Penyebab Lovebird Nyilet Dan Kurus

Penyebab lovebird nyilet sangatlah kompleks, tapi pada umumnya berasal dari pola perawatan yang kurang baik, khususnya dari segi pakan dan kebersihan. Jadi jika anda berniat memelihara burung lovebird atau burung apapun, rawatlah burung tersebut dengan baik. Jangan setengah-setengah atau asal-asalan saja, karena efeknya justru anda hanya akan menyiksa burung tersebut, atau bahkan anda hanya akan membunuh burung tersebut. Sebagaimana halnya lovebird kurus akibat kurang perawatan yang jika dibiarkan lama-lama akan menjadi nyilet dan dapat menyebabkan kematian.
penyebab lovebird nyilet
penyebab lovebird nyilet
Burung lovebird nyilet adalah kondisi burung yang mengalami penurunan berat badan secara drastis, atau burung lovebird yang terlalu kurus sehingga tulang dada akan terlihat menonjol kedepan (membusung) karena burung hanya tinggal tulang dan kulitnya saja. Ini akan sangat terlihat jelas ketika lovebird nyilet disandingkan dengan lovebird yang sehat.

Penyebab lovebird kurus biasanya karena minimnya perawatan dan asupan nutrisi, sehingga burung menjadi sakit dan menjadi kurus. Lovebird kurus tersebut jika dibiarkan saja akan menjadi nyilet, dan jika terus dibiarkan tanpa adanya perawatan khusus akan berujung pada kematian.

Burung lovebird pada umumnya memiliki berat badan sekitar 45-55 gram, itu tergantung jenis dari species lovebird tersebut, karena ada jenis lovebird yang memiliki postur tubuh yang lebih besar, dan ada jenis lovebird yang memiliki postur tubuh yang ramping. Tapi jika berat lovebird kurang dari 45 gram atau lebih dari 55 gram, maka kemungkinan lovebird tersebut bermasalah dengan kesehatannya. Bisa kelebihan berat badan (nglemak), bisa juga kekurangan berat badan (nyilet).

BACA: Cara mengatasi lovebird kurus dan nyilet

Penyebab lovebird nyilet dan kurus

1. Lovebird nyilet akibat kurang pakan

Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa lovebird yang kurang pakan, baik dari segi porsi maupun kandungan nutrisi akan berakibat pada penurunan berat badan. Jika hal tersebut dibiarkan saja, maka lovebird akan menjadi semakin kurus dan berdada nyilet. Oleh sebab itu dalam memelihara lovebird sebaiknya diperhatikan porsi pakan serta kandungan nutrisi dalam pakan tersebut. Selalu berikan pakan yang cukup dan mengandung gizi dan nutrisi yang cukup pula.

2. Lovebird nyilet akibat kurang perawatan

Selain pemberian pakan, hal lain yang perlu diperhatikan adalah dalam hal perawatan. Burung lovebird yang tidak terawat, artinya jarang dimandikan, jarang dijemur, dan jarang dibersihkan kandangnya akan mudah terserang penyakit.

Kotoran burung yang tidak pernah dibersihkan akan menimbulkan berbagai macam penyakit yang berbahaya bagi burung dan manusia. Terlebih lagi jika lovebird tidak pernah dimandikan, lama-kelamaan kotoran tersebut dapat berubah menjadi kutu burung. Kutu lovebird yang dibiarkan berlama-lama dapat membuat lovebird menjadi kurus, karena banyak darah yang dihisap oleh kutu tersebut.

Oleh sebab itu, perawatan burung sangatt berpengaruh terhadap kesehatan, kualitas, serta performa burung lovebird peliharaan anda. Jadi rawatlahlah burung peliharaan anda dengan sebaik mungkin.

3. Lovebird nyilet akibat sakit gondok

Seperti halnya manusia, burung lovebird juga dapat terserang penyakit gondok alias penyakit kelenjar tiroid yang terlatak pada leher burung. Penyakit gondok tersebut selain dapat menyebabkan lovebird kurus dan berdada nyilet juga dapat menyebabkan kematian. Hal inilah yang perlu shobat lovebird mania waspadai, ketika lovebird anda terindikasi terserang penyakit gondok, segera lakukan penanganan khusus agar lovebird tidak nyilet kemudian mati.

4. Lovebird nyilet akibat keracunan logam berat

Logam berat yang dimaksud diatas adalah jenis logam berat seperti seng (Zn), timah, dan tembaga. Pertanyaannya, kenapa lovebird bisa keracunan logam berat? Seperti kita ketahui bahwa sangkar lovebird terbuat dari bahan logam. Itulah sebabnya kenapa lovebird dapat keracunan logam berat yang terdapat pada sangkar.

5. Lovebird nyilet akibat cacingan

Gangguan parasit seperti cacing gelang pada burung lovebird menjadi penyebab utama lovebird kurus dan nyilet. Pasalnya lovebird yang cacingan akan berkurang nafsu makannya, selain itu makanan yang masuk kedalam tubuh burung akan dirampas oleh cacing sebelum dicerna oleh organ pencernaan burung. Hal ini hampir sama seperti manusia yang sedang cacingan, tubuhnya akan menjadi kurus dan tidak memiliki nafsu makan.

6. Lovebird nyilet akibat kutu dan tungau

penyebab lovebird kurus
Kutu burung
Seperti yang telah saya singgung diatas, bahwa kutu dan tungau juga dapat menyebabkan lovebird nyilet. Lovebird yang terserang tungau dan kutu biasanya akan merasa gatal dan mencabuti bulunya sendiri. Rasa gatal tersebut biasanya akan mengganggu aktifitas burung sehingga menjadi malas berkicau dan bahkan malas makan dan minum. Hal inilah yang kemudian membuat lovebird semakin hari menjadi semakin kurus dan berdada nyilet.

7. Lovebird nyilet akibat gangguan pada paruh

Paruh merupakan alat pencernaan utama bagi burung, seperti halnya manusia, dimana organ mulut merupakan alat pencernaan paling utama. Jika kesehatan paruh dan mulut terganggu, tentu burung dan manusia akan kesulitan untuk makan. Jika burung tidak bisa makan tentu lama kelamaan akan menjadi kurus dan bahkan mati.

Demikianlah sedikit ulasan tentang penyebab lovebird kurus dan berdada nyilet yang dapat saya tulis pada blog kicau-burung ini. Semoga ulasan ini dapat menambah wawasan kita mengenai cara perawatan lovebird yang benar.