Manfaat dan Cara Terapi Mandi Hujan Lovebird: Membuat Lovebird Nancep Di Tangkringan

Terapi mandi hujan lovebird -Banyak orang ketika turun hujan, maka burung segera diangkat dan diteduhkan dibawah teras, alasannya adalah karena mereka kasihan jika burung tersebut kehujanan. Padahal dihabitatnya, burung sudah terbiasa dengan mandi hujan, bahkan ketika turun hujan mereka malah sengaja hujan-hujanan sambil berkicau.
terapi mandi hujan lovebird
Burung lovebird

Berbeda dengan para kicau mania dan lovebird mania yang sudah berpengalaman, ketika hujan turun mereka malah sengaja menghujan-hujankan burung untuk beberapa waktu, karena dengan terapi mandi hujan tersebut sudah terbukti memberikan banyak manfaat bagi burung, khususnya burung lovebird.

Pada posting sebelumnya saya pernah membahas cara terapi mandi hujan cendet yang bermanfaat membuat cendet lebih nagen, dan ternyata ketika terapi mandi hujan tersebut dilakukan pada burung lovebird juga bisa membuat lovebird menjadi lebih nancep (istilah nagen untuk lovebird) karena burung lovebird bukanlah tipe burung yang suka ngelabak, monting, dan salto seperti burung cendet, kacer, pleci, dan burung kicauan lainnya.

Burung lovebird adalah jenis burung paruh bengkok yang tidak terlalu banyak terbang, mereka cenderung lebih suka berdiri ditangkringan sambil berjalan kesana-kemari dengan tingkahnya yang lucu dan menggemaskan. Tapi tidak semua lovebird mau tetap berdiri ditangkringan terus, saya pernah memiliki lovebird yang sukanya ngeruji, menggigit jeruji sangkar sambil merambat keatas dan kebawah. Hal tersebut bisa dikarenakan lovebird sedang over birahi atau ada sebab yang lainnya.
terapi mandi hujan
Gambar orang sedang hujan-hujanan


Manfaat terapi mandi hujan lovebird


Menurut penuturan para master lovebird, bahwa terapi mandi hujan memiliki beberapa manfaat diantaranya adalah membuat lovebird nancep ditangkringan, menurunkan birahi lovebird, membuat lovebird ngekek panjang dan membuat lovebird menjadi lebih jinak.

1. Mandi hujan membuat lovebird nancep ditangkringan

Kandungan isotonik oxygen murni dalam air hujan yang langsung turun dari langit dipercaya sangat baik bagi kesehatan burung dan tumbuh-tumbuhan.  Kucuran air hujan yang membasahi burung akan membuat lovebird lebih nancep ditangkringan, karena pada saat terkena air hujan, kaki-kaki lovebird akan mencengkeram kuat tangkringan, sehingga lama-kelamaan lovebird akan lebih suka berdiri ditangkringan.

2. Mandi hujan mampu menurunkan birahi lovebird

Seperti halnya dengan terapi mandi malam dan memandikan lovebird secara rutin dapat menurunkan birahi lovebird, karena dinginnya air hujan dipercaya mampu menurunkan dan menstabilkan birhi lovebird yang sedang over. Jadi terapi mandi hujan ini sangat cocok diterapkan bagi lovebird yang sedang over birahi.

3. Mandi air hujan membuat lovebird rajin ngekek

Hal ini sangat erat kaitannya dengan birahi dan tingkat stress lovebird, karena seperti yang telah saya jelaskan diatas bahwa terapi mandi hujan dapat menurunkan birahi lovebird. Lovebird yang sedang over birahi tentu akan lebih jarang ngekek, karena tekanan yang terdapat dalam tubuh lovebird membuatnya kesulitan untuk ngekek panjang dan justru lebih sering ngeruji sangkar.

Selain itu lovebird yang stress entah itu akibat perjalanan jauh, kalah tempur, ketakutan, atau karena faktor yang lain juga akan lebih jarang berkicau, bahkan kadang malah gagu dan tidak mau ngekek sama sekali. Terapi mandi hujan ini dipercaya mampu mengurangi tingkat stress burung, karena guyuran air hujan membuat lovebird serasa berada dihabitat aslinya.
BACA JUGA: Cara mengatasi lovebird over birahi

Cara terapi mandi hujan lovebird


Sebelum melakukan terapi mandi hujan, pastikan burung lovebird anda dalam keadaan sehat, tidak sedang pilek, mabung, atau diare.

  1. Mandikan lovebird saat hujan tidak terlalu lebat, karena jika terlalu lebat ditakutkan dapat merusak bulu burung atau menyakiti tubuh burung.
  2. Ambil pakan dan air minum sebelum burung dihujan-hujankan.
  3. Biarkan lovebird diguyur hujan selama sekitar 30 menit dalam keadaan digantang atau digantung bukan diletakkan ditanah.
  4. Jangan menghujan-hujankan lovebird terlalu lama, jika sudah tampak gelisah dan menggigil, segera angkat dan letakkan burung diteras atau ditempat teduh.
  5. Biarkan lovebird didis dan menikmati sisa-sisa guyuran air hujan.
Itulah cara dan manfaat terapi mandi hujan lovebird yang sudah banyak dilakukan oleh para lovebird mania dan terbukti mampu meningkatkan performa lovebird, baik dari segi kekekan yang lebih panjang, suara yang lebih mengkristal, dan lebih nancep ditangkringan.