Cara Mengatasi Lovebird Nyilet Atau Kurus

Lovebird nyilet atau lovebird kurus merupakan salah satu penyakit lovebird yang jika tidak segera ditangani dapat menyebabkan kematian. Penyakit lovebird nyilet tersebut biasanya dikarenakan burung tidak mendapatkan perawatan dengan baik, entah itu dari segi pakan, asupan nutrisi, serta perawatan harian. Sehingga burung akan kekurangan nutrisi dan vitamin hingga berdampak burung menjadi kurus dan mudah terserang penyakit. Namun sebelum saya mengulas tentang cara mengatasi lovebird nyilet, disini saya akan sedikit membagikan pengalaman saya ketika menangani lovebird peliharaan saya yang kurus dan nyilet.
mengatasi lovebird nyilet

Pada waktu itu saya membeli dua ekor lovebird melalui sebuah posting di sebuah forum jual beli burung lovebird solo. Secara pribadi saya tidak mengenal secara langsung si penjual lovebird tersebut, tetapi saya hanya mengenalnya melalui profil orang tersebut di facebook. Tanpa ada rasa curiga saya pun melakukan PCB (Pantau Cocok Bayar) dirumah si pemilik lovebird tersebut. Saat itu saya masih sangat awam sekali mengenai burung lovebird, bahkan untuk membedakan jenis kelamin lovebird jantan dan betina saja saya belum bisa.
SILAHKAN BACA:

Saya tertarik untuk membeli lovebird tersebut karena harga yang ditawarkan sangat murah, alias dibawah harga standar. Setelah saya pantau, ternyata lovebird yangsatunya adalah jenis Nonklep yang harga jualnya cukup murah. Sedangkan lovebird yang satunya lagi adalah lovebird hijau muka gosong yang nyilet alias kurus.

Berhubung waktu itu saya belum paham tentang burung lovebird, jadi saya belum tahu tentang penyakit lovebird nyilet, sehingga saya memutuskan untuk membeli kedua lovebird yang katanya sepasang tersebut. Padahal setelah saya pelihara beberapa hari ternyata keduanya berjenis kelamin jantan, bukan sepasang jantan dan betina.

Dengan perasaan menyesal dan kecewa saya memelihara kedua lovebird tersebut sembari googling mencari info tentang cara perawatan burung lovebird. Dari banyak membaca artikel tentang lovebird tersebutlah saya mengetahui bahwa ternyata salah satu lovebird saya terkena penyakit nyilet/ kurus.

Singkat cerita saya pun merawat lovebird nyilet tersebut dengan bermodalkan tips cara mengatasi lovebird kurus yang saya baca melalui media internet. Berkat kesabaran akhirnya lovebird nyilet tersebut sekarang sudah sembuh dan sudah kembali mau ngekek yang lumayan panjang.

Cara mengatasi lovebird nyilet/ kurus

Adapun cara mengatasi lovebird nyilet yang sudah saya praktekkan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Jaga kebersihan kandang dengan cara membersihkan kandang lovebird dari kotoran dan berbagai macam kuman. Lebih mantap lagi jika anda menyeprot kandang tersebut dengan obat anti kuman, tapi saat disemprot, pastikan anda sudah memindahkan lovebird kekandang yan lainnya terlebih dahulu.

2. Kurangi durasi penjemuran, bahkan kalau perlu lovebird yang sedang nyilet jangan dijemur terlebih dahulu sampai lovebird sembuh.

3. Jangan memandikan terlebih dahulu lovebird yang sedang nyilet.

4. Berikan obat cacing yang banyak dijual diapotek atau toko obat. Obat cacing ini adalah obat cacing yang biasa diminum manusia. Silahkan pilih merk obat cacing sesuai keinginan anda, saya sarankan untuk menggunakan obat cacing merk Combantrin, karena sudah cukup terbukti ambuh mengatasi penyakit cacingan.
obat cacing lovebird kurus
Combantrin obat cacing
Dosis pemberian obat cacing adalah cukup sebesar beras saja, jadi pecahkan butiran obat cacing sampai kira-kira sebesar beras, lalu berikan kepada lovebird nyilet selama tiga hari berturut-turut. Sebelum pemberian obat cacing sebaiknya lovebird jangan diberi makan terlebih dahulu selama kurang lebih 6 jam.

5. Selain menggunakan obat cacing, anda juga dapat memberikan obat lovebird nyilet yang dapat anda beli di kios-kios burung yang menyediakan obat lovebird kurus.

6. Berikan pakan yang mengandung asupan gizi dan nutrisi yang cukup untuk mendongkrak berat badan lovebird agar kembali normal.

Demikianlah cara mengatasi lovebird nyilet/ kurus yang dapat saya bagikan kepada lovebird mania semua. Semoga dengan membaca posting dan pengalaman saya ini, dapat anda terapkan untuk mengatasi penyakit lovebird kurus yang menjangkit burung kesayangan anda.