Cara Menjinakkan Lovebird Giras Dan Takut Orang

Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang -Lovebird memang terkenal sebagai burung yang jinak dan akrab dengan manusia, bahkan jika dirawat dan dilatih dengan baik, burung lovebird bisa menjadi sangat jinak seperti halnya burung kakak tua yang bisa diperintah dan diajak atraksi. Tapi meskipun demikian tetap tidak bisa seperti burung kakak tua, karena tingkat kecerdasan lovebird tidak sama dengan kakak tua.
cara menjinakkan lovebird giras
Lovebird giras

Burung lovebird selain sebagai burung kicauan juga dapat dijadikan sebagai burung pajangan, khususnya untuk lovebird dengan warna bulu yang menarik. Jadi wajib bagi pemelihara untuk membuat dan menjinakkan lovebird giras menjadi jinak dan tidak giras, karena burung lovebird yang giras dan takut manusia meskipun bisa ngekek panjang tetap saja akan tampak kurang menarik.

Saya pernah memiliki lovebird yang giras dan takut dengan manusia, bahkan takut dengan saya sendiri yang setiap hari merawatnya. Lovebird tersebut saya beli saat sudah dewasa, prediksi saya itu adalah lovebird hasil lolohan indukan yang dan kurang perawatan dari pemilik sebelumnya, karena ketika didekati selalu terbang menjauh dan ngeruji sangkar.

Berbeda dengan lovebird dan diloloh atau dispet oleh pemiliknya sejah masih bayi/ berusia satu sampai dua minggu, maka lovebird tersebut akan terbiasa dengan tangan manusia, sehingga ketika dewasa akan menjadi jinak bahkan kita tidak takut lovebird tersebut terbang jauh ketika dikeluarkan dari sangkarnya. Sebab lovebird tersebut sudah memiliki ikatan batin dan merasa nyaman hidup dengan manusia.
BACA JUGA: Cara mengatasi lovebird ngeruji sangkar
Dari pengalaman diatas saya mencoba untuk menjinakkan lovebird yang giras dan takut orang tersebut dengan bermodalkan informasi yang saya baca di internet dan dari penturan teman-teman saya sudah lebih dahulu berpengalaman dalam memelihara lovebird. Dari informasi tersebut kemudian saya rangkum menjadi satu untuk saya bagikan kepada sahabat lovebird mania indonesia.

menjinakkan lovebird giras
Lovebird terbang

Cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut manusia.


1. Menjinakkan lovebird dengan cara mandi

Memandikan lovebird memang dipercaya mampu membuat lovebird menjadi lebih jinak, sebenarnya cara ini bukan hanya untuk burung lovebird saja, melainkan untuk hampir semua jenis burung, bahkan untuk burung hasil tangkapan hutan yang masih sangat liar dan belum terbiasa dengan manusia.

  • Memandikan lovebird dengan cara semprot, burung lovebird pada dasarnya adalah burung yang suka dengan air, jadi untuk menjinakkannya adalah dengan cara memandikan lovebird dengan cara semprot. Mandikan burung dengan menggunakan sprayer dengan setelan sedang, artinya jangan terlalu embun dan jangan terlalu kencang. Usahakan untuk memandikan lovebird yang giras sampai basah kuyup, sampai lovebird tidak terbang lagi dan diam ditangkringan untuk menikmati semprotan air. Biarkan lovebird anda didis sambil menikmati mandinya, dengan demikian lama kelamaan lovebird akan merasa bahwa anda bukan lagi ancaman baginya, karena lovebird menjadi merasa nyaman dan segar setelah anda mandikan.
  • Memandikan lovebird dengan tangan, Dalam memandikan lovebird dengan cara dipegang menggunakan tangan memang dibutuhkan kehati-hatian, karena jika tidak hati-hati burung justru bisa terlepas dan terbang bebas. Tapi jika anda lakukan cara ini dengan benar, hasilnya akan lebih efektif dalam menjinakkan lovebird, semakin sering burung berinteraksi dengan manusia secara langsung, maka akan semakin jinak dan semakin dekat pula si burung dengan manusia. Cara memandikannya adalah dengan mengusap lovebird dengan air menggunakan tangan anda secara perlahan. Cukup sebentar saja dan tidak perlu berlama-lama, yang penting lovebird sudah basah secara menyeluruh.
2. Gantang ditempat yang ramai

Lovebird yang belum jinak dan masih takut dengan manusia jangan diisolasi dari keramaian, tapi justru letakkan burung pada tempat yang ramai dan sering dilalui manusia. Tujuannya adalah agar lovebird menjadi terbiasa dengan lingkungan yang ramai dan orang yang lalu lalang, sehingga lama kelamaan lovebird tidak akan takut dengan manusia lagi. Bahkan banyak para lovebird mania sengaja menggantang burungnya dipinggir jalan raya yang sering dilalui mobil untuk melatih mental sang lovebird.

3. Sering dipegang dan dielus-elus

Seperti namanya bahwa burung lovebird adalah burung cinta, sehingga sangat suka dengan cinta dan kasih sayang. Burung lovebird sangat suka dengan elusan tangan yang lembut baik itu dipagian kepala atau dibagian tubuh yang lainnya. Jika anda sering memegang lovebird anda dan sering berinteraksi secara langsung dengannya, maka lama kelamaan lovebird yang giras tersebut akan menjadi jinak.

4. Terapi lapar

Menjinakkan lovebird dengan terapi lapar ini sebenarnya diperoleh dari tips dan cara menjinakkan burung tangkapan hutan. Caranya adalah dengan mengambil wadah pakan dan membersihkan kandang dari sisa-sisa pakan yang berceceran pada pagi hari sekitar jam 7 sampai jam 9. Tujuannya adalah untuk membuat lovebird agar terasa lapar, ketika lovebird sudah mulai lapar, berikanlah pakan berupa millet putih atau biji-bijian lainnya langsung melalui telapak tangan anda. Biarkan lovebird mematuk pakan langsung dari telapak tangan anda, sehingga lama kelamaan lovebird akan merasa ketergantungan terhadap anda dan mengetahui bahwa anda adalah pemiliknya yang merawatnya setiap hari.

5. Memelihara lovebird sejak kecil

anakan lovebird jinak
Lovebird lolohan

Ini merupakan cara menjinakkan lovebird yang paling efektif, yaitu dengan cara memelihara lovebird sejak kecil, yaitu dengan cara meloloh lovebird yang masih berusia satu sampai dua minggu. Burung yang dipelihara sejak lolohan hampir dipastikan akan menjadi lovebird yang jinak dan tidak takut dengan manusia.

Itulah tips cara menjinakkan lovebird yang giras dan takut manusia yang dapat saya rangkum pada posting kali ini. Sebenarnya masih banyak cara lain yang dapat anda lakukan untuk menjinakkan lovebird kesayangan anda, tapi menurut saya cara ini merupakan cara yang paling efektif yang pernah saya lakukan.