Rahasia Manfaat Mandi Malam Lovebird Yang Wajib Diketahui

Mandi malam lovebird - Jika seorang manusia sering melakukan mandi malam dengan menggunakan air dingin maka efeknya  dapat menderita penyakit rheumatik, itu kata bapak ibu saya saat mengingatkan saya ketika mandi malam. Tapi berbeda dengan burung kicauan seperti lovebird, terapi mandi malam justru memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah untuk menstabilkan birahi lovebird, membuat lovebird menjadi rajin bunyi, dan meningkatkan durasi ngekek lovebird.

Mandi malam lovebird mungkin terdengar asing bagi mereka yang masih pmain baru, tapi untuk sahabat lovebird mania tentu sudah sangat akrab sekali dengan yang namanya terapi mandi malam tersebut. Sebab saya yakin sahabat lovebird mania tentu sudah sering mempraktekkannya, bahkan menjadikannya sebuah rutinitas untuk meningkatkan performa lovebird kesayangannya.


Manfaat mandi malam untuk lovebird


Ada banyak sekali manfaat terapi mandi malam, bukan hanya untuk lovebird saja, melainkan untuk kebanyakan burung kicauan seperti cendet, kacer, cucak ijo, pleci, dan burung-burung yang sering dilombakan lainnya. Apa saja manfaat mandi malam lovebird tersebut? Simak ulasan saya dibawah:

1. Mandi malam untuk menstabilkan birahi lovebird


Burung lovebird termasuk burung yang mudah mengalami birahi (over birahi), itulah sebabnya kenapa burung lovebird menjadi burung yang mudah ditangkar (diternak). Jika sudah over birahi itu tandanya burung minta dikawinkan, makanya lovebird yang over birahi ketika melihat lawan jenis cenderung akan mengejar/ menerkam.

Lalu bagaimana jika lovebird tersebut adalah lovebird lomba? Mosok mau dikawinkan dan dibiarkan bertelur dan beranak,  tujuan pemeliharaannya kan bukan untuk ditangkar, melainkan untuk dilombakan. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya sahabat lovebird mania menggunakan metode terapi mandi malam tersebut.

Entah siapa yang pertama kali menggagas dan menemukan terapi mandi malam tersebut, tapi nyatanya sekarang banyak lovebird mania yang menerapkan metode tersebut, dan terapi mandi malam juga sudah terbukti mampu meredakan bahkan menstabilkan birahi lovebird.

2. Mandi malam membuat lovebird lebih rajin ngekek


Setiap lovebird mania tentu menginginkan lovebirdnya rajin ngekek dan cerewet. Nah, untuk yang memiliki lovebird yang belum rajin ngekek, anda bisa mencoba terapi mandi malam tersebut, sebab sudah banyak pemain lovebird yang berhasil membuat lovebirdnya rajin ngekek dengan metode terapi mandi malam tersebut.

Alasannya adalah, lovebird yang sering diterapi mandi malam akan menjadi lebih fresh dan lebih segar, sehingga jika burung lebih segar maka tentunya akan lebih rajin berkicau.

3. Mandi malam membuat lovebird nancep dilapangan


Peraturan lomba burung saat ini berbeda dengan peraturan lomba beberapa tahun yang lalu. Jika dahulu penilaian hanya cenderung diambil dari kualitas suara dan materi isian saja, untuk saat ini penjurian juga diambil berdasarkan keantengan/ kenancepan burung. Maksudnya adalah, burung harus dituntut nancep/ diam berdiri ditenggeran sambil berkicau, tidak boleh berkicau sambil lompat sana-sini, atau sambil nangkring dijeruji sangkar. Bahkan yang lebih sadis lagi, sekarang ada peraturan yang tidak membolehkan burung angkat satu kaki.
BACA JUGA: Manfaat terapi mandi hujan lovebird
Untuk mensiasati agar lovebird anda bisa nancep saat lomba, maka anda bisa menerapkan terapi mandi malam lovebird ini secara teratur, khususnya beberapa hari sebelum burung dilombakan. Jika didukung dengan settingan dan perawatan yang baik, burung yang berkualitas pasti akan menang dan menjadi jawara saat lomba.

Demikianlah sedikit ulasan tentang manfaat mandi malam lovebird yang dapat saya tuliskan. Semoga ulasan ini bermanfaat bagi sahabat lovebird mania yang masih awam dan belum faham benar dengan metode dan trik perawatan lovebird yang baik.