal kembali.

2. Berikan ekstra fooding berupa sayur-sayuran yang rendah akan karbohidrat dan kandungan gula.

3. Gunakan sangkar yang berukuran lebih besar agar lovebird menjadi lebih leluasa bergerak dan beraktivitas terbang kesana-kemari.

4. Letakkan wadah pakan dan minuman pada posisi yang agak tinggi (jauh dari tangkringan) agar ketika lovebird hendak makan dan minum harus terbang atau bergerak mendekati wadah pakan dan minum tersebut.

5. Gunakan kandang umbaran untuk melatih lovebird agar lebih banyak bergerak dan beraktivitas terbang kesana kemari.

6. Mandikan lovebird secara rutin setiap hari

7. Jemur lovebird dibawah sinar matahari dengan durasi waktu yang lebih lama dari biasanya.

8. Berikan vitamin penurun berat badan atau vitamin khusus untuk mengatasi lovebird berlemak yang dapat anda beli di kios burung.

Itulah tips dan cara mengatasi lovebird nglemak yang dapat saya bagikan kepada sahabat lovebird mania dimanapun anda berada yang setia mengikuti dan membaca artikel-artikel pada blog ini. Semoga bermanfaat.