Menggemukkan Lovebird Kurus Dengan Jagung Muda

Menggemukkan Lovebird Dengan Jagung Muda -Sahabat lovebird mania, Memiliki lovebird yang sehat, body besar (gemuk), dan bisa ngekek panjang tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan bagi para lovebird mania. Sebab dalam jual beli lovebird, pembeli tentu akan memilih lovebird gemuk ketimbang lovebird kurus, dengan satu syarat lovebird gemuk tersebut tidaklah berlemak, dan salah satu cara tercepat membuat lovebird yang kurus menjadi lebih gemuk adalah dengan memberikan jagung muda secara teratur dan tepat ukuran.
menggemukkan lovebird dengan jagung muda
Jagung muda

Jagung muda memang dipercaya memiliki kandungan protein dan karbohidrat yang cukup tinggi sehingga baik untuk menambah berat badan burung lovebird kurus atau nyilet. Namun perlu diperhatikan juga, bahwa pemberian jagung muda pada lovebird secara berlebihan dapat menyebabkan lovebird menjadi kegemukan dan berlemak. Padahal lovebird yang berlemak harga jualnya akan turun, dan produktifitasnya jika diternak akan berkurang, bahkan tidak mau produk. Selain itu lovebird yang berlemak juga memiliki tingkat kicauan yang berkurang.
BACA JUGA: Cara mengatasi lovebird kurus atau nyilet

Cara menggemukkan lovebird dengan jagung muda

menggemukkan lovebird

Banyak kicau mania yang kurang tahu dan salah dalam pemberian jagung muda, yaitu menggunakannya sebagai ekstra fooding secara berlebihan, bahkan setiap hari. Padahal pemberian jagung muda yag benar adalah cukup satu atau dua hari saja dalam seminggu.

Selain itu jagung muda yang baik untuk lovebird adalah jagung manis muda, bukan jagung muda sembarangan. Sebab jagung manis muda memiliki kandungan gula yang lebih tinggi, sehingga tidak terlalu beresiko membuat lovebird menjadi over birahi. Berbeda dengan jagung muda biasa yang cenderung lebih mudah membuat lovebird mengalami over birahi.
BACA JUGA: Cara mengatasi lovebird berlemak atau kegemukan
Sedangkan untuk jagung manis muda justru dapat digunakan untuk menurunkan birahi lovebird. Jadi ketika lovebird hendak dilombakan pada hari minggu, hari sabtunya diberikan jagung manis muda agar tidak terlalu over birahi. Ketika hari minggunya dilombakan biasanya akan tampil lebih moncer dari biasanya.

Pemberian jagung manis muda secara teratur dan millet putih serta biji-bijian lainnya secara teratur akan dengan cepat menggemukkan lovebird atau meningkatkan berat badan lovebird, sehingga lovebird kesayangan anda akan memiliki postur tubuh yang ideal, tidak terlalu kurus dan tidak terlalu gemuk.

Pengalaman saya adalah ketika memiliki lovebird yang berbadan kurus, entah itu karena perawakan dari kecil atau karena kurangnya perawatan dari pemilik sebelumnya, sebab saya membeli lovebird tersebut ketika sudah berusia sekitar 7 bulan. Meskipun lovebird tersebut memiliki kemampuan ngekek yang cukup panjang, sekitar 20 detikan, akan tetapi ketika saya hendak menjualnya, banyak orang yang tidak suka dengan penampilan dan postur tubuhnya, alhasil harganya turun dan tidak sesuai dengan harapan saya.

Demikianlah sedikit ulasan mengenai cara menggemukkan lovebird dengan menggunakan jagung muda, atau lebih tepatnya jagung manis muda yang dapat saya bagikan buat sahabat lovebird mania. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda.