Cara Memasang Cincin/ Ring Kaki Lovebird Yang Benar

Kicau-burung.com -Anda mungkin sering melihat burung lovebird baik itu lovebird lomba atau lovebird rumahan menggunakan ring atau cincin pada salah satu kakinya. Tapi apakah anda sudah tahu manfaat dari pemasangan cincin pada kaki burung lovebird tersebut, Kenapa harus dipasangi cincin? Lalu bagaimana cara memasang cincin kaki lovebird? Apa burung lovebird yang dipasangi ring tidak kesakitan? Pertanyaan tersebut barangkali pernah muncul dibenak anda saat melihat lovebird yang memakai cincin.
memasang cincin lovebird
Cincin lovebird
Pemasangan cincin kaki burung sebenarnya bukan hanya terdapat pada lovebird saja, tetapi hampir semua jenis burung yang memiliki harga jual dan peminat yang tinggi sering dipasangi ring atau cincin, misalnya seperti burung kacer, cendet, perkutut, kenari, jalak, dan lain sebagainya. Tujuannya dari pemasangan cincin burung adalah sebagai alat identifikasi atau sebagai identitas dari si burung itu sendiri. Sehingga lovebird yang menggunakan cincin akan mudah dikenali, dari mana asal lovebird tersebut dan siapa pemilik lovebird tersebut.

Pemasangan ring kaki lovebird biasanya dilakukan oleh para peternak atau breeder untuk menandai bahwa burung tersebut adalah hasil dari ternak mereka. Selain itu pemasangan ring kaki lovebird juga sekaligus sebagai ajang promosi bagi si peternak/ breeder saat burung lovebird yang memakai cincin yang ia pasang ternyata moncer dan juara dilapangan, tentu akan banyak lovebird mania yang mengejar burung hasil ternaknya.

Cara memasang cincin/ ring kaki lovebird


Pemasangan cincin lovebird yang benar adalah dilakukan saat lovebird baru menetas/ masih kecil, tujuannya adalah agar pemasangan cincin dapat dilakukan dengan mudah dan tidak melukai kaki lovebird. Sebab saat masih kecil tekstur tulang kaki lovebird masih lentur dan ukuran jari kakinya masih kecil.
cara memasang cincin lovebird

Adapun langkah cara memasangan cincin/ ring kaki lovebird lebih lengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Sebelum memasang cincin kaki, sebaiknya lakukan pemijatan ringan terhadap kaki lovebird terlebih dahulu. Ini bertujuan agar anakan lovebird merasa nyaman engan pijatan lembut tersebut, sehingga ketika dilakukan pemasangan cincin, lovebird tidak akan berontak. Sekali lagi yang harus anda perhatikan adalah dalam memijat kaki tersebut harus dilakukan secara lembut dan perlahan agar tidak melukai atau membuat cidera pada kaki lovebird anda.

2. Oleskan minyak pelumas pada kaki lovebird sebelum memasukkan cincin. Tujuannya adalah agar pemasangan cincin dapat dilakukan dengan mudah karena kaki lovebird menjadi lebih licin oleh minyak pelumas tersebut. Minyak pelumas yang baik adalah dengan menggunakan minyak baby oil, minyak zaitun, atau minyak goreng yang masih bersih.

3. Selanjutnya masukkan cincin atau ring tersebut pada kaki lovebird secara perlahan, caranya dengan memasukkan tiga jari depan lovebird secara bersamaan terlebih dahulu. Setelah ketiga jari depan masuk kedalam cincin, barulah anda mencoba memasukkan satu jari bagian belakang secara perlahan.

4. Setelah semua jari berhasil masuk kedalam cincin, dorong cincin keatas sampai pada tengkuk jari dan usahakan agar cincin terpasang secara benar pada posisi yang nyaman dan tidak menyakiti atau mengganggu aktivitas burung anda.
cara memasang ring lovebird

CATATAN:

Dalam pemasangan cincin lovebird harus dilakukan dengan tenang, lembut dan hati-hati, agar tidak menyakiti dan melukai atau membuat lovebird menjadi stress.

Itulah teknik cara pemasangan cincin/ ring kaki lovebird yang benar yang dapat saya bagikan kepada sahabat lovebird mania yang selalu setia embaca dan mengikuti setiap postingan dalam blog ini. Semoga bermanfaat.