Ciri-ciri Lovebird Bermental Fighter Yang Wajib Anda Ketahui

Ciri-ciri lovebird fighter - Dalam membeli burung lovebird tentu disesuaikan dengan tujuan untuk apa anda memelihara lovebird, apakah sekedar untuk pajangan saja, atau mungkin untuk kicauan bahkan untuk dilombakan. Jika anda memelihara lovebird hanya untuk pajangan, maka sebaiknya anda memilih lovebird yang memiliki bulu yang berwarna menarik dan indah dipandang mata. Tapi jika anda memelihara lovebird dengan tujuan untuk lomba, tentu anda harus memilih lovebird yang bermental fighter dan memiliki kemampuan ngekek panjang.
lovebird mental fighter
Lovebird fighter

Ciri-ciri lovebird bermental fighter selain dapat dilihat dari kualitas suara dan tingkah laku, juga dapat dilihat dari fisiknya. Memang sepintas lovebird yang biasa dengan lovebird yang bermental fighter tampak sama, khususnya untuk lovebird mania pemula yang belum memiliki jam terbang tentu akan kesulitan dalam membedakannya. Tapi untuk lovebird mania sejati, hanya dengan melihat sepintas saja mereka sudah akan tahu apakah lovebird tersebut bermental fighter atau tidak.

Ciri-ciri fisik lovebird bermental fighter


Yang perlu anda garis bawahi ciri fisik lovebird yang bermental fighter dan memiliki suara ngekek panjang tidak dapat ditentukan berdasarkan warna burung. Apapun warnanya, burung ada yang bemental fighter dan ada yang bermental tempe, namun kebanyakan lovebird yang diikut sertakan dalam lomba adalah lovebird berwarna hijau, lovebird warna tersebut juga paling banyak kita temui dipasaran.

Ciri fisik yang paling menonjol adalah dapat dilihat dari bentuk sayap dan ekor. Lovebird yang bermental fighter biasanya memiliki bentuk sayap menyilang dan sedikit melengkung keatas, sedangkan untuk bentuk ekornya lurus kebawah sejajar dengan kaki. Jadi jangan memilih lovebird yang memiliki bentuk ekor yang mengarah kebelakang. Untuk lebih jelasnya bisa anda lihat pada gambar lovebird diatas yang saya tandai dengan lingkaran berwarna merah.

Lovebird saat ngekek biasanya akan memainkan ekornya dan tampak sepeti melambai-lambai, nah untuk lovebird yang ekornya turun kebawah membentuk huruf V saat ngekek akan tampak indah sekali seperti tangan yang melambai-lambai saat memanggil seseorang. Berbeda dengan lovebird biasa yang tidak fighter, ekornya biasanya akan menjulur kebelakang seperti gambardibawah ini:
lovebird tidak fighter
Lovebird kurang fighter

BACA JUGA: Ciri lovebird muda yang bisa ngekek panjang
Ciri lovebird bermental fighter selanjutnya adalah terletak pada leher. Biasanya lovebird fighter memiliki leher yang besar sebagai tanda bahwa ia memiliki nafas yang panjang, tapi saat lovebird kaget atau terancam, lehernya akan tampak memanjang dan tampak gagah.

Tips memilih lovebird bermental fighter


Ciri lain dari lovebird bermental fighter selain dapat dilihat dari bentuk sayap, ekor, dan leher, anda bisa menentukannya melalui kualitas suara. Lovebird fighter biasanya cenderung receh dan sering berkicau. Meskipun tidak berkicau tapi paling tidak sering ngeriwik dan tetap bersuara setiap saat. khususnya untuk lovebird yang masih anakan (PAUD) yang biasanya belum memiliki kemampuan ngekek panjang, tapi sudah tampak dari sifatnya yang cerewet dan suka ngeriwik.

Lovebird bermental fighter biasanya juga ditentukan oleh garis keturunan atau trah. Menurut pengakuan dari beberapa lovebird mania, lovebird fighter yang bisa ngekek panjang 70 persen ditentukan oleh garis keturunan dari induknya, sedangkan 30 persennya ditentukan oleh setelan dan pola perawatan.

Itulah beberapa ciri lovebird bermental fighter yang wajib anda ketahui jika anda berniat memelihara lovebird untuk keperluan lomba bukan hanya sekedar untuk pajangan dan kicauan harian saja. Tapi biasanya lovebird yang prospek dan bermental fighter tentu memiliki harga yang lebih mahal dari lovebird biasa.