Manfaat Belimbing Untuk Lovebird: Mendongkrak Stamina

Manfaat belimbing untuk lovebird - Buah belimbing adalah salah satu buah yang mengandung banyak nutrisi, vitamin, dan gizi yang baik untuk manusia. Tapi tahukah anda bahwa belimbing tidak hanya bermanfaat bagi manusia saja, tetapi juga memiliki manfaat bagi burung kicauan, salah satunya adalah untuk burung lovebird, seperti pada tema dan judul diatas.
manfaat belimbing untuk lovebird
Buah belimbing segar

Buah belimbing selain mengandung vitamin A dan vitamin C juga kaya akan serat, kalium, zat besi, kalsium, dan karbohidrat. Oleh sebab itu buah belimbing memiliki sifat anti oksidan serta mampu memberikan tambahan energi bagi burung ataupun orang yang mengkonsumsinya. Itulah sebabnya kenapa buah belimbing digunakan sebagai suplemen atau ekstra fooding bagi burung lovebird untuk mendongkrak stamina lovebird, sehingga bisa tetap vit dan tahan lama saat lomba.

Selain bermanfaat sebagai pendongkrak stamina lovebird, buah belimbing juga dapat mendongkrak stamina burung kicauan jenis lain, khususnya burung pemakanbuah seperti cucak hijau, ciblek, pleci, dan lain sebagainya.

Manfaat belimbing untuk lovebird


Manfaat buah belimbing untuk lovebird selain untuk menambah stamina juga dipercaya mampu membuat suara burung menjadi lebih keras dan dan tajam, atau dalam bahasa kicau mania sering disebut suara yang mengkristal.
BACA JUGA: 
Manfaat mentimun untuk lovebird
Manfaat daun mengkudu untuk lovebird 
Pertanyaan yang sering muncul adalah, Bagaimana cara memberikan buah belimbing kepada lovebird untuk memperoleh hasil yang lebih maksimal?
manfaat belimbing untuk lovebird
Burung lovebird

Cara pemberiannya adalah bisa langsung diberikan kepada lovebird sebagai ekstra fooding atau bisa juga dibuat jus kemudian jus tersebut dicampur dengan air minum burung. Semua tergantung kebiasaan dan karakter dari lovebird itu sendiri.

Hal yang perlu anda perhatikan adalah, anda harus memilih buah belimbing yang berkualitas bagus, sudah matang, dan masih segar. Jangan memberikan belimbing yang masih hijau (mentah) atau buah belimbing yang berkualitas buruk, misalnya belimbing yang sudah dimakan ulat atau belimbing yang terserang hama.

Selanjutnya silahkan anda cuci buah belimbing tersebut sampai bersih, tujuannya adalah agar buah belimbing benar-benar bersih dan terhindar dari unsur kimia yang mungkin terkandung dalam pupuk pestisida buah belimbing tersebut.  Lalu selanjutnya silahkan dikupas kulit bagian luarnya, atau cukup anda kupas pada ujung geligirnya saja.

Lalu iris buah belimbing tersebut dan letakkan atau gantungkan buah belimbing tersebut pada jeruji sangkar lovebird seperti pada saat anda memberikan ekstra fooding berupa kangkung dan jangung. Atau anda juga bisa memeras atau memblender buah belimbing tersebut agar menjadi jus, lalu jus tersebut diberikan langsung kepada lovebird atau dicampurkan dengan air minum lovebird.

Meskipun buah belimbing memiliki banyak kandungan nurtisi yang bermanfaat bagi lovebird, namun tidak disarankan untuk memberikan buah belimbing kepada lovebird setiap hari secara terus menerus. Cukup berikan beberapa hari sekali saja, atau paling tidak seminggu sekali.

Saya sudah mempraktekkan sendiri dan sudah merasakan manfaat buah belimbing tersebut bagi lovebird kesayangan saya. Jika anda mempraktekkan cara tersebut dengan benar dan dengan sabar, tidak lama lagi pasti anda akan memperoleh perubahan yang lebih baik terhadap burung lovebird anda.

Demikianlah ulasan mengenai manfaat buah belimbing untuk lovebird, dimana salah satunya adalah untuk mendongkrak stamina dan sebagai sistem kekebalan tubuh lovebird agar tidak mudah sakit.